Cashless Lagi Tren! Ini 4 Cara Mengatur Keuangan Biar Kantong Aman – Saat ini banyak terjadi fenomena di kalangan generasi milenial yang didukung dengan maraknya era cashless society.

Cashless society sendiri adalah sebutan untuk kumpulan orang-orang yang tidak lagi menggunakan uang tunai untuk bertransaksi sehari-hari.

Mereka menggunakan kartu kredit, debit atau aplikasi keuangan yang sedang marak di era digital.

Sebenarnya, inovasi ini sangat bermanfaat dan membantu kehidupan bermasyarakat. Kemudahan dan keefektifan sangan erat kaitannya dengan era cashless.

Tetapi, dibalik segudang manfaat positif ternyata hal ini bisa memicu timbulnya sifat boros dan hedonisme di kalangan milenial.

Dengan adanya digitalisasi finansial, banyak milenial yang mudah untuk mengeluarkan uang.

Tentu hal ini bisa jadi masalah besar bagi kaum milenial kalau tidak mengatur keuangannya dengan lebih bijak.

Maka dari itu, yuk mulai kelola keuangan dengan lebih baik. Ini 4 cara mengatur keuangan yang bisa Anda lakukan!


1Memiliki Rencana Keuangan

5 Cara Mengatur Penghasilan Agar Terhindar Dari Gaji ’15 Koma’ - Buat Masa Tua Seindah Senyuman di #AgeChallenge dengan 5 Tips Keuangan Ini! - tips investasi untuk anak muda - kegagalan bisnis - cara mengatur keuangan

Hal ini sangat penting adanya untuk Anda lakukan. Dengan memiliki sebuah rencana keuangan, membantu Anda untuk memahami kebutuhan finansial setiap bulan.

Cara mengatur keuangan sangat mudah. Anda bisa membuat daftar tentang semua kebutuhan yang diperlukan setiap bulannya, fokus kepada kebutuhan primer dan sekunder terlebih dahulu, bila masih cukup bisa mengalokasikan untuk kebutuhan tersier.

Hal ini akan sengat membantu Anda untuk menyusun skala prioritas.

Cara lainnya lagi, Anda bisa melakukan rumus 50-20-30. Rumus ini bisa sangat membantu Anda untuk membagi porsi pengeluaran sesuai kebutuhan.

Adapun maksud dari rumus tersebut adalah sebagai berikut, 50% dari gaji bulanan Anda, digunakan untuk kebutuhan sehari-hari, 20% alokasikan untuk menabung atau investasi, sedangkan 30% gunakan untuk kebutuhan pribadi atau memenuhi gaya hidup.

Kuncinya hanya satu jika ingin melakukan cara mengatur keuangan ini, konsisten. Lakukan hal tersebut dengan disiplin, maka kehidupan finansial Anda pasti akan aman.


2Gunakan Aplikasi Pengatur Keuangan

Kesalahan Anak Kos dalam Mengelola Keuangan - cara mengatur keuangan

Melakukan cara mengatur keuangan memang tidak mudah, Anda memerlukan konsistensi, disiplin dan tekad yang kuat.

Belum lagi dengan Anda harus membuat segala daftar kebutuhan, mengelompokkan pengeluaran yang dibutuhkan dan juga pemasukan setiap bulannya.

Tentu saja, bagi Anda yang tak terbiasa melakukan kegiatan pembukuan, akan kebingungan dan memerlukan banyak waktu untuk menjalaninya.

Tetapi, di era cashless seperti sekarang ini, tentu saja banyak adanya aplikasi-aplikasi keuangan yang mudah diunduh pada smartphone.

Aplikasi-aplikasi keuangan ini, dibuat sedemikian rupa untuk membantu Anda mengatur keuangan dengan mudah.

Anda biasanya hanya akan diminta untuk memasukkan angka, ke dalam list-list yang sudah dibuat sebelumnya.

Setelah itu, sistem akan menghitung sendiri kalkulasinya. Jadi, tidak ada alasan lagi untuk Anda kesulitan mengatur keuangan, bukan?


3Segera Lunasi Cicilan dan Hutang

utang - kredit - sedih - pinjaman - Sebelum Tergiur Cicilan 0%, Baca Ini Dulu Yuk! - cara mengatur keuangan

Adanya era cashless society, memudahkan Anda untuk menyicil dan menggunakan keuntungan dari program tersebut.

Sebagai contoh, sekarang ini sudah banyak program cicilan kartu kredit dengan bunga 0%. Tentu saja menggiurkan, bukan?

Tak hanya itu, tanpa kartu kredit dan hanya menggunakan aplikasi smartphone, Anda bisa mendapatkan pinjaman untuk jalan-jalan, makan dan hal konsumtif lainnya, atau yang sekarang sering disebut Paylater.

