5 Ciri Pinjaman Online Terpercaya

Pinjaman Online Terpercaya

5 Ciri Pinjaman Online Terpercaya – Layanan pinjaman online kian menjamur di Indonesia.

Hal ini tentunya diakibatkan dengan banyaknya jumlah masyarakat yang membutuhkan bantuan dana tunai.

Meskipun begitu, sebagai calon nasabah kita harus sangat berhati-hati dalam memilih perusahaan jasa pinjaman online.

Pastikan bahwa perusahaan peminjam tersebut merupakan perusahaan pinjaman online terpercaya, dan jangan sampai karena kurang berhati-hati maka kamu akan merugi di kemudian hari.

Kenali 5 ciri pinjaman online terpercaya supaya kamu terhindar dari bahaya:

1. Terdaftar di OJK

Pinjaman online terpercaya pastinya harus terdaftar di Otoritas Jasa Keuangan (OJK).

Kenapa?

Karena OJK merupakan sebuah lembaga negara yang bertugas untuk pengawasan, pemeriksaan dan penyidikan terhadap setiap kegiatan di sektor keuangan termasuk pinjaman online.

Apabila sebuah perusahaan jasa keuangan tidak terdaftar di OJK, maka kredibilitas dari perusahaan tersebut masih dipertanyakan atau bahkan illegal.

Untuk memastikan sebuah perusahaan pinjaman online terpercaya atau tidak, kamu bisa mengeceknya langsung ke situs resmi miliki OJK.


2. Memiliki Situs Resmi

Sebuah perusahaan sudah sepatutnya memiliki situs atau website resmi, terlebih lagi jika perusahaan tersebut merupakan perusahaan berbasis online.

Keberadaan situs resmi sebuah perusahaan dapat membantu calon nasabah untuk lebih mudah dalam mengakses informasi dan juga memahami produk-produk apa saja yang dimiliki oleh perusahaan tersebut.

Selain itu, situs resmi biasanya berawalan “https”, hal ini menandakan bahwa situs tersebut menggunakan socket secure layer (SSL) yang menyediakan enkripsi terhadap pertukaran data untuk mencegah terjadinya penyadapan atau pencurian data pengguna.

Kamu juga harus memerhatikan email yang mereka gunakan.

Pastikan alamat emailnya merupakan email resmi perusahaan dan tidak menggunakan email personal Yahoo ataupun Gmail


3. Alamat Kantor Yang Jelas

Perusahaan pinjaman online terpercaya haruslah memiliki alamat kantor yang jelas, dan biasanya mereka akan menyantumkan alamat kantor pada situs resmi mereka.

Hal ini tentunya bertujuan untuk meyakinkan para calon nasabah kalau memang perusahaan mereka merupakan perusahaan yang dapat dipercaya dan juga legal secara hukum.

Perusahaan yang tidak memiliki alamat kantor yang jelas sangat berisiko untuk calon nasabah, karena apabila dikemudian hari terjadi tindakan penipuan yang merugian nasabah maka nasabah akan kesulitan untuk mencari pelaku penipuan tersebut.


4. Proses Yang Transparan

Pinjaman online terpercaya akan sangat transparan dalam menyampaikan informasi terkait pinjaman onlinenya.

Mulai dari tenor, biaya administrasi, suku bunga sampai dengan denda yang dikenakan apabila kamu terlambat melakukan pembayaran.

Sebenarnya peraturan mengenai transparasi dalam proses pinjaman online ini juga diwajibkan oleh OJK.

Hal ini bertujuan agar calon nasabah tidak merasa dirugikan karena telah mengetahui seluruh risiko dari transaksi yang akan dilakukan.


5. Suku Bunga Wajar

Salah satu indikator pinjaman online terpercaya atau tidak adalah suku bunga.

Jika kamu menemukan perusahaan pinjaman online yang memungut bunga dengan sangat besar maka kamu harus waspada.

Sebagai contoh, kamu meminjam dana sebesar Rp. 5 juta, lalu perusahaan pinjaman online tersebut mengenakan bunga pinjaman sebesar Rp. 3 juta, artinya nilai bunga yang dikenakan oleh perusahaan tersebut sangatlah tidak wajar karena lebih dari setengah nilai pokok.


Jika kamu sedang membutuhkan pinjaman dana untuk modal usaha, kamu bisa coba mengajukan pinjaman kamu ke KoinBisnis milik KoinWorks.

KoinWorks merupakan perusahaan peer to peer lending yang menyediakan pinjaman online terpercaya karena sudah terdaftar dan diawasi oleh OJK.

Kamu bisa mendapatkan pinjaman modal usaha sampai dengan Rp. 2 Miliar dengan bunga rendah yaitu mulai dari 0,75% per bulan.

Pinjaman online untuk modal usaha? KoinWorks aja!

Simulasi Pinjaman KoinWorks
Ketahui maksimum pinjaman dan cicilan per bulan
+62
Estimasi jumlah maksimum pinjaman

Rp

Estimasi cicilan bulanan
  • Tenor 6 bulan: Rp
  • Tenor 12 bulan: Rp
  • Tenor 24 bulan: Rp

Install aplikasi KoinWorks dan mulai ajukan pinjaman di KoinBisnis!

Ajukan Pinjaman Sekarang

Dapatkan berbagai informasi seputar Gaya Hidup dan Daily lainnya hanya di KoinWorks.

Tentang Penulis
Gina Valerina

Gina Valerina

Gina began her professional journey within the realm of finance, accumulating a wealth of invaluable insights and hands-on experiences. Building upon this extensive background, she uses her expertise to carefully create informative articles. Each article is born from in-depth research and her unwavering dedication to providing her audience with well-verified insights.
Kalkulator finansial untuk hitung kebutuhan kamu

Hitung semua keperluan finansial kamu cukup di satu tempat

Punya uang Rp.100 Ribu? Mulai pendanaan sekarang dan dapatkan keuntungan hingga 14,5%.