Mari Mengenal Apa Itu Marketing 3.0 – Dunia marketing mempunyai filosofi dimana pembeli adalah bosnya. Meskipun banyak yang menganggap bahwa marketing merupakan salah satu bagian dari divisi yang ada di dalam perusahaan.

Marketing merupakan sebuah urat nadi yang menjadi penggerak apakah perusahaan akan maju atau perusahaan akan mundur.

Di dalam sebuah pergerakan perusahaan, marketing memiliki tugas bukan hanya membujuk akan tetapi juga bagaimana perusahaan mampu mendengarkan konsumen yang mempunyai banyak sekali kewenangan termasuk membuat perusahaan tidak ada apa apanya di mata pasar.

Baca Juga: Dari 5 Jenis Investasi Populer yang Ada di Indonesia, Anda Pilih yang Mana?

Konsumen memang bos di atas segala bos yang harus selalu dihargai dan diberikan banyak keistimewaan sehingga mampu membeli dan mengapresiasi produk yang dijual oleh perusahaan.

Marketing dalam marketing 3.0 mempunyai tugas untuk menciptakan dan mengkomunikasikan. Selain itu juga marketer harus bisa mewujufkan manfaat, target dan laba yang sudah ditentukan oleh perusahaan.

Intinya adalah create, communicate, deliver, value, target and profit. Jika semua itu bisa diwujudkan maka marketer sudah mempunyai pekerjaan yang baik dan patut untuk diacungi jempol karena kinerja yang demikian adalah kinerja yang maksimal dan sempurna.

Baca Juga: 3 Film Yang Memanfaatkan Teknologi Internet of Things

Biaya pemasaran biasanya menghabiskan banyak sekali dana namun untuk mewujudkan hal tersebut perusahaan bisa melalukan budaya positif dan solid yang akan mengurangi pendanaan untuk marketig juga tetap memberikan pemasukan untuk perusahaan dengan baik.

Dalam Marketing 3.0 yang merupakan marketing berbasis pada nilai nilai human spirit yang peduli kepada orang orang dan juga planet bumi ini disamping keuntungan yang selalu dikejar.

Pengertian marketing tersebut pun menjadi sebuah misi yang perlu diwujudkan melalui sebuah perjalanan kegiatan dan usaha yang konkret dimana ada suatu akhir pencapaian yang bukan hanya tentang profit yang tinggi tapi juga penghargaam terhadap nilai nilai kemanusiaan dan mampu melindungi alam dan planet tempat tinggal dengan tidak merusak atau pun melakukan hal hal yang merugikan lingkungan.

Baca Juga: Sebelum Memperoleh Kesuksesan, Ini 5 Risiko yang Dihadapi Pebisnis

Yang menggagas konsep seperti ini adalah Philip Kotler yang juga melakukan kolaborasi bersama dengan Hermawan Kartajaya dan Iwan Setiawan dimana dalam Marketing 3.0 ada 10 kredo yang perlu diperhatikan.

10 Kredo Marketing 3.0 yang Harus Anda Ketahui

Kredo 1: Mencintai Pelanggan dan Menghormati Pesaing

Artinya adalah kemampuan untuk meraih loyalitas pelanggan dengan memberikan nilai nilai yang tinggi yang menyentuh rasa dan jiwa mereka.

Keputusan konsumen untuk membeli atau tidak dipengaruhi oleh perasaan mereka. Kemudian menghormati adanya persaingan yang fair yang harus selalu dijaga.

Kredo 2: Tanggaplah Pada Setiap Perubahan dan siaplah untuk berubah

Marketer harus siap dan berani untuk berubah karena jaman modern mempunyai sifat yang dinamis yang siap memberikan banyak kejutan dan ketidak pastian.

Teknologi yang semakin berkembang membuat semua semakin pintar maka cara yang lama harus ditinggalkan dan lakukan perubahan.

Kredo 3 : Menjaga Reputasi dan Pastikan Jati diri yang sebenarnya

Branding merupakan hal yang penting dan menjadi segalanya. menjaga reputasi yaitu membangun karakter merek yang tidak hanya membangun merek tapi juga menjaga kehormatan dan daya jual.

Kredo 4: Sasarlah Pelanggan yang Mendapatkan Manfaat Paling Banyak

Perusahaan tak perlu melayani semua orang cukup melayani mereka yang paling suap membeli produk atau jasa dengan mendapatkan manfaat yang paling maksimal

Kredo 5 : Selalu tawarkan Paket yang Bagus dengan harga yang wajar

Produk yang dijual haruslah yang berkualitad dan dengan harga yang sesuai karena sekarang pelanggan jauh lebih puntar dan lebih faham mengenai lroduk yang ingin mereka beli.

Kredo 6 : Pastikan selalu ada untuk pelanggan dan sebarkan kabar baik

marketer harus selalu berhubungan dan pelanggan dan tidak memberikan kesulitan kepada konsumen untuk menemui perusahaan kemudian sebarkan informasi positif yang berguna bagi pelanggan.

Kredo 7 : Raih pelanggan,pertahankan dan kembangkan

Mempunyai pelanggan dan tugas marketer selesai. Tidak demikian karena tugas yang pentingnya adalah mengelola dan mempertahankan pelanggan itu.

Kredo 8 : Apapun bisnisnya jadilah senantiasa bisnis pelayanan

Semua bisnis harus bisa menyuguhkan servis yang prima kepada seluruh pelanggan dengan servis yang penuh empati dan ketulusan

Kredo 9 :Senantiasa menyempurnakan Quality Cost and Delivery

Proses bisnis harus selalu mengalami peningkatan baik dari kualitas, harga dan prosss distribusinya kepada pelanggan. Marketer harus memberikan pelayanan dari janji yang sudah diberikan.

Kredo 10 : Kumpulkan Informasi yang sesuai, gunakan kebijaksanaan dalam mengambil keputusan

Marketer harus selalu memperbaharui pengetahuan yang dimiliki juga keterampilan karena selalu ada yang baru dalam kedua hal tersebut.

Gunakan informasi yang didapatkan untuk menentukan langkah-langkah terbaik bagi perusahaan dalam menjalankan bisnis.

Salah satu cara yang bisa Anda lakukan adalah dengan melakukan riset kepada konsumen terkait produk atau layanan yang Anda berikan.

Baca Juga: 10 Ide Bisnis Online yang Wajib Dicoba Sekarang Juga

Nah itu dia sekilas mengenai Marketing 3.0 yang saat ini banyak dijadikan sebagai rujukan bagi mereka yang berkutat di dunia pemasaran.

Dengan memperhatikan 10 kredo yang ada di atas, maka Anda akan mampu menggaet konsumen dengan produk maupun pelayanan yang berkualitas.


Simulasi Pinjaman Modal Usaha

Jumlah Pinjaman

Suku Bunga/Tahun (% APR)

Jangka Waktu (Tahun)


Hasil
Bunga Pinjaman
Pokok + Bunga

Cicilan Bulanan:

Syarat Pengajuan Pinjaman di KoinWorks


Tersedia di:  

Mulai perjalanan finansialmu, dengan caramu.

TINGGALKAN KOMENTAR

Please enter your comment!
Please enter your name here

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.