4 Indikator Kepuasan Pelanggan untuk Memajukan Bisnismu

Kepuasan Pelanggan

4 Indikator Kepuasan Pelanggan untuk Memajukan Bisnismu – Pelanggan merupakan elemen penting dalam sebuah bisnis, karena tanpa adanya pelanggan maka bisnis apapun tidak akan bisa bertahan.

Melakukan survey kepuasan pelanggan merupakan hal yang wajib dilakukan oleh setiap pengusaha.

Mengapa?

Hal tersebut sangat berguna untuk menilai apakah selama ini baik produk atau pelayanan yang mereka berikan sudah memenuhi kebutuhan pelanggan atau belum.

Jika kamu seorang pengusaha, setidaknya ada 4 indikator kepuasan pelanggan yang harus kamu ketahui:


1. Respon Emosional

Indikator kepuasan pelanggan yang pertama adalah respon emosional.

Iya, kamu bisa menilai tingkat kepuasan pelanggan dari respon emosional yang mereka tunjukan ketika menggunakan, mengenakan atau mengonsumsi produk milikmu.

Sebagai contoh, katakanlah kamu seorang pengusaha kopi kekinian yang sedang naik daun, lalu ada seorang pelanggan yang datang ke kedaimu dan memesan salah satu kopi best seller.

Kamu bisa melihat respon emosional pelanggan ini baik atau tidak ketika ia mencicipi kopi tersebut, karena pada dasarnya manusia memiliki ekspresi spontan pada saat mereka merasakan sesuatu.

Apabila rasa kopimu sesuai dengan harapan si pelanggan maka mungkin mereka secara tidak sadar akan menganggukan kepala mereka seusai meminum kopimu untuk pertama kali sebagai ungkapan persetujuan.

Sebaliknya, jika kopimu tidak sesuai harapan maka mungkin mereka akan mengernyitkan dahi sebagai ungkapan kurang puas.

Baca juga : Anti Boros! Simak 5 Cara Meminimalisir Modal Usaha


2. Keluhan atau Kritik

Kamu juga bisa menilai kepuasan pelanggan dari jumlah keluhan atau kritik yang para pelanggan sampaikan ke tokomu.

Tapi kamu tidak perlu langsung panik, karena yang harus kamu lakukan adalah menampung seluruh keluhan atau kritik tersebut, lalu kamu klasifikasikan antara satu keluhan dan keluhan lainnya.

Apabila ada banyak keluhan yang sama, maka kamu harus perbaiki dari keluhan tersebut terlebih dahulu, karena artinya yang merasa keberatan akan hal tersebut bukan hanya karena pendapat pribadi melainkan memang harus diperbaiki.

Misalnya saja tempat yang kurang bersih atau pelayanan yang kurang cepat.


3. Analisis Konsumen

Ada 2 tipe pelanggan yang harus kamu ketahui untuk dapat mengukur tingkat kepuasan pelanggan yaitu loyal konsumen dan konsumen musiman.

Loyal konsumen bagaikan keluarga bagi sebuah bisnis, dan tipe konsumen yang loyal akan kembali lagi kepadamu tanpa harus diberikan iming-iming seperti promo ataupun hadiah. Apabila kamu sudah memiliki banyak loyal konsumen, maka kamu sangatlah beruntung.

Tipe konsumen yang selanjutnya adalah konsumen musiman.

Ya, konsumen tipe ini biasanya hanya akan datang ketika ada harga promosi ataupun penawaran hadiah.

Jadi, ketika tokomu sedang tidak mengadakan penawaran atau promosi apapun maka konsumen tipe ini tidak akan datang.

Kamu bisa menilai kepuasan pelanggan dengan membandingkan antara loyal konsumen dan konsumen musiman yang datang ke tempatmu, jika jumlah loyal konsumen lebih banyak maka produk dan pelayanan yang kamu berikan bisa dikatakan sudah cukup baik.


4. Analisis Mantan Pelanggan

Memang menyakitkan, tapi kehilangan pelanggan sebenarnya adalah hal yang umum dialami para pengusaha.

Oleh karena itu, survey kepuasan pelanggan sangat berguna untuk menjaga para pelanggan agar tetap setia pada bisnismu.

Apabila semua usaha sudah kamu lakukan tapi kamu masih kehilangan pelanggan, maka kamu bisa menganalisis penyebab pelanggan tersebut berpaling.

Ini juga sebagai bentuk introspeksi supaya kedepannya kamu bisa lebih menjaga kualitas dan layanan untuk meningkatkan kepuasan pelanggan agar pelanggan tidak hilang.

Nah, itulah 4 indikator kepuasan pelanggan yang bisa kamu jadikan patokan untuk melakukan penilaian terhadap bisnismu agar bisnismu menjadi lebih baik dan terus berkembang.

Apabila kamu membutuhkan modal tambahan untuk mengembangkan bisnismu, kamu bisa mengajukan pinjaman modal usaha melalui KoinBisnis dari KoinWorks.

KoinBisnis merupakan sebuah fitur yang memungkinkan kamu untuk mendapat pinjaman modal usaha sampai dengan Rp. 2 Miliar dan dengan bunga yang rendah yaitu mulai dari 0,75% per bulan.

Selain itu, seluruh prosesnya mulai dari pengajuan sampai pencairan dana ke akun kamu akan dilakukan secara online melalui sistem, sehingga kamu tidak perlu susah payah untuk datang dan bertemu langsung dengan pihak KoinWorks.

Yuk, kembangkan bisnismu bersama KoinWorks.


Simulasi Pinjaman KoinWorks
Ketahui maksimum pinjaman dan cicilan per bulan
+62
Estimasi jumlah maksimum pinjaman

Rp

Estimasi cicilan bulanan
  • Tenor 6 bulan: Rp
  • Tenor 12 bulan: Rp
  • Tenor 24 bulan: Rp

Install aplikasi KoinWorks dan mulai ajukan pinjaman di KoinBisnis!

Ajukan Pinjaman Sekarang

Dapatkan berbagai informasi seputar Pengembangan Bisnis dan Daily lainnya hanya di KoinWorks.

Tentang Penulis
Gina Valerina

Gina Valerina

Gina began her professional journey within the realm of finance, accumulating a wealth of invaluable insights and hands-on experiences. Building upon this extensive background, she uses her expertise to carefully create informative articles. Each article is born from in-depth research and her unwavering dedication to providing her audience with well-verified insights.
Kalkulator finansial untuk hitung kebutuhan kamu

Hitung semua keperluan finansial kamu cukup di satu tempat

Punya uang Rp.100 Ribu? Mulai pendanaan sekarang dan dapatkan keuntungan hingga 14,5%.