Pasti Untung! Ini 5 Tahap Meningkatkan Penjualan Bisnis di Bulan Ramadhan – Banyaknya kompetitor dalam dunia bisnis tentu saja membuat Anda harus lebih kreatif dalam berinovasi.

Alasannya, yang memiliki usaha seperti Anda mungkin ada banyak dan tentu Anda perlu strategi khusus guna meningkatkan penjualan bisnis.

Baca juga: Ingin Membuat Online Shop? Eitss… Jawab 4 Pertanyaan Penting Ini Dulu!

Jika tidak demikian, Anda tidak bisa mendapatkan pelanggan yang mau membeli produk atau menggunakan layanan jasa Anda. Apabila bisnis tidak memiliki pelanggan, bagaimana Anda bisa memperoleh keuntungan?

Belum lagi, sebentar lagi sudah memasuki bulan Ramadhan. Anda tentu perlu mempersiapkan bisnis Anda dengan lebih matang supaya bisa memenuhi permintaan pasar yang melonjak.

Pasti Untung! Ini 5 Tahap Meningkatkan Penjualan Bisnis di Bulan Ramadhan

1. Kenali siapa audiens dan influencer Anda

Para Ekstrovert Wajib Coba 9 Pilihan Karier Menjanjikan Ini - sales person

Anda adalah pemilik bisnis katering sehat di Jakarta. Setiap harinya, Anda menyiapkan menu sehat berbeda-beda. Namun rupanya, yang memiliki bisnis katering sehat di Jakarta ada banyak.

Baca juga: Tips Meningkatkan Loyalitas Pelanggan Melalui Instagram

Karenanya, Anda perlu memperkenalkan produk Anda dengan mengenali terlebih dahulu siapa audiens Anda.

Misalnya, salah satu target Anda adalah para Ibu rumah tangga yang tidak memiliki waktu untuk menyiapkan makanan berbuka atau sahur.

Baca juga:Pebisnis Pemula Wajib Tahu! Ini 9 Tahap Memulai Bisnis Kuliner

Lalu, guna mempromosikan produk yang dijual, bekerja samalah dengan para infuencer yang berkaitan dengan kesehatan atau gaya hidup, bisa juga dengan para food bloggerBiasanya, audiens bisa mengenal suatu produk berkat para influencer di media sosial.


2. Rencanakan bisnis Anda dengan tepat

tipe bisnis masa depan cerah

Jangan pernah membiarkan bisnis Anda berjalan tanpa arah jika Anda memiliki tujuan di masa depan. Sebab, bagaimana Anda bisa mewujudkan tujuan tersebut jika Anda tidak mempunyai rencana.

Baca juga: 7 Alasan Anda Tak Perlu Ragu Meneruskan Bisnis Keluarga

Katakanlah, menjelang Ramadhan ini, Anda ingin menjual es buah yang banyak jadi incaran pembeli dari tahun ke tahun.

Nah, rencana awal yang Anda lakukan adalah menawarkan es buah tersebut ke tetangga terlebih dahulu.

Baca Juga: 5 Kesalahan Bisnis yang Harus Dihindari Para Pebisnis UKM

Tanyakan kepada mereka bagaimana rasanya, apakah porsinya kurang banyak, adakah buah lainnya yang ingin ditambah, apakah harga Rp15.000 dirasa pas untuk es buah tersebut, dan sebagainya. Setelah mengetahui bagaimana kesukaan pasar, Anda pun bisa menjualnya.

Di sisi lain, Anda juga bisa mendiversifikasikan produk Anda. Misalnya, Anda juga berjualan es cincau dan es cendol sehingga pembeli punya pilihan minuman lain untuk dibeli.


3. Buatlah konten yang menarik

membuat konten marketing sesuai tren

Konten yang menarik mampu menjangkau lebih banyak pelanggan untuk mengenal produk yang dijual. Sebagai contoh, Anda adalah pemilik bisnis fashion.

Nah, ketimbang hanya menampilkan gambar model dengan pakaian yang Anda jual, mengapa tidak membuat gambar bergerak atau animasi?

Baca juga: Muhammad Sadad: Bisnis Rugi Puluhan Juta Hingga Raup Omzet Miliaran Lewat Erigo Store

Animasi tersebut bisa menampilkan bagaimana memadupadankan pakaian dengan alas kaki atau aksesoris lainnya yang dijual.

Bagi yang berjualan secara online, Anda juga bisa membuat blog khusus dan memberikan tips dalam berpakaian. Dengan demikian, para pembeli bisa lebih tertarik untuk membeli produk Anda.

