10 Ide Bisnis Modal Dibawah 10 Juta

·
5 menit
Ide Bisnis Modal Dibawah 10 Juta

10 Ide Bisnis Modal Dibawah 10 Juta – Berpikir terlalu jauh adalah hal yang paling harus kamu hindari ketika ingin memulai usaha.

Misalnya saja kamu kerap berpikir bahwa untuk memulai usaha kamu harus memiliki modal yang sangat besar.

Memang, memulai usaha dengan modal yang besar tidaklah salah, namun bukan berarti kamu tidak bisa memulai bisnis dengan modal yang lebih kecil.

Ada banyak sekali ide bisnis modal dibawah 10 juta yang bisa kamu jadikan inspirasi untuk usaha kamu, diantaranya:


1. Laundry Rumahan

Mencuci pakaian menjadi salah satu masalah yang membebani para pekerja, karena mereka hampir tidak memiliki waktu untuk mencuci pakaian mereka sendiri.

Dari pagi hingga malam hari mereka disibukkan dengan urusan pekerjaan, tak heran jika pada akhirny pakaian kotor menumpuk.

Apabila hari libur telah tiba, mereka akan lebih memilih untuk menghabiskan waktu untuk bersantai atau melakukan hal-hal yang mereka sukai, dan sudah pasti mencuci pakaian tidak ada di dalam daftar kegiatan yang mereka sukai.

Lalu kapan mereka mencuci pakaian?

Nah, pertanyaan inilah yang bisa kamu ubah menjadi peluang bisnismu.

Jika kamu berpikiran bahwa usaha laudry akan mengeluarkan budget yang besar, kamu salah.

Laundry rumahan bisa menjadi bisnis modal dibawah 10 juta apabila kamu memulainya dengan skala yang kecil.

Mulailah dengan membeli 2 mesin cuci, 1 setrika, dan beberapa perlengkapan pendukung lain seperti jemuran, ember, dan lain sebagainya.

Apabila jumlah konsumen mulai meningkat, kamu bisa mempertimbangkan untuk membeli peralatan tambahan.


2. Kopi Botolan

Fenomena bisnis kopi yang menjamur pasti bisa kamu rasakan akhir-akhir in ikan?

Bukan hanya karena jumlah pecinta kopi yang semakin bertambah, tapi bisa dikatakan sekrang ini kopi telah menjadi bagian gaya hidup masyarakat Indonesia.

Selain itu bisnis kopi juga merupakan salah satu bisnis modal dibawah 10 juta, sehingga tidak heran kalau banyak orang yang menekuninya.

Meksipun banyak saingan, kamu tidak perlu khawatir!

Karena apabila kamu bisa menemukan keunikan dari produk kopi botolan yang kamu miliki, pastinya usaha kamu akan mampu bersaing.

Peralatan utama yang kamu butuhkan untuk memulai bisnis kopi botolan adalah mesin kopi espresso.

Salah satu mesin espresso yang terjangkau adalah Delonghi ECP 31.21 Coffe Maker, dan harganya hanya 3 jutaan. Cukup terjangkau, kan?

Setelah itu kamu bisa membeli perlengkapan lainnya, dan jangan lupa untuk memikirkan konsep dari usaha kopi botolan kamu supaya kamu punya target pasar yang jelas.


3. Baju Muslimah

Indonesia merupakan negara dengan penduduk muslim terbanyak di dunia, pasti kamu sudah sering mendengar kalimat seperti itu, kan?

Hal ini bisa kamu jadikan peluang bisnis kamu, kamu bisa mencoba peruntungan dengan berjualan baju Muslimah serta pernak-perniknya seperti kerudung, pashmina, bros dan lain sebagainya.

Apabila kamu memiliki keahlian dalam membuat desain ataupun menjahit, kamu bisa menjual produk buatan kamu sendiri, namun apabila kamu tidak punya keahlian tersebut kamu bisa mencari supplier atau konveksi untuk bekerja sama.

