Home » Blog » Bisnis & UKM, Daily » Mindset Pebisnis Kopi Inilah yang Harus Dibangun sejak Dini

Mindset Pebisnis Kopi Inilah yang Harus Dibangun sejak Dini

·
4 menit
Mindset Pebisnis Kopi Inilah yang Harus Dibangun sejak Dini

Mindset pebisnis kopi merupakan unsur yang menjadi dasar bagi seseorang yang ingin terjun di dunia bisnis. Hal ini dikarenakan mindset atau pola pikir merupakan rancangan atau jalan yang akan membawa suatu usaha menuju kesuksesan atau kemunduran.

Dengan begitu, hal utama yang harus dimiliki oleh seseorang untuk mengembangkan suatu usaha tidak hanya berupa modal tetapi juga pola pikir yang bisa mengolah modal tersebut menjadi suatu bisnis yang menguntungkan di masa kini dan masa depan. Begitu pula dengan para pebisnis kopi yang mulai menjadi perhatian di era modern ini.

Bisnis dengan memanfaatkan komoditas alami di Indonesia berupa kopi merupakan suatu peluang yang bisa meningkatkan perekonomian rakyat dan nasional. Hal ini dikarenakan komoditas yang satu ini tersedia dalam jumlah yang cukup banyak di Indonesia. Sehingga bisnis kopi dapat membuka peluang kerja baru yang komponen utamanya berasal dari dalam negeri.

Tentunya disertai dengan pengolahan kopi yang unik sehingga mampu menghasilkan olahan kopi yang enak dan nikmat. Namun, sebelum itu, pelaku bisnis diharuskan memiliki pola pikir yang dapat mempertahankan bahkan memajukan usaha yang akan atau sedang dijalankan. Apa sajakah mindset pebisnis kopi yang harus dibangun sejak dini? Simak penjelasan berikut ini.

Mindset Pebisnis Kopi yang Harus Dibangun sejak Dini

Berikut merupakan mindset yang harus dimiliki dan dibangun oleh seorang pebisnis kopi, diantaranya :

1. Optimis

Sikap optimis menjadi penyokong bagi para pebisnis untuk memulai suatu usaha dan menjalankan usahanya. Hal ini dikarenakan sikap optimis diartikan sebagai sikap seseorang yang percaya akan kemampuan dirinya. 

Dengan kata lain, seseorang tersebut yakin dalam menjalankan usahanya dan memiliki keyakinan bahwa dirinya mampu melakukan apa yang diinginkan. Namun, dalam hal ini rasa optimis yang harus dimiliki oleh seseorang bukanlah sikap atau sifat yang mengarah kepada kesombongan. 

Rasa optimis itu dijadikan sebagai tonggak bagi diri sendiri untuk tetap bersemangat. Namun, tidak menjadikan seseorang menjadi serakah atau melampaui batas.

2.  Berani mengambil resiko

Mindset pebisnis kopi selanjutnya adalah berani dalam memutuskan sebuah hal yang besar. Artinya seorang pebisnis kopi harus mampu mengambil keputusan yang dirasa baik untuk perkembangan dan kemajuan bisnis yang sedang dijalani. Selain itu, sebagai pebisnis kopi tentunya kamu dituntut untuk berani dalam segala hal.

Termasuk menerima konsekuensi dari keputusan yang telah diambil untuk sebuah usaha. Hal ini dikarenakan setiap keputusan memiliki risiko dan tingkat kekuatan dari risiko yang berbeda-beda. Namun, baik itu risiko yang bernilai rendah maupun tinggi seorang pebisnis kopi harus mampu menghadapinya dengan bijak.

Keberanian seseorang akan berpengaruh terhadap ketegasan dan keyakinannya dalam mengambil sebuah keputusan yang nantinya akan berpengaruh terhadap bisnis yang dijalankan.

Apabila kamu memilih untuk menjadi seorang pebisnis kopi maka konsekuensi atau resiko dari keputusan tersebut harus bisa kamu tangani.

Risiko yang besar bisa diperkecil dengan adanya solusi yang dikemukakan sebagai jalan keluar untuk menghindari adanya kerugian. Maka dari itu mindset pebisnis kopi berperan penting dalam kelangsungan bisnis yang dijalankan.

3. Bertanggung jawab

Tanggung jawab merupakan hal yang wajib dilakukan oleh setiap orang. Seseorang yang tidak berprofesi sebagai pengusaha atau pebisnis pun tentunya memiliki tanggung jawab sesuai dengan posisi atau kedudukan yang dimilikinya. 

Seorang pebisnis kopi harus mampu membangun prinsip bahwa tanggung jawab yang dimiliki bukanlah hal yang patut untuk diremehkan. Hal ini berkaitan dengan sportivitas dalam diri seseorang yang akan berpengaruh besar terhadap bisnis yang dijalankan. 

