Cara Sukses Bisnis Online? Ini 7 Tips Wajib buat Pemula

·
3 menit
Cara dan tips bisnis online untuk pemula

Diantara kamu tentunya ada yang baru ingin memulai usaha, pemula biasanya masih ingin belajar banyak hal bagaimana caranya agar memiliki lapak online atau bisnis online yang maju, tapi kamu sendiri mungkin tidak tahu bahwa bisnis online itu ada ilmu suksesnya lho.

Nah, diisini saya akan berbagi tentang 7 ilmu yang paling mendasar untuk kamu bisa berhasil berjualan online secara gratis.

Ada 7 hal yang harus kamu persiapkan kalau kamu memang sudah mau memulai bisnis online:

Riset Market/ Pasar

Pertama, kamu harus mengetahui kebutuhan market/ pasar terlebih dahulu, karena kamu harus memastikan target market kamu itu ada.

Cek lebih dulu selera pasar kamu, kamu bisa memulai dari lingkungan sendiri seperti apa yang mereka cari terkait dengan jualanmu atau melalui cara riset pasar berikut, cari apa saja yang masih berhubungan dengan riset agar kamu tidak salah langkah.


Buat Toko di Marketplace/ e-Commerce

Kamu harus punya akun atau toko di Marketplace/ e-Commerce ya, Jadi kamu memiliki lapak secara gratis di marketplace, untuk pasar Indonesia kamu bisa membuatnya seperti di Tokopedia, Lazada, Shopee, Bukalapak dan sebagainya karena cara paling mudah mencari keuntungan di era modern ini yaitu seperti di media tersebut.

Karena ketika enggak punya toko di marketplace otomatis mereka (pembeli) tidak mudah mengetahui kamu itu sedang jualan apa, jadi nomor satu itu kamu perbanyak akses jualan kamu melalui online karena itu sangat penting ya.


Mengerti Sales Funnel

Ilmu dasar yang kedua yaitu punya pemahaman funnel/ jalur Customer kamu, dari Semenjak mereka tidak tahu toko kamu sampai mereka benar-benar tahu.

Lakukan beberapa survey dan analisa terhadap customer kamu secara berkelanjutan, sampai kamu memahami funnel seperti apa yang paling menghasilkan. Kita akan bahas lebih mendalam nanti tentang sales funnel.


Memiliki Landing Page/ Website

Yang ketiga adalah membangun landing page, landing page sama seperti website atau kamu bisa memanfaatkan platform-platform lain yang gratis, di mana kamu bisa memberitahu apa saja barang jualan kamu dan detail harga-harganya.

Landing page itu bisa berupa halaman website saat orang klik link website-mu atau kamu bisa menggunakan sosial media seperti Instagram sebagai salah satu channel jualanmu.

Sehingga saat kamu menyebarkan di sosmed, orang bisa tahu kamu itu lagi jualan apa, otomatis ketika orang tahu kamu itu lagi jualan apa dan dia tertarik, dia langsung melihat bagian bio kamu, bisa mengarah ke websitemu atau kamu bisa langsung mengarahkan klik ke nomor WA.


Ciptakan Trafik/ Pengunjung

Berikutnya adalah bangun trafik, karena itu sangat penting, percuma kamu memiliki strategi penjualan yang bagus tanpa ada satu orang pun mampir ke toko kamu, berarti kamu harus membuat konten menarik dan kreatif agar orang mau datang ke tempatmu.

Permasalahannya adalah terkadang sulit sekali mendatangkan trafik-trafik tersebut, misalnya kamu punya toko di sebuah Mal, sebetulnya cara yang paling tepat agar pengunjung Mal itu bisa masuk ke toko kamu adalah dengan menyebarkan flyer diskon atau promo atau apapun yang bisa menarik pengunjung datang.

Di dunia bisnis online agar toko kamu banyak trafik gratis kamu bisa melakukan metode SEO dan perbanyak konten menarik serta promo/ diskon. Karena percuma kamu punya toko bagus tapi kamu enggak bisa mendatangkan pengunjung dalam jumlah yang besar.


Belajar Copywriting

Copywriting termasuk bagian yang cukup penting, karena melalui tulisan kamu dapat memainkan emosi dari target marketmu agar terjadi penjualan.

Kamu bisa memulai mengenal copywriting disini atau kamu dapat mempelajari iklan brand-brand yang sering muncul di beranda sosial media kamu. Catat dan lakukan pengujian secara rutin, agar kamu menemukan pola copywriting terbaikmu.


Ciptakan Personal Branding positif

Terakhir adalah personal branding, personal branding itu seperti saat kamu melihat kenapa iPhone dibeli oleh orang banyak ya, karena mereka tahu pencipta brand tersebut adalah Steve Jobs, seorang yang sangat inovatif dan kreatif, di situlah Apple membangun brand kepada customer bahwa hasil produksi dari seorang Steve Jobs itu bukanlah ide yang sembarangan.

Oleh sebab itu kenapa harus membuat personal branding di sosial media sebagai salah satu channel-nya.

Contoh lainnya Mark Zuckerberg dengan Facebooknya, Jeff Bezos dengan Amazon-nya, Jack Ma dengan Alibaba-nya atau Elon Musk dengan Tesla-nya. Mereka adalah orang-orang yang membangun personal branding untuk produk dan jasa yang mereka tawarkan, Oleh sebab itu mulai sekarang bangun personal brandingmu supaya orang akan semakin mengenal dirimu.


Semoga tips ini bisa menjadikanmu orang yang sangat luar biasa untuk membangun bisnis online yang sukses ya. Jangan lupa ya setelah mendapatkan ilmu gratis bermanfaat ini , kamu masih bisa membaca artikel lainnya dan yang terpenting silahkan kamu share pada teman-teman kamu agar sukses bersama jika artikel ini bermanfaat.

Simulasi Pinjaman KoinWorks
Ketahui maksimum pinjaman dan cicilan per bulan
+62
Estimasi jumlah maksimum pinjaman

Rp

Estimasi cicilan bulanan
  • Tenor 6 bulan: Rp
  • Tenor 12 bulan: Rp
  • Tenor 24 bulan: Rp

Install aplikasi KoinWorks dan mulai ajukan pinjaman di KoinBisnis!

Ajukan Pinjaman Sekarang

Langganan via Email​

Dapatkan Tips dan Berita Keuangan Gratis di Inbox Anda​

Super Financial App yang
membawamu #MelangkahLebih