Baca juga: Mau Sukses? Berhentilah Melakukan 5 Kesalahan dalam Bisnis Ini

Oh ya, jangan lupa terapkan strategi marketing untuk memasarkan produk Anda sehingga Anda bisa meningkatkan penjualan bisnis dengan pesat.


4. Optimalkan penggunaan media sosial

hashtag media sosial - hashtag instagram populer

Masih tidak punya media sosial? Lebih baik Anda membuatnya sekarang juga. Namun, mengacu pada poin nomor satu, ketahui dulu siapa audiens Anda.

Sebagai contoh, Anda menjual casing ponsel yang bisa dikustomisasi sesuai pesanan pembeli. Target audiens Anda adalah anak muda.

Baca juga: Investasi untuk Bisnis Itu Perlu, Terutama pada 3 Hal Berikut Ini

Nah, anak muda zaman kini lebih banyak menggunakan Instagram sebagai media sosial andalan mereka. Jadi, optimalkan penggunaan Instagram untuk mempromosikan produk di bulan Ramadhan ini.

Tidak hanya lewat gambar menarik nan eye-catchy yang Anda post pada feed. Manfaatkan juga Insta Stories guna meningkatkan eksistensi bisnis dan mengingatkan pelanggan untuk membeli produk Anda.


5. Berinteraksilah dengan audiens dengan konten interaktif

instagram story

Komunikasi yang baik ialah yang terjadi dua arah. Jadi, bukan hanya Anda yang menyampaikan informasi terbaru soal produk yang dijual. Anda juga perlu berinteraksi dengan audiens dan membuat mereka senang.

Baca Juga: 5 Alasan Kenapa Bisnis Anda Membutuhkan Pinjaman Modal Usaha

Ambil contoh lainnya. Produk yang Anda jual ialah boneka bantal bergambar karikatur wajah. Nah, Anda bisa mengadakan kontes spam likes atau spam comments guna meningkatkan follower Instagram Anda, juga meningkatkan kepercayaan calon pembeli lain terhadap produk Anda.

Nanti, Anda bisa memilih satu sampai tiga pemenang yang nantinya bisa mendapatkan boneka bantal bergambar wajah si pemenang.

Baca Juga: 3 Tahapan yang Harus Anda Jalani Sebelum Melakukan Ekspansi Bisnis

Hal ini juga bisa bertujuan untuk meningkatkan loyalitas dan kecintaan pelanggan akan produk Anda.


Meningkatkan penjualan bisnis juga butuh persiapan, apa itu?

jumlah pengusaha di indonesia meningkat - jadi pengusaha muda - wanita saat berbisnis

Nah, ketika produk Anda sudah dikenal masyarakat luas dan permintaan makin meningkat dari hari ke hari, Anda perlu melakukan persiapan. Bukan hanya dari segi tenaga kerja atau kemampuan berbisnis, melainkan modal usaha.

Baca juga: 10 Akun Instagram yang Wajib Di-follow Setiap Pebisnis Profesional agar Makin Sukses

Bayangkan, di bulan Ramadhan, Anda bisa menggandakan keuntungan bisnis lewat produk yang dihasilkan, tentunya berkat terbukanya akses permodalan.

Jika butuh modal yang cepat, mudah, dan terjangkau, manfaatkanlah platform P2P Lending seperti KoinWorks yang sudah terdaftar secara resmi dan diawasi oleh OJK.

Baca Juga: Wow! Dengan Tidak Melakukan 4 Hal Ini, Anda Bisa Hemat Rp 1 Juta Lebih

Anda bisa mendapatkan akses permodalan mulai dari Rp10 juta hingga Rp2 miliar, dengan bunga rendah mulai dari 0,75% hingga 1,67% flat per bulan.

Nah, selamat memanfaatkan permodalan usaha demi meningkatkan penjualan bisnis.


Agar kami dapat memahami kebutuhan informasi Anda dengan baik dan menyediakan konten yang berkualitas serta informatif kepada setiap pembaca, mohon luangkan waktu untuk mengisi survey singkat di halaman berikut.


Simulasi Pinjaman Modal Usaha

Jumlah Pinjaman

Suku Bunga/Tahun (% APR)

Jangka Waktu (Tahun)


Hasil
Bunga Pinjaman
Pokok + Bunga

Cicilan Bulanan:

Syarat Pengajuan Pinjaman di KoinWorks


Punya pertanyaan seputar KoinWorks?

TINGGALKAN KOMENTAR

Please enter your comment!
Please enter your name here

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.