10 Ide Peluang Bisnis di Medan, Apa Saja?

ide peluang bisnis di medan

Apa saja ide peluang bisnis di Medan yang menguntungkan?

Medan merupakan ibu kota Provinsi Sumatera Utara dan kota terpadat ketiga di Indonesia. 

Untuk kamu yang tinggal di Medan, ramainya penduduk di sana bisa kamu manfaatkan sebagai peluang usaha, lho. 

Berikut beberapa ide peluang bisnis di Medan yang bisa kamu coba untuk mendatangkan cuan untukmu.


1. Kuliner Khas Medan

Berdasarkan Laporan Badan Pusat Statistik (BPS) tahun 2021, Provinsi Sumatera Utara menempati peringkat tujuh provinsi yang paling banyak dikunjungi wisatawan. 

Tentunya, Kota Medan sebagai kota yang memiliki beragam destinasi wisata menarik turut menjadi alasan tingginya kunjungan wisatawan di Provinsi Sumatera Utara. 

Sebagai calon pebisnis, hal ini bisa menjadi peluang untuk membuka kuliner khas Medan, lho. 

Sebab, wisatawan biasanya mencari makanan khas dari wisata yang dikunjunginya untuk dijadikan oleh-oleh. 

Ide peluang bisnis di Medan yang satu ini cocok banget buat kamu yang memiliki hobi memasak. 

Selain itu, karena usaha jenis ini membutuhkan cukup banyak tenaga kerja maka secara otomatis juga membuka lapangan pekerjaan baru bagi orang lain.

Untuk pemasarannya, kamu bisa lakukan dengan membuka bisnis offline di lokasi yang strategis dan sekiranya banyak dilewati oleh wisatawan. 

Kemudian, jangan lupa untuk manfaatkan the power of social media dengan mempromosikan barang jualan kamu di media sosial, seperti Instagram, TikTok, Facebook, dan lain sebagainya. 

Terlebih saat ini mulai bermunculan jasa titip kuliner khas daerah tertentu. Jika kuliner yang kamu produksi memiliki rasa yang lezat dan promosi yang menarik, bukan tidak mungkin bisnis ini akan menghasilkan banyak cuan buat kamu.


2. Penginapan

Masih berkaitan dengan tingginya jumlah wisatawan di Medan, menyewakan kamar atau rumah yang tidak terpakai menjadi penginapan bagi wisatawan bisa menjadi ide peluang bisnis di Medan, lho. 

Sebelum itu, pastikan kamu telah memperkirakan terlebih dahulu karakteristik wisatawan seperti apa yang akan kamu targetkan. 

Misalnya, apabila kamu menargetkan wisatawan low-budget maka buatlah harga penginapan yang disewakan lebih terjangkau dengan fasilitasnya yang tidak begitu neko-neko namun tetap nyaman.


3. Rental Kendaraan 

Ide peluang bisnis di Medan selanjutnya yang bisa kamu coba adalah membuka bisnis rental kendaraan untuk keperluan wisata atau bisnis. 

Tak perlu takut modal yang besar, Sobat KoinWorks. Sebab, hal tersebut bisa disiasati dengan kredit kendaraan, lho. 

Misalnya, harga mobil yang mencapai ratusan juta rupiah tentu cukup memberatkan jika harus dibayar lunas secara langsung. 

Setelah bisnis mulai jalan, kamu bisa memanfaatkan pendapatan dari rental untuk membiayai perawatan dan membayar cicilan mobil. 


4. Usaha Fotocopy dan Percetakan

Selain wisatanya yang populer, Medan juga memiliki banyak kampus dan perkantoran. Maka dari itu, bisnis fotocopy dan percetakan bisa kamu pertimbangkan untuk menghasilkan cuan di kota yang satu ini. 

Usaha fotocopy dan percetakan cukup menjanjikan jika lokasi yang kamu pilih strategis, lho. Misalnya, di dekat kampus maupun perkantoran. 

Supaya lebih menarik dan lengkap, kamu bisa menambahkan berbagai macam alat tulis kantor dan sejenisnya. Sebab, peralatan seperti itu pun juga terkadang banyak dibutuhkan

Dengan begitu, akan ada banyak alasan untuk pembeli datang ke usaha fotocopy dan percetakan kamu dan cuan pun makin mengalir.


5. Properti

Masuk tiga besar sebagai kota terbesar di Indonesia, bukan tidak mungkin Medan akan semakin tumbuh dan berkembang di masa depan. 

Hal tersebut tentu akan berdampak pada meningkatnya kebutuhan dalam berbagai aspek, salah satunya properti. 

Logikanya, ketika kebutuhan akan properti meningkat maka harganya pun akan naik. 

Maka dari itu, ide bisnis properti di Medan bisa kamu pertimbangkan untuk menghasilkan pundi-pundi rupiah. 

Caranya bisa kamu mulai dengan menjadi agen pemasaran properti. Namun, jika kamu memiliki modal dalam jumlah besar, kamu dapat membeli tanah untuk dibangun perumahan. 

Tertarik mencoba?


6. Coffee Shop

Provinsi Sumatera Utara terkenal akan kopinya, untuk itu bisnis coffee shop bisa jadi ide peluang bisnis di Medan yang bisa kamu coba, lho. 

