8 Tren Bisnis Tahun 2020 Ini Bisa Hasilkan Banyak Cuan!

5 Alasan Kenapa Pebisnis Pemula Sering Mengalami Kegagalan - tren bisnis

8 Tren Bisnis Tahun 2020 Ini Bisa Hasilkan Banyak Cuan! –  Kita baru saja memasuki tahun baru 2020, yang penuh dengan harapan, semangat serta banyak kesempatan baru.

Sekali lagi, kamu diberikan waktu untuk bisa menjadi lebih baik, tak hanya dari sisi dalam diri tetapi juga kualitas hidup sehari-hari.

Apalagi bagi kamu yang merupakan seorang pebisnis, awal tahun bisa menjadi batu loncatan untuk kamu meraih lebih banyak cuan dalam 12 bulan ke depan.

Banyak hal yang bisa kamu lakukan sebagai pebisnis di awal tahun seperti sekarang, salah satunya mengikuti perkembangan tren bisnis yang akan ada setahun ke depan.

Ketika mengetahui tren bisnis setiap tahunnya, kamu akan lebih bijak dalam menentukan strategi marketing yang sesuai dengan keadaan pasar saat ini.

Lalu, apa saja tren bisnis yang ada di tahun 2020 ini? Berikut ulasannya!


Hasilkan Makin Banyak Cuan dengan Terapkan 8 Tren Bisnis Ini!

Mempersonalisasi Pelayanan Terhadap Pelanggan

4 Teknik yang Perlu Dikuasai Salesperson Saat Menjadwalkan Ulang Panggilan Telepon dengan Pelanggan - tren bisnis

Sebagai pebisnis, kamu harus melihat konsumen sebagai seorang individu sama seperti dirimu. Maka dari itu, sangat diperlukan bagi kamu untuk memberikan pengalaman pelanggan yang bersifat personal serta customized.

Dengan melakukan personalisasi pada pengalaman pelanggan, pelangganmu akan merasa bahwa kamu sangat mengenal mereka dan dapat mengantisipasi setiap kebutuhannya.

Sebagai contoh, pernakah kamu berbelanja di suatu e-commerce? Di setiap kamu selesai melakukan pembelian, biasanya akan ada suggestion product yang relevan dengan pembelian kamu sebelumnya.

Nah di tahun 2020, menurut riset dari Gartner, tren bisnis smart personalization engines yang mengenali kebutuhan pelanggan seperti ini bisa meningkatkan keuntungan bisnis hingga 15%.

Hari di mana kamu harus memperlihatkan semua produk kepada pelanggan sudah tidak lagi relevan, karena banyaknya pilihan tidak lagi efektif untuk konsumen modern seperti sekarang.

Secara natural, para konsumen akan lebih menerima bisnis yang memberikan apa yang mereka mau dengan tepat. Jadi, saatnya kamu mulai melakukan personalisasi terhadap pengalaman pelanggan.


AI (Artificial Intelligence) Tak Bisa Mengalahkan Interaksi Manusia

artificial intelligence - ai - tren bisnis

Munculnya AI atau Artificial Intelligence mungkin bisa membantu kamu untuk memberikan pengalaman menakjubkan untuk pelanggan, tapi bukan berarti AI menggantikan manusia dalam melakukannya.

Ibaratkan AI sebagai co-worker, yang membantu bisnismu lebih efektif dalam melayani pelanggan dengan lebih baik.

Kamu juga harus tahu satu hal, tempatkan AI di waktu dan keadaan yang tepat. Dalam situasi mendesak, tidak ada yang lebih baik dari adanya interaksi manusia.

Jangan mengandalkan AI seperti Automated Message atau Chat Bot dalam keadaan mendesak karena hal tersebut akan membuat pelanggan kecewa.

Di tahun 2020, sebagai pebisnis mulailah gunakan AI dengan cara-cara tepat seperti untuk menjawab FAQ (Frequently Answer Question) yang dapat mengurangi pekerjaan tenaga manusia.


