Kredit mikro bagi sebagian pengusaha merupakan solusi untuk mengatasi modal usaha. Namun, tentunya masih ada banyak cara untuk mendapatkan modal seperti investor, tabungan dan lain sebagainya. Jika Anda sudah menemukan modal, maka langkah selanjutnya adalah mengetahui pemasaran yang tepat. Saat ini, menggunakan internet sebagai strategi marketing merupakan hal yang tepat bahkan harus dilakukan oleh setiap pengusaha baik yang bergerak di bidang usaha online atau offline.

Salah satu strategi pemasaran yang efektif dengan menggunakan fasilitas internet adalah melalui YouTube. Tentu Anda sudah paham situs video terbesar di dunia ini. Bahkan, tidak jarang banyak orang yang mendadak menjadi artis karena ia mengunggah videonya di YouTube kemudian ditonton oleh jutaan pemirsa di seluruh dunia. Dari sini, Anda bisa melihat peluang untuk melakukan promosi melalui YouTube.

Pada dasarnya, membuat iklan berupa video dan iklan di TV sama karena sama-sama menggunakan audio visual sebagai cara untuk promosi. Maka, jika Anda ingin menggunakan YouTube sebagai sarana promosi, ikuti langkah-langkah berikut ini;

Tentukan ide atau tema video

Tema video sangat penting untuk diperhatikan. Tema video iklan bisa langsung berhubungan dengan produk yang ditawarkan bisa juga dengan berangkat dari sesuatu yang berbeda namun pada akhirnya akan berhubungan dengan produk Anda. Ide atau tema video iklan ini bisa bermacam-macam sesuai dengan tim atau ide kreatif yang Anda inginkan.

Tentukan pesan video

Memang tidak selamanya membuat video yang memiliki pesan tertentu, tapi jika Anda perhatikan, iklan video yang memiliki pesan tertentu walau tidak disampaikan, akan lebih mudah mendapat perhatian para penonton. Sebagai contoh, ada pesan penting dari iklan tertentu yang menyuruh agar seluruh keluarga berkumpul walau hanya sebentar sebelum melakukan berbagai aktifitasnya. Ini pesan penting sehingga produk yang ditawarkan akan mudah diingat.

Tentukan tampilan video yang menarik dan unik

Tentu, iklan video yang menarik dan unik akan mengundang rasa penasaran para penonton yang ada di luar sana. Video yang menarik dan unik ini bisa didefinisikan dalam berbagai hal tergantung bagaimana ide kreatif Anda menggambarkannya. Video menarik ini bisa berupa video kreatif, video lucu, video yang menampilkan kisah sedih, bahagia, menunjukan kemampuan atau skills seseorang dan lain sebagainya. Ada banyak sekali kriteria video yang menarik dan unik yang bisa ditemukan di YouTube.

Tentukan cerita yang kuat dan mudah dipahami

Cerita yang ada di balik video yang terlihat sangat kuat serta mudah dipahami tentu akan menarik banyak perhatian. Cerita yang menyentuh, menggugah, memberi semangat atau yang bersifat mengingatkan juga bisa dijadika alur cerita video iklan tersebut. Disinilah Anda akan membutuhkan seorang konseptor yang bisa menggambarkan alur cerita yang bagus sehingga membuat banyak orang tertarik untuk menonton.

Fokus pada emosi, body language bukan pada text atau pembicaraan

Anda tahu dimana orang merasa bosan dan jenuh? Ya, ketika ia diberi informasi atau diberitahu namun berisi omongan atau text yang membuat penonton bukannya menonton video tapi mendengarkan secara serius apa yang dikatakan oleh pemain dalam iklan atau mengikuti text yang panjang yang harus dibaca. Tentu ini membosankan. Gunakan text secukupnya hanya sebagai penjelas begitu juga pembicaraan seperlunya yang berhubungan dengan cerita. Sebaliknya, perkuat dengan emosi dan body language sehingga mudah dipahami.

Gunakan bahasa yang mudah dipahami

Bahasa disini bukan berarti bahas yang dipakai oleh pemeran iklan melainkan berbagai bahasa yang mudah dipahami oleh banyak orang walau yang menonton bukan dari dalam negeri. Bahasa inggris bisa dijadikan contoh., Anda bisa menggunakan bahasa Indonesia tapi dilengkapi dengan bahasa inggris yang mudah dipahami kemudian jangan lupa bahasa tubuh yang bersifat general sehingga tidak disalah artikan oleh yang menonton.

Kualitas video

Tentu, zaman sekarang bukan lagi zamannya video dengan kualitas rendah. Saat ini eranya video digital berkualitas HD atau HQ. Dengan video yang jernih dan bening, tentu mata akan lebih segar untuk menontonnya.

Nah, semua tips di atas harus dilakukan dalam satu paket sehingga kredit mikro atau jenis modal lainnya yang sudah Anda gunakan untuk memulai usaha serta membuat iklan video ini akan kembali secara cepat bahkan mendapatkan keuntungan lebih.


Simulasi Pinjaman Modal Usaha

Jumlah Pinjaman

Suku Bunga/Tahun (% APR)

Jangka Waktu (Tahun)


Hasil
Bunga Pinjaman
Pokok + Bunga

Cicilan Bulanan:

Syarat Pengajuan Pinjaman di KoinWorks


Download Aplikasi KoinWorks

apple app store iosgoogle play store android app

TINGGALKAN KOMENTAR

Please enter your comment!
Please enter your name here

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.