Meskipun sudah banyak kedai kopi di Medan, ide bisnis yang satu ini bisa kamu pertimbangkan. 

Cobalah untuk menjual kopi khas Medan sebagai menu utamanya dan kopi khas daerah-daerah lain. 

Tak cukup dengan itu, kamu juga bisa menarik minat pengunjung dengan cara mengadakan event, seperti edukasi tentang kopi, pelatihan barista, dan lain sebagainya. 

Sementara dari segi pemasaran, jangan lupa untuk memanfaatkan media sosial untuk memasarkan produk dan berikan promo yang menarik minat pengunjung.

7. Ekspor Hasil Perkebunan

Provinsi Sumatera Utara terkenal akan hasil kebunnya, yaitu kelapa sawit, karet, kopi, cokelat, dan tembakau. 

Untuk itu, bisnis ekspor hasil perkebunan bisa kamu pertimbangkan untuk memulai usaha di Medan, Sobat KoinWorks. 

Sebab, biar bagaimanapun produk-produk hasil pertanian akan selalu dibutuhkan oleh manusia untuk memenuhi kebutuhan hidupnya. 

Nah, sebelum memulai usaha yang satu ini kamu perlu melakukan penelitian pasar untuk mengetahui komoditi apa saja yang paling dibutuhkan oleh industri saat ini.


8. Franchise Kekinian

Seiring berjalannya waktu, tren bisnis yang unik dan menarik terus bermunculan. Biasanya, target dari tren bisnis ini adalah generasi muda, tak terkecuali mereka yang tinggal di Medan. 

Sebelum memulai bisnis, pastikan kamu mengikuti perkembangan tren pasar dan mengikuti permintaan pelanggan saat ini. Salah satunya bisnis franchise kekinian. 

Bisnis franchise kekinian dapat menjadi ide peluang bisnis di Medan yang bisa kamu dicoba khususnya bagi kamu yang baru menjajal dunia bisnis. 

Sebab, bisnis ini lebih minim risiko, bisnis telah terbangun, peluang keberhasilan tinggi, dan kamu pun tidak perlu membangun branding

Selain itu, pastikan sebelum membuka franchise kamu memiliki modal dan minat supaya lebih semangat dalam mengembangkan usaha tersebut.


9. Katering dan Rumah Makan

Bisnis makanan adalah bisnis yang tak lekang oleh waktu. Sebab, produk dari bisnis ini akan selalu dibutuhkan oleh manusia. Bisnis ini cocok buat kamu yang memiliki keahlian memasak masakan yang lezat. 

Salah satu pengembangan dari bisnis makanan adalah katering untuk acara-acara tertentu. 

Sementara untuk lokasi usaha, pilihlah area yang strategis, misalnya dekat dengan area kampus, kosan, maupun perkantoran.

Selain itu, buatlah strategi pemasaran matang untuk meningkatkan penjualan bisnis kamu.


10. Makanan Organik

Terakhir, ide peluang bisnis di Medan yang bisa kamu coba adalah bisnis makanan organik.

Mengapa?

Sebab, dewasa ini masyarakat Indonesia mulai peduli terhadap kesehatan. 

Hal tersebut tentu membawa perubahan pada pola makanan yang dikonsumsi. Salah satunya dengan mengonsumsi makanan organik. 

Maka dari itu, bisnis makanan organik bisa menjadi salah satu opsi peluang usaha yang bisa kamu pilih.

Untuk menjalankan bisnis ini kamu bisa bekerja sama dengan petani sayuran di area yang menanam sayuran organik. Namun, akan lebih oke lagi jika kamu sendiri yang menanam tanaman organik untuk memaksimalkan profit usaha. 

Tertarik mencoba?


Selain ide, untuk menjadi seorang pengusaha kamu juga memerlukan modal usaha.

Namun, kamu tak perlu khawatir soal itu! Kan sekarang ada pinjaman bisnis dari KoinBisnis!

Menariknya, pinjaman modal usaha di KoinBisnis juga berbunga rendah, lho! Cuma 0,75%-1,67% saja per bulan!

Yuk, kembangkan bisnismu dengan pinjaman bisnis dari KoinBisnis!

Kunjungi KoinBisnis!

Simulasi Pinjaman KoinWorks
Ketahui maksimum pinjaman dan cicilan per bulan
+62
Estimasi jumlah maksimum pinjaman

Rp

Estimasi cicilan bulanan
  • Tenor 6 bulan: Rp
  • Tenor 12 bulan: Rp
  • Tenor 24 bulan: Rp

Install aplikasi KoinWorks dan mulai ajukan pinjaman di KoinBisnis!

Ajukan Pinjaman Sekarang

Dapatkan berbagai informasi seputar Pengembangan Bisnis dan Daily lainnya hanya di KoinWorks.

Tentang Penulis
Gina Valerina

Gina Valerina

Gina began her professional journey within the realm of finance, accumulating a wealth of invaluable insights and hands-on experiences. Building upon this extensive background, she uses her expertise to carefully create informative articles. Each article is born from in-depth research and her unwavering dedication to providing her audience with well-verified insights.
Kalkulator finansial untuk hitung kebutuhan kamu

Hitung semua keperluan finansial kamu cukup di satu tempat

Punya uang Rp.100 Ribu? Mulai pendanaan sekarang dan dapatkan keuntungan hingga 14,5%.