3 Kompetisi Bisnis Terbesar di Indonesia – Bisnis memang memang menjadi tempat persaingan dalam segala hal dimulai dari cara mendapatkan modal atau investasi sampai dengan persaingan produk dan pasar tentunya.

Bagi Anda yang hendak terjun ke dunia bisnis secara professional dan ingin mendapatkan modal yang cukup besar secara cuma-cuma, ada baiknya untuk bisa mengikuti kompetisi bisnis yang terbesar di Indonesia.

Baca Juga: Tips Mencari Sumber Dana Di Luar Negeri

Memang jika ditelusuri, ada banyak jenis kompetisi bisnis. Namun, kali ini akan dipaparkan tiga saja yang dilakukan hampir setiap tahun.

3 Kompetisi Bisnis Terbesar di Indonesia

1. JBC atau Java Business Competition

Jika Anda bertanya, apa salah satu nama kompetisi bisnis terbesar di Indonesia? Maka jawabannya adalah JBC atau Java Business Competition.

Baca Juga: 3 Komunitas Bisnis Terbesar di Indonesia

JBC sendiri merupakan ajang kompetisi bisnis yang terbesar serta diadakan setiap tahun. Ajang kompetisi ini dikelola secara langsung oleh SEARCH Telkom University.

Lomba atau kompetisi ini memiliki empat cabang yang dilombakan yakni;

  • Simulasi Bisnis
  • Debat Marketing
  • Call for Paper
  • Entrepreneur Festival

Di tahun 2016, JBC juga akan dilangsungkan kembali setelah sebelumnya selama 4 tahun berturut-turut kompetisi ini diadakan.

Baca Juga: Bagaimana Cara Menemukan Ide Bisnis yang Tepat? Berikut 3 Cara Efektif

JBC tahun-tahun sebelumnya juga telah sukses dan kini yang ke 5 akan diadakan kembali di tahun 2016. Jika Anda berminat untuk mengikuti kompetisi bisnis ini, persiapkan diri Anda dengan baik.

Anda juga bisa mencari informasi terkait ajang bisnis ini untuk mendapatkan info yang lebih detail. Persiapan yang baik termasuk ide yang kreatif adalah cara yang baik untuk bisa mengikuti ajang ini. Selamat mencoba!


2. DSC atau Diplomat Success Challenge

Kompetisi bisnis ini juga merupakan salah satu yang terbesar yang diadakan di Indonesia. Kali ini Wismilak bahkan menyediakan modal yang tidak tanggung-tanggung.

Baca Juga: 10 Ide Bisnis Online yang Wajib Dicoba Sekarang Juga

Hibah modal yang bisa diberikan kepada para pengusaha kreatif ini bahkan mencapai 2 milyar rupiah untuk memulai bisnis atau usaha Anda.

Pastinya Anda tergiur dengan kompetisi ini, pun dengan pengusaha lain. Oleh sebab itu, persiapkan diri secara matang karena akan ada banyak competitor dari seluruh Indonesia yang akan mengikuti dan bertanding di kompetisi ini.

Wismilak memang ingin menunjukkan komitmen yang tinggi bagi wirausaha di Indonesia. Diharapkan, dengan kompetisi ini akan lahir banyak pengusaha baru yang lebih kreatif lagi.

Baca Juga: 3 Kompetisi Untuk Startup yang Perlu Diikuti

Yang menarik disini adalah modal yang diberikan oleh Wismilak ini bersifat hibah bukan pinjaman. Artinya, begitu Anda menang, maka seluruh modal yang Anda dapatkan menjadi miliki Anda.

Bagaimana? Pastinya Anda ngiler dengan kompetisi ini. Pastikan Anda mempersiapkan segala kebutuhan termasuk kelengkapan administrasi. Cari informasi terkait lebih jauh lagi untuk bisa mendapatkan informasi terupdate.


3. WMM atau Wirausaha Mandiri Muda

Tentu, ajang bergengsi ini sudah tidak asing lagi di telinga Anda. Ya, ajang ini disponsori oleh Bank Mandiri sebaga  bukti nyata pihak bank untuk menciptakan dan mendukung wirausahawan baru.

Baca Juga: Pasti Untung! Ini 5 Tahap Meningkatkan Penjualan Bisnis di Bulan Ramadhan

Ajang ini sudah sangat populer dari dulu. Anda, sebagai wirausaha, jika memenangkan kompetisi ini, bukan hanya mendapatkan modal tetapi juga banyak pelajaran berharga lain termasuk akan dibina secara intensif.

Kreatifitas dan ide yang segar memang bisa menjadi daya tarik agar dewan juri memenangkan Anda.

Namun, Anda harus tahu bahwa Anda tidak sendirian. Kompetisi ini sudah terkenal dimana-mana. Pastinya, akan ada banyak pengusaha yang akan menjadi pesaing Anda untuk bisa mendapatkan modal serta pelatihan terkait.

Kesempatan ini memang tidak boleh dilewatkan. Mendapatkan modal untuk memulai usaha Anda memang hal yang lumrah.

Baca Juga: Pengertian Investasi, Konsumsi, dan Spekulasi

Namun, ketika Anda berkompetensi dengan wirausahawan lain di ajang kompetisi ini, tentu ada hal lain yang akan mengharuskan Anda membuat presentasi yang lebih dari sekedar meyakinkan dewan juri.

Carilah informasi terkait ajang kompetisi di atas untuk mendapatkan informasi lebih jauh lagi. Tentunya, Anda harus memenuhi syarat administrasinya terlebih dahulu.

Anda juga pastinya harus mempersiapkan materi presentasi dengan susunan bahasa dan komunikasi yang baik agar dewan juri lebih paham keunggulan produk atau bisnis yang Anda tawarkan.

Baca Juga: Investasi untuk Bisnis Itu Perlu, Terutama pada 3 Hal Berikut Ini

Selain itu, sudah tidak perlu ditanyakan lagi bahwa konsep atau ide dari bisnis Anda termasuk juga kelebihan dan kekurangannya serta bagaimana bisnis akan dijalankan membutuhkan sebuah presentasi. Ajang ini dipandang tepat bagi pengusaha baru.


Simulasi Pinjaman Modal Usaha

Jumlah Pinjaman

Suku Bunga/Tahun (% APR)

Jangka Waktu (Tahun)


Hasil
Bunga Pinjaman
Pokok + Bunga

Cicilan Bulanan:

Syarat Pengajuan Pinjaman di KoinWorks


Download Aplikasi KoinWorks

apple app store iosgoogle play store android app

TINGGALKAN KOMENTAR

Please enter your comment!
Please enter your name here

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.