Home » Blog » Bisnis & UKM » [KoinPedia Bisnis] 26 Agustus 2022 – Bisnis Makin Mudah Pakai QRIS, Waspada Penipuan

[KoinPedia Bisnis] 26 Agustus 2022 – Bisnis Makin Mudah Pakai QRIS, Waspada Penipuan

·
4 menit
[KoinPedia Bisnis] 26 Agustus 2022 - Bisnis Makin Mudah Pakai QRIS, Waspada Penipuan

KoinPedia Edisi Bisnis kali ini akan membahas berbagai hal seputar dunia bisnis, mulai dari trik oknum dalam mengakali kelemahan sistem QRIS, hingga pergantian CEO pada bisnis minuman Esteh Indonesia. 

Simak juga ulasan tentang salah satu pemenang KoinWorks NEO Inspire yang berhasil mengubah hobi menjadi ladang cuan, serta beberapa strategi yang bisa kamu contek dari salah satu film horor asal Taiwan, yang bisa kamu gunakan untuk mengembangkan bisnis milikmu.

Yuk, kita lihat satu per satu!


QRIS: Waspada Akal Bulus Oknum, Begini Cara Mengatasinya

Setelah kasus penipuan yang berkaitan dengan sistem pembayaran QRIS dan sempat viral pada akhir bulan Juli lalu, kali ini ada seorang netizen yang mencoba untuk melakukan hal yang sama seperti yang dilakukan pembeli nakal sebelumnya.

Netizen ini mencoba melakukan transaksi di sebuah apotek, dan melakukan pembayaran menggunakan QRIS. 

Tetapi, ia hanya menunjukkan bukti bayar yang telah diedit sehingga menyerupai bukti bayar asli, dan menunjukkannya ke kasir. 

Hasilnya, kasir apotek tersebut tidak menyadari bahwa bukti bayar yang ditunjukkan adalah palsu, dan netizen bisa melenggang keluar dari apotek, tanpa membayar sepeserpun.

Tetapi jangan khawatir, netizen tersebut hanya bereksperimen dan tak lama kemudian kembali untuk membayar semua barang yang dia beli.

Nah, celah inilah yang sering dimanfaatkan oleh orang-orang yang tidak bertanggung jawab.

Jika kamu juga menyediakan metode pembayaran menggunakan QRIS, pastikan uang dengan jumlah sebesar nominal transaksi tersebut benar-benar sudah masuk ke rekening kamu dulu sebelum menyelesaikan transaksi, ya.

Untuk lebih lengkapnya, kamu bisa lihat ulasan KoinWorks tentang sistem pembayaran QRIS di sini.

Sekarang KoinWorks NEO sudah memiliki fitur QRIS pada fasilitas Payment Link

Dengan sistem yang aman & informasi yang real-time, kamu enggak perlu setiap kali khawatir saat menerima pembayaran menggunakan QRIS.

Pakai QRIS dari Payment Link


Esteh Indonesia Ganti Nakhoda, Ini Deretan Bisnis Milik Para CEO

Bagi kamu yang rutin memesan minuman kekinian pasti sudah tidak asing dengan beragam minuman teh dari Esteh Indonesia.

Tetapi tahukah kamu kalau Esteh Indonesia baru saja melakukan pergantian CEO?

Yep, sejak pertengahan Juli lalu, artis dan pengusaha muda Nagita Slavina telah resmi menjabat menjadi CEO dari PT Esteh Indonesia Makmur.

Nagita Slavina dipilih menjadi CEO menggantikan Haidhar Wurjanto, yang juga merupakan pendiri dari Esteh Indonesia.

Kedua sosok pengusaha muda ini memang bukan sembarang individu dalam dunia bisnis. 

Pasalnya, selain Esteh Indonesia, Nagita dan Haidhar sama-sama memiliki banyak pengalaman dalam mengelola bisnis & memimpin perusahaan.

Haidhar Wurjanto memiliki bisnis-bisnis food & beverage lain seperti Momo Milk, Raindear Coffee & Kitchen, Cakekekinian, Foresthree Coffee, dan Esteh Indonesia.

Sementara itu, Nagita Slavina juga berpengalaman mengelola beragam bisnis yang dimiliknya, seperti RANS Entertainment, rumah produksi Frame Ritz dan RA Picture, RANS Living, dan Nagita Slavina Cosmetics.

Kemampuan mengelola beragam bisnis dan perusahaan, serta pengalaman bisnis mereka selama ini, menjadikan kedua sosok tersebut sebagai individu-individu yang cocok memegang posisi CEO.

Sebenarnya, apa sih CEO itu? Apa saja fungsi dan tugasnya? 

Kamu bisa cek ulasan KoinWorks mengenai peran CEO dalam sebuah perusahaan di sini.

Dengan KoinWorks kamu juga bisa mendapatkan pinjaman modal untuk mengembangkan bisnis kamu, loh!

Yuk, daftarkan bisnis kamu sekarang.

Daftar Sekarang


Dari Hobi Menjadi Cuan, Ini Sepak Terjang Arcanum Hobbies

Merintis sebuah bisnis dari hobi bermain game, bisa?

Bisa banget!

Arcanum Hobbies, yang merupakan salah satu pemenang dari kompetisi KoinWorks NEO Inspire, mengawali bisnis board game mereka bahkan dari sebuah garasi, loh.

Berawal dari hobi bermain dan mengoleksi berbagai board game, Galih Aristo dan Febndy Kwik memutuskan untuk membuat sebuah bisnis yang fokusnya adalah menjual produk board game, serta membangun & mengelola komunitas-komunitas board game.