Penilaian Pelanggan adalah Raja

Kesulitan Mendapatkan Pelanggan Online Pelajari 5 Triknya... - tren bisnis

Seperti yang kamu tahu, penilaian dari pelanggan sangat berpengaruh besar pada keputusan pembelian.

Yap, orang akan lebih bersedia untuk mencoba sesuatu kalau sudah melihat pengalaman dari orang lain terlebih dahulu.

Bahkan, menurut laporan dari Fan & Fuel, 92% orang akan ragu melakukan pembelian ketika tidak ada penilaian dari pelanggan sebelumnya. 

Penilaian ini, sangat esensial hukumnya apalagi bagi kamu yang distribusi bisnisnya lebih banyak di dunia online.

Fakta bahwa produk jualan kamu memiliki penilaian bintang 4 dari pelanggan, akan menjadi lebih menarik untuk mereka.

Bagi kamu pelaku UKM yang biasanya tidak memiliki banyak anggaran seperti perusahaan besar, memfokuskan terhadap hal ini bisa menjadi strategi marketing kamu di tahun 2020 ini.

Cobalah untuk membuat suatu cara yang bisa membuat pelanggan kamu memberikan penilaian sehabis mereka membeli produk atau menggunakan jasa bisnismu, seperti memberikan kompensasi, atau hadiah setelah mereka berhasil memberikan penilaian.


Postingan Stories Menggantikan News Feed

instagram story - bayar pakai exposure - tren bisnis

Pertama kali diperkenalkan oleh Snapchat, Story sekarang menjadi fitur yang sangat digemari banyak orang di media sosial, termasuk kamu, kan?

Sebelumnya, postingan di news feed atau beranda dari sebuah brand memang bisa menarik perhatian konsumen, namun sekarang postingan story tumbuh 15x lebih cepat dari news feed

Bersama dengan live streaming, fitur story menjadi cara utama seorang pebisnis untuk menyampaikan pesan atau berpromosi kepada konsumen mereka.

Nah, dengan adanya tren bisnis ini, saatnya kamu challenge bisnis kamu untuk membuat konten-konten yang lebih kreatif melalui fitur story untuk menarik pelanggan.


Meningkatnya Sistem Kerja Remote

kerja online fokus - Belajar dan Bekerja dengan Optimal Menggunakan Metode 90 Menit, Mau Mencobanya? - 7 Teknik Menjadi Pembelajar Cepat, Dapatkan Pengetahuan dengan Mudah! - tren bisnis

Sebuah bisnis, pasti perlu tempat untuk menaungi tenaga kerja yang ada. Jika kamu ingin membuat bisnis terus berkembang, tentu saja kamu memerlukan penambahan pada human power.

Tapi, bagi pelaku UKM, urusan infrastruktur bisa menjadi kendala besar, apalagi dengan harga real-estate yang semakin tinggi.

Nah, berkembangnya sistem kerja remote atau work from home, bisa menyelesaikan permasalahan ini.

Perkembangan ini, bisa menjadi tren bisnis yang bisa kamu manfaatkan untuk memperkerjakan talent terbaik dalam membantumu mengembangkan bisnis.


Gig Economy Semakin Populer

freelance - freelancer - kerja lepas - freelancing - bisnis tanpa karyawan - 5 Tips yang Perlu Diterapkan Agar Bekerja Remote dengan Efektif - 6 Tips Investasi untuk Freelancer - tren bisnis

Dengan berkembangnya sistem kerja remote working, meningkat juga Gig Economy.

Bagi kamu yang belum familiar, Gig Economy adalah tren bisnis di mana perusahaan lebih memilih untuk mempekerjakan pekerja lepas atau freelance daripada full-time employee atau pekerja penuh waktu. 