Meskipun ini merupakan bisnis modal dibawah 10 juta, tapi apabila kamu menekuninya dengan sungguh-sungguh dan rajin mempromosikan produk kamu, maka omset yang akan kamu dapat pasti akan lebih dari angka 10 juta.

Salah satu tempat yang bisa kamu lirik untuk mencari supplier baju muslim adalah pasar blok A tanah abang Jakarta Pusat.


4. Toko Kelontong

Membuka toko kelontong juga merupakan bisnis modal dibawah 10 juta, lho!

Salah satu hal terpenting ketika ingin membuka toko kelontong adalah pastikan kamu menyediakan berbagai macam kebutuhan konsumen di toko kelontongmu. Semakin lengkap produk yang kamu sediakan, maka semakin banyak konsumen yang akan mampir ke toko kamu.

Selain itu, usahakan untuk tidak memberikan harga yang terlalu tinggi, terlebih lagi kalau di sekitar toko kamu ada toko serupa.

Tidak perlu mengambil untung terlalu banyak pada setiap produk, yang penting bisnis kamu ini bisa bertahan lama.


5. Warung Makan

Kamu yang punya hobi masak, sudah saatnya mengubah hobi menjadi mata pencarian.

Cobalah untuk melakukan riset terhadap minat konsumen sebelum membuka warung makan, misalnya saja jenis makanan apa yang disukai oleh masyarakat saat ini.

Setelah itu, cobalah pelajari bagaimana cara membuatnya dan kalau perlu kamu bisa mengkreasikan hidangan tersebut supaya hidangan kamu menjadi unik dan memiliki nilai lebih.

Selain itu, usahakan untuk mencari lokasi yang dekat dengan perkantoran, kampus, ataupun wilayah yang banyak kos-kosan.

Lokasi usaha sangat berpengaruh terhadap penghasilan yang akan kamu dapatkan, jadi jangan terburu-buru dalam mencari lokasi.


6. Jual Pulsa

Pulsa dan paket data sekarang ini sudah berubah menjadi sebuah kebutuhan utama untuk masyarakat.

Bagaimana tidak?

Hampir semua kegiatan harian yang kita miliki bisa menjadi semakin mudah dengan bantuan jaringan internet, misalnya saja dalam memesan alat transportasi, memesan makanan, dan membeli kebutuhan rumah tangga melalui online shop.

Oleh karena itu, bisnis pulsa masih menjadi bisnis modal dibawah 10 juta yang sangat menjanjikan.

Hal yang perlu kamu persiapkan sebelum memulai bisnis ini adalah lokasi usaha dan beberapa peralatan lainnya seperti handphone dan etalase.

Selain itu, kamu juga harus mencari supplier pulsa yang terpercaya, supaya kamu terhindar dari keluhan pelanggan seperti pulsa yang tak kunjung masuk meskipun telah selesai bertransaksi.


7. Toko Cemilan

Ide bisnis modal dibawah 10 juta yang berikutnya adalah toko cemilan.

Banyak sekali cemilan yang bisa kamu pilih untuk bisnis kamu, misalnya saja cemilan khas nusantara seperti keripik pisang, kue satu, dan semprong.

Jika kamu ingin yang lebih kekinian, kamu bisa menjual cookies, dessert box ataupun maccaron.

Apapun cemilannya, pastikan kamu memiliki target pasar yang sesuai supaya kamu tidak kesulitan dalam memasarkan produk kamu.

Selain itu, jika kamu ingin membuka toko cemilan secara online, pastikan untuk mengemas produk cemilan kamu dengan sangat baik dan aman, supaya produk kamu bisa sampai ke tangan konsumen dalam kondisi yang baik.


8. Fotografi

Untuk kamu yang memiliki keahlian fotografi atau minimal tertarik dengan bidang fotografi, kamu bisa memulai bisnis di bidang jasa fotografi.

