Masalah dana bagi pebisnis adalah masalah klasik. Hanya saja, bagi mereka yang melek dunia modern saat ini akan menemukan banyak cara untuk bisa mendapatkan pendanaan. Bank biasa menjadi pilihan simple para pebisnis. Namun, Bank butuh adanya jaminan serta kemampuan untuk membayar pinjaman belum lagi dengan bunganya. Bagi bisnis startup atau bisnis baru, tentu akan kesulitan untuk mendapatkan dana dari Bank. Sekarang, ada yang namanya Venture Capitalist yang juga bisa memberikan modal kepada pebisnis pemula.

Venture Capital atau disingkat VC adalah element penting dalam setiap dunia bisnis pemula. Keberadaannya bisa memberikan pertolongan pada pebisnis pemula saat hendak menjalankan bisnisnya. Bahkan, ia juga penting bagi daerah atau negara. VC yang diberikan kepada perusahan startup memang memiliki resiko yang tinggi. Tapi, bagi para Venture Capitalist, mereka memiliki cara tersendiri untuk menentukan mana perusahaan yang akan diberikan capital atau modal yang dikemudian hari bisa memberikan keuntungan dari hasil investasinya.

Venture Capitalist adalah investor profesional dan mengkhususkan dirinya untuk memberikan modal atau dana bagi perusahaan baru yang diklaim bisa memberikan keuntungan. Venture Capitalist juga memikirkan proyek jangka panjang. Mereka memberikan uang pada orang lain atau investor yang menginvestasikan dana atau uang mereka pada perusahaan-perusahaan baru. Artinya, Venture Capitalist sendiri secara tidak langsung tidak terlibat pada proses serah terima uang atau dana tersebut.

Jadi, bisa disimpulkan bahwa VC atau Venture Capital adalah dana, uang, modal yang diberikan kepada perusahaan baru yang potensial dan inovatif yang diyakini bisa memberikan keuntungan di masa datang. Sedankan Venture Capitalist atau Venture Capital Fund adalah mereka yang berperang dalam menjalankan aktifitas manajemen serta administrasi pendanaan termasuk juga penyaluran dan pengawasan VC sendiri. Bisa disingkt, VC adalah uangnya dan Venture Capitalist adalah orangnya. Maka Venture Capitalist Lokal berarti orang lokal yang memberikan pendanaan.

Menurut The Bussiness Angle, ada empat ciri dari Venture Capital yang bisa dilihat secara kasat mata yakin; 1) berbentuk perusahaan, 2) tidak terlalu tertarik pada perusahaan baru kecuali memang sangat menarik, 3) investasi bisa mencapai USD $1 juta bahkan lebih, dan 4) terlibat dalam manajemen. Jika ada yang memberikan modal kepada perusahaan baru dengan ciri-ciri seperti itu, maka bisa dikatakan mereka adalah Venture Capitalist.

Mungkin kita bertanya, apakah para Venture Capitalist ini tidak rugi karena berinvestasi pada perusahaan baru? Memang benar, resiko Venture Capitalist ini sangat tinggi. Pasalnya, menurut Fortune sendiri, perusahaan baru memiliki resiko kegagalan 90% karena beragam sebab. Namun, bukan berarti mereka tidak memiliki cara unik untuk mendulang keuntungan dari uang yang diinvestasikan. Salah satu caranya adalah dengan memberikan dana investasi di banyak perusahaan baru yang memang suksesnya bisa dilihat. Oleh sebab itu, mereka harus memiliki modal yang cukup besar untuk bisa berinvestasi di beberapa perusahaan baru.

Jika salah satu perusahaan ada yang gagal, maka perusahaan lain bisa memberikan keuntungan yang lebih. Oleh sebab itu, penyeleksian untuk mendapatkan modal dari Venture Capitalist ini memang sangat ketat. Mereka tidak mudah memberikan dana lantaran resiko yang tinggi. Biasanya, hasil investasi mereka akan terlihat setelah 5 atau 10 tahun sejak dana investasi itu diberikan. Saat itulah mereka akan mendulang kekayaan yang jumlahnya sangat banyak bahkan bisa berlipat-lipat dari modal awal.

Perusahaan baru yang kemudian menjelma menjadi perusahaan sukses ini biasanya disebut unicorn. Ya, para Venture Capitalist ini berlomba-lomba untuk menemukan unicorn atau perusahaan baru yang diprediksi akan menjelma menjadi perusahaan yang sangat besar. Istilah unicorn sendiri digunakan pada perusahaan baru yang memiliki valuasi USD 1 Milyar atau setara 13 triliun rupiah. Sedangkan jumlah unicorn ini sangat sulit untuk ditemui. Hanya dalam jumlah persen yang sangat kecil sekali dari seluruh perushaan baru.

Oleh sebab itu, bagi Anda yang sedang mencari modal pinjaman atau dana untuk perusahaan Anda, jika Anda berpikir tentang Venture Capitalist termasuk juga Venture Capitalist Lokal, tentunya Anda harus bisa memberikan jaminan bahwa perusahaan yang Anda akan mulai bisa memberikan keuntungan di masa depan.

Selamat mencoba!


Simulasi Pinjaman Modal Usaha

Jumlah Pinjaman

Suku Bunga/Tahun (% APR)

Jangka Waktu (Tahun)


Hasil
Bunga Pinjaman
Pokok + Bunga

Cicilan Bulanan:

Syarat Pengajuan Pinjaman di KoinWorks


Hitung Efek Compounding Investasi Anda

Investasi Awal:
Investasi Bulanan:
Suku Bunga per Tahun (%):
Jangka Waktu (Tahun):



Total Investasi:
Future Value:
Bunga Keuntungan:
Daftar Dapat 150.000

(*) KOIN, Khusus Pendaftar Baru


Download Aplikasi KoinWorks

apple app store iosgoogle play store android app

TINGGALKAN KOMENTAR

Please enter your comment!
Please enter your name here

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.