Sebagai pelaku UKM, kamu bisa memanfaatkan hal ini karena dinilai lebih efektif dan efisien. Kamu bisa menyerap beragam tenaga kerja lepas yang memiliki keterampilan baik, tanpa perlu mengkhawatirkan birokrasi yang harus ada saat kamu mempekerjakan pekerja penuh waktu.


Big Data untuk UMKM

5 Jurusan Kuliah Favorit yang Akan Dibutuhkan 2020 Mendatang! - tren bisnis

Selama ini, Big Data sudah banyak digunakan untuk berbagai perusahaan untuk meningkatkan bisnis mereka.

Saat ini sudah banyak berkembang aplikasi analytic yang mudah digunakan. Tentu saja hal ini membuat kontekstualisasi Big Data menjadi lebih mudah.

Bagi sebuah bisnis, salah satu manfaat dari Big Data pada bisnis adalah untuk membuat perusahaan mengetahui siapa pelanggannya dengan lebih baik.

Mulai dari mengetahui siapa yang membeli produk atau memakai jasanya, hingga apa yang pembeli lakukan terhadap produk atau jasa yang dibeli.

Di tahun 2020 ini, tren bisnis memanfaatkan Big Data masih menjadi sesuatu yang penting. Selain memberikan keefektifan dalam menggaet pelanggan, strategi marketing yang memanfaatkan big data juga memberikan bisnis kamu keunggulan yang kompetitif di pasar.


Munculnya Jaringan 5G

handphone jalan pergi sendiri - cara mengatur keuangan - akun instagram saham- 4 Cara Pintar Mengelola Keuangan untuk Pemula - tren bisnis

Jaringan 5G diharapkan akan muncul di seluruh dunia pada tahun 2020. Tentu saja, adanya perubahan global seperti ini bisa memengaruhi tren bisnis yang ada.

Rumornya, jaringan 5G akan menawarkan kecepatan unduhan yang cepat yaitu sekitar 1 Gbps.

Nah, dengan kecepatan yang begitu tinggi, secara radikal hal ini bisa mengubah cara kamu berinteraksi di internet dengan para pelanggan.

Jadi, siap-siap ya!


Setelah mengetahui tren bisnis di atas, sekarang saatnya kamu mulai menggunakannya untuk merencanakan strategi bisnis untuk satu tahun ke depan.

Implementasi tren-tren di atas, dan sesuaikan dengan bisnis yang kamu jalankan. Nah, tapi kalau dalam melakukan hal ini kamu membutuhkan modal dana tambahan, jangan khawatir, ajukan pinjaman bisnis di KoinBisnis dari KoinWorks, Super Financial App.

KoinWorks, Super Financial App adalah suatu platform yang memungkinkan kamu mengakses finansial seperti mendanai dan meminjam dana di satu aplikasi.

Nah dengan meminjam dana di KoinBisnis dari KoinWorks, kamu bisa mengajukan pinjaman mulai dari Rp5 juta hingga Rp2 miliar dengan bunga terjangkau 0,75% hingga 1,67% per bulan.

Mengembangkan suatu bisnis, memang bukan suatu yang mudah. Tapi, dengan memanfaatkan peluang-peluang yang ada dan berusaha tanpa henti, hasil yang baik pasti akan kamu dapatkan. Mumpung masih awal tahun, jadikan hal ini awal dari keberhasilan kamu. Selamat mencoba dan semoga berhasil!


Firda Nur Asmita
As Firda enters her twenties, financial things become exciting stuff for her. Born with no golden steps on her shoes, make her sticks a big goal in life: financial freedom. So here it is, she's digging more and more knowledge to reach her goal. Then, share it with you through something she loves: words. P.S: If you find her nodding head behind the laptop, don't be surprised. She's just following the beats of music.

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

0 Comments
Inline Feedbacks
Lihat semua komentar

Langganan via Email​

Dapatkan Tips dan Berita Keuangan Gratis di Inbox Anda​

Super Financial App yang
membawamu #MelangkahLebih