Tidak hanya itu, Arcanum Hobbies juga memiliki strategi untuk memperkenalkan dan memasyarakatkan board game melalui Arcanum Academy. 

Di sana, para pengunjung dan anggota dapat mempelajari cara bermain beragam board game, learning dan juga team building melalui board game, dan banyak aktivitas-aktivitas sosial lainnya yang dapat dilakukan secara offline maupun online

Arcanum Hobbies sendiri mulai aktif beroperasi sejak tahun 2015, dan saat ini berlokasi di Main District, mall Kuningan City.

Bagi kamu yang masih penasaran terhadap bisnis yang digeluti oleh Arcanum Hobbies, kamu bisa simak wawancara KoinWorks dengan Galih dan Febndy di sini.

Psst! Arcanum Hobbies juga menggunakan fitur QRIS dari PaymentLink untuk transaksi di toko mereka, loh. Kamu jangan mau ketinggalan!

Yuk, daftarkan bisnis kamu sekarang.

Daftar Sekarang


Strategi Bisnis ala Incantantion

Siapa sih yang menyangka bahwa selain memberikan jump scare, salah satu film horor terbaik tahun ini juga bisa memberikan beberapa pelajaran yang berguna untuk mengembangkan bisnismu?

Pelajari perbedaan “budaya”

Ronan, Dom, dan Yuan tidak akan mendapatkan masalah jika mereka sebelumnya tidak melanggar larangan memasuki terowongan yang ditetapkan oleh warga setempat. 

Alhasil, malah musibah bertubi-tubi yang menimpa mereka.

Konsep yang sama juga bisa diterapkan pada bisnismu. Setiap kelompok konsumen memiliki karakteristik yang berbeda, dan setiap lokasi memiliki peraturan masing-masing.

Sesuaikanlah konsep bisnismu dengan segmentasi pasar tersebut, dan patuhilah peraturan-peraturan yang berlaku agar bisnismu terhindar dari hal-hal yang tidak diinginkan.

Konsisten dalam berusaha

Ketika putri Ronan diharuskan berpuasa selama tujuh hari untuk membantu proses pengangkatan kutukan, ibunya bertindak tidak konsisten dengan melanggar petuah tersebut, dan memberinya makan. 

Alhasil, keadaan malah semakin parah.

Begitu juga dengan bisnis yang kamu jalani, kamu perlu disiplin dalam bekerja dan konsisten dalam mengembangkan bisnismu. 

Meskipun mungkin akan menjadi sedikit sulit dan melelahkan, terutama saat kondisi perekonomian sedang tidak stabil, kamu sebaiknya segera melakukan penyesuaian dan tetap konsisten menjalankan bisnis tersebut. 

Mengutamakan kejujuran

Demi menyelamatkan putrinya, Ronan rela berbohong mengenai mantra pengusir kutukan yang diupcakannya. 

Sebaliknya, mantra tersebut adalah mantra penyebar kutukan.

Dalam berbisnis, kamu pun juga harus sebisa mungkin bertindak secara jujur; baik kepada para konsumen maupun kepada semua orang yang bekerja di bisnismu. 

Hindarilah membuat deskripsi produk/jasa yang tidak sesuai dengan kondisi aslinya, atau dengan sengaja menulis banyak ulasan baik tapi fiktif pada ulasan halaman web bisnismu.

Praktik-praktik seperti itu termasuk tindakan berbohong, loh.


Strategi Menjalankan Bisnis Kosmetik dari KoinWorks

Bagi kamu yang kebetulan sedang menjalankan sebuah bisnis kosmetik, berikut adalah beberapa strategi yang bisa kamu terapkan untuk mengembangkan bisnis kamu:

Strategi Membangun Bisnis Kosmetik dari Nol

Bagaimana caranya membangun sebuah bisnis kosmetik dari nol?

Tenang, jangan panik. Untuk membuat suatu bisnis benar-benar dari nol, tentunya kamu akan membutuhkan susunan strategi yang tepat.

Kamu perlu menentukan terlebih dahulu konsep bisnis, jenis produk, brand image, dan lain sebagainya.

Baca selengkapnya di sini

Rekomendasi Rencana Jangka Pendek dan Jangka Panjang Bisnis Kosmetik

Bagaimana cara membuat rencana bisnis yang baik untuk bisnis kosmetik yang sedang kamu rintis?

Pada dasarnya, terdapat dua jenis rencana bisnis yang bisa membantu kamu menjalankan bisnis; yaitu rencana jangka pendek & rencana jangka panjang.

Apa saja perbedaan dan fungsinya masing-masing? 

Kamu bisa intip ulasannya di tautan berikut ini!

Baca selengkapnya di sini

Tips Mitigasi Risiko dalam Bisnis Kosmetik, Anti Gagal!

Eitss! Apakah kamu sudah menyusun rencana mitigasi risiko pada bisnismu?

Mitigasi risiko ini penting loh untuk melindungi bisnis dari hal-hal yang tidak diinginkan, dan berpotensi merugikan.

Yuk, simak beberapa cara mudah yang bisa kamu lakukan untuk meminimalisir terjadinya hal-hal tersebut pada bisnismu di tautan berikut ini.

Baca selengkapnya di sini

[KoinPedia Bisnis] 26 Agustus 2022 - Bisnis Makin Mudah Pakai QRIS, Waspada Penipuan

Langganan via Email​

Dapatkan Tips dan Berita Keuangan Gratis di Inbox Anda​