Sah-sah saja, Anda menggunakan program atau fitur tersebut, tetapi Anda juga harus konsisten dalam membayar cicilannya setiap bulan. Maka dari itu, Anda harus menjalani cara mengatur keuangan berikutnya ini.

Jangan sampai Anda menumpuk cicilan, karena sering menunda membayarnya. Hal ini bisa menyebabkan bengkaknya tagihan Anda, lho.

Dengan rutin membayar cicilan, tentu saja beban akan cepat berkurang, dan dapat membangun kredit positif dari BI Cheking, sehingga memudahkan Anda melakukan kegiatan yang berhubungan dengan kredit ke depannya.


4Mulai Berinvestasi

koinworks semua pasti bisa - Buat Masa Tua Seindah Senyuman di #AgeChallenge dengan 5 Tips Keuangan Ini! - cara mengatur keuangan

Banyak yang belum paham kalau investasi sangat baik dilakukan sedini mungkin.

Hal ini wajar adanya, karena tak sedikit orang beranggapan, investasi memerlukan banyak modal dan hanya diperuntukkan bagi orang-orang yang memiliki banyak uang saja.

Tentu saja hal ini tak benar adanya. Walaupun setiap bulannya rutin menabung, Anda juga disarankan untuk memulai investasi, mulailah dari skala terkecil terlebih dahulu.

Tahukah Anda? Uang tabungan Anda, hanya berguna hanya untuk menjaga uang tersebut tetap utuh, namun tak bisa meningkatkan nilai mata uang. Hal ini, dikhawatirkan tak akan bisa menghadapi inflasi yang terjadi di masa mendatang.

Inflasi yang terjadi setiap tahunnya bisa mencapai 10-15%, tetapi bunga yang Anda dapatkan dari tabungan mungkin saja tak sampai 5%.

Nah, berinvestasi bisa meningkatkan nilai mata uang Anda di masa depan.

Di era cashless society, sudah banyak kemudahan dalam berinvestasi yang bisa kaum milenial lakukan. Mulai dari reksa dana, saham, obligasi hingga investasi alternatif Peer-to-Peer Lending (P2P).

Jika Anda belum familiar apa itu Peer-to-Peer Lending (P2P), ini adalah alternatif bagi Anda yang baru saja terjun ke dunia investasi.

Peer-to-Peer Lending (P2P) merupakan sebuah marketplace tempat terhubungnya Pendana dan Peminjam yang ingin mewujudkan tujuan keuangannya masing-masing. Entah itu untuk modal bisnis atau pun dana pendidikan.

Dengan menjadi investor di P2P, Anda akan berkesempatan untuk mendanai suatu investor atau pelaku bisnis.

Jika Anda tertarik untuk berinvestasi di Peer-to-Peer Lending (P2P), KoinWorks bisa menjadi platform pilihan bagi Anda. Di KoinWorks Anda bisa langsung menjadi investor hanya dengan Rp100.000 atau kelipatan selanjutnya. Anda juga akan ditawarkan hasil imbal besar hingga mulai dari 18% hingga 21,32% per tahunnya.

Tak sampai di situ, keuntungan yang Anda dapatkan tersebut, bisa Anda gunakan kembali untuk berinvestasi. Hal ini disebut juga dengan efek compounding. Nantinya, kegiatan ini bisa semakin meningkatkan nilai mata uang Anda.

Berikut adalah pengalaman dari Pendana KoinWorks, yuk disimak!

KoinWorks sendiri merupakan perusahaan yang sudah terdaftar di Otoritas Jasa Keuangan (OJK) dan bersertifikasi ISO:27001.


Dengan melihat 4 cara mengatur keuangan di atas, walapun hidup di era cashless bukan berarti Anda serta-merta menjadi pribadi yang boros.

Anda harus tekadkan diri untuk bisa konsisten dan disiplin dalam mengatur keuangan, agar tidak mengalami kegagalan finansial.

Ingat, Anda tidaklah hidup untuk hari ini saja, masih banyak waktu di masa depan yang tentunya harus dipersiapkan finansialnya mulai dari sekarang.

Belum lagi, tujuan-tujuan keuangan yang Anda sudah catat sedemikian rupa untuk diwujudkan di masa depan. Maka dari itu, yuk ingat terus tujuan itu dan lebih bijak kelola keuangan!

 


Hitung Efek Compounding Investasi Anda

Investasi Awal:
Investasi Bulanan:
Suku Bunga per Tahun (%):
Jangka Waktu (Tahun):



Total Investasi:
Future Value:
Bunga Keuntungan:
Daftar Dapat 150.000

(*) KOIN, Khusus Pendaftar Baru


Download Aplikasi KoinWorks

apple app store iosgoogle play store android app

TINGGALKAN KOMENTAR

Please enter your comment!
Please enter your name here

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.