Mulailah dengan menawarkan jasa fotografi kamu ke orang terdekat misalnya untuk kebutuhan acara pernikahan, reuni ataupun foto Outfit of The Day (OOTD).

Jangan dulu mematok harga tinggi apabila baru memulai bisnis ini, tumbuhkanlah rasa percaya dulu kepada konsumen dengan memberikan hasil yang baik namun harga yang ramah kantong.

Dengan begitu, mereka mungkin akan menggunakan jasa kamu lagi dan lagi.


9. Tanaman Hias

Bisnis tanaman hias juga tidak dapat diabaikan ketika kita berbicara tentang ide bisnis usaha modal dibawah 10 juta yang menjanjikan.

Karena percaya atau tidak, meskipun hanya berupa tanaman hias tapi terkadang harga jual dari beberapa tanaman hias tersebut bisa jauh lebih mahal dari harga smartphone, lho!

Apalagi kalau tanaman hias tersebut sedang naik daun atau banyak diminati, misalnya tanaman monstera.

Untuk menghindari kerugian akibat tanaman hias yang gagal dibudidayakan, pastikan kamu mempelajari teknik dasar dalam mengurus tanaman-tanaman hias tersebut.

Biasanya, antara satu jenis tanaman dan tanaman lain memilki teknik yang berbeda satu sama lain.


10. Toko Alat Tulis

Banyak yang bilang kalau bisnis alat tulis itu “nggak ada matinya”.

Iya, itu benar.

Alat tulis memang menjadi kebutuhan semua orang tanpa memandang usia.

Mulai dari anak kecil sampai orang dewasapun membutuhkan alat tulis, kan!

Jika bicara soal jenis, alat tulis itu banyak sekali macamnya.

Namun karena kamu ingin bisnis modal dibawah 10 juta, lebih baik kamu memilih produk-produk yang paling umum dibutuhkan masyarakat, seperti buku tulis, pulpen, pensil, penghapus, penggaris, dan lain sebagainya.

Selain itu, pilihlah merk-merk yang memang sudah dikenal oleh masyarakat seperti Sinar Dunia untuk buku tulis, Joyko untuk pulpen dan juga Faber Castelle untuk pensil.

Menyediakan produk yang memang menjadi andalan masyarakat akan lebih cepat laku terjual dibandingkan dengan merk-merk yang belum dikenal.


Bagaimana?

Udah tahu belum kira-kira ingin memilih bisnis yang mana?

Kalau sudah, segeralah realisasikan impian bisnis modal dibawah 10 juta kamu, karena tidak ada gunanya menunda-nunda niat yang baik.

Apabila kamu masih memiliki kendala terkait modal usaha, kamu tidak perlu khawatir!

Ambil smartphone kamu sekarang juga, dan unduh aplikasi KoinWorks!

KoinWorks adalah perusahaan peer-to-peer lending yang bisa memberikan pinjaman online untuk modal usaha kamu melalui produk yang bernama KoinBisnis.

Kamu bisa mendapatkan pinjaman modal usaha sampai dengan Rp. 2 Miliar, dengan bunga pinjaman rendah yaitu mulai dari 0.75% per bulan.

Yuk, Ajukan pinjaman online modal usahamu sekarang!

Simulasi Pinjaman KoinWorks

Ketahui maksimum pinjaman dan cicilan per bulan

+62

Estimasi jumlah maksimum pinjaman

Rp

Estimasi cicilan bulanan

  • Tenor 6 bulan: Rp
  • Tenor 12 bulan: Rp
  • Tenor 24 bulan: Rp

Install aplikasi KoinWorks dan mulai ajukan pinjaman di KoinBisnis!

Ajukan Pinjaman Sekarang

Gina Valerina
Beware of little expenses, a small leak will sink a great ship - Benjamin Franklin

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

0 Comments
Inline Feedbacks
Lihat semua komentar

Langganan via Email​

Dapatkan Tips dan Berita Keuangan Gratis di Inbox Anda​

Super Financial App yang
membawamu #MelangkahLebih