Oleh karena itu, mindset pebisnis kopi perlu di upgrade ketika kamu memiliki sifat yang cenderung meremehkan tanggung jawab. Karena tanggung jawab diibaratkan sebagai tugas besar yang dimiliki oleh seseorang untuk mencapai suatu tujuan atau cita-cita.

4.  Disiplin waktu

Disiplin merupakan kata yang menjabarkan tentang ketepatan terhadap suatu hal. Sehingga disiplin waktu merupakan ketepatan waktu dalam melakukan kegiatan rutin baik itu harian, mingguan, ataupun bulanan.

Sikap disiplin yang dimiliki oleh seseorang akan berpengaruh terhadap hasil usaha yang dilakukan. Hal ini dikarenakan seseorang yang cenderung memanfaatkan waktunya sebaik mungkin akan mampu mengontrol dirinya untuk berada di waktu yang tepat.

Maka dari itu, disiplin waktu menjadi salah satu mindset pebisnis kopi yang harus dimiliki untuk mencapai keberhasilan dari usaha yang dijalankan. 

Dengan adanya sikap disiplin tentunya seluruh kegiatan bisnis atau usaha mampu dikoordinasikan dengan baik dan sesuai jadwal. Sehingga tidak diperlukan penjadwalan ulang atau adanya satu kegiatan yang tertunda. Hal ini juga akan berpengaruh besar terhadap bisnis kopi yang dijalankan.

5.  Memperbesar visi dan misi

Visi dan misi merupakan satu kesatuan yang tidak dapat dipisahkan. Ketika kamu memiliki misi tentunya kamu juga dituntut untuk memiliki visi. Yakni cara atau langkah apa yang perlu kamu ambil untuk mencapai misi atau target bisnis.

Maka dari itu, mindset pebisnis kopi yang berupa memperbesar visi dan misi bertujuan untuk mencapai tujuan sesuai target dan memperoleh cara yang tepat untuk mencapainya.

6. Cinta terhadap bisnis yang dijalankan

Ketika kamu melakukan sebuah bisnis hal itu berarti kamu menyukai hal tersebut. Atau setidaknya terdapat keinginan dalam dirimu untuk melakukan sebuah usaha dengan tujuan memperoleh penghasilan atau keuntungan dari hal yang kamu usahakan.

Sehingga mencintai bisnis yang dijalankan merupakan mindset pebisnis kopi yang paling dasar. Hal ini berkaitan dengan semangat dan daya kerjamu ketika terjun langsung ke lapangan. 

Semakin besar rasa cintamu terhadap bisnis yang dijalankan maka semakin besar pula peluangmu untuk mengembangkan dan memajukan bisnis tersebut.

7. Selalu ingin jadi lebih baik

Sikap pantang menyerah merupakan mindset pebisnis kopi yang harus dimiliki dan dibangun sejak dini. Hal ini nantinya akan berhubungan dengan rasa ingin terus berkembang atau menjadi lebih baik lagi. Meskipun terdapat halangan yang menanti di masa yang akan datang.

Namun, ketika seseorang memiliki sikap pantang menyerah maka orang tersebut akan berusaha lebih optimal lagi untuk memperoleh hasil yang memuaskan.

Sudah Siap Menerapkan 7 Mindset Pebisnis Kopi Tersebut?

Dalam dunia bisnis, terdapat banyak hal yang dapat kamu gunakan sebagai objek dalam usaha yang kamu lakukan. Salah satunya yakni memanfaatkan komoditas dalam negeri yang berupa biji kopi dengan mengolahnya menjadi berbagai olahan baik itu minuman, makanan, atau dalam bentuk camilan.

Sebagai pebisnis atau orang yang telah melaksanakan suatu bisnis, tentunya kamu perlu memiliki dan membangun mindset pebisnis kopi untuk keberlangsungan usaha yang kamu lakukan. 

Hal ini berkaitan dengan pola pikir yang harus kamu kembangkan untuk menjadikan bisnis kopi yang kamu miliki tetap berjaya baik itu di masa kini dan masa yang akan datang.

Bahkan kamu juga bisa memikirkan langkah yang bisa dilakukan supaya bisnis kopi yang kamu jalankan saat ini dapat diwariskan hingga bisa menjadi bisnis turun-temurun. Selamat berbisnis dan sukses selalu!

Friska
Ketika banyak orang membutuhkan panduan dalam menyelesaikan masalah keuangan yang mereka hadapi, mereka sering mengalami kesulitan dalam mencari sumber/ saran terbaik. Karena itulah tulisan melalui artikel adalah hal yang menjadi passion bagiku karena akan membantu banyak orang yang mengalami kesulitan-kesulitan tersebut.

Langganan via Email​

Dapatkan Tips dan Berita Keuangan Gratis di Inbox Anda​

Pinjaman bisnis sd 2M dapat CASHBACK GOPAY s/d Rp 9,9 Juta, Sikaaat