Home » Blog » Bisnis & UKM » Ragam Resep dan Olahan Ketupat untuk Memulai Bisnis

Ragam Resep dan Olahan Ketupat untuk Memulai Bisnis

·
4 menit
resep ketupat untuk jualan

Ketupat adalah makanan khas masyarakat Indonesia yang umum digunakan untuk hidangan lebaran. Ketupat lebaran ternyata ada banyak sekali jenisnya. Untuk kamu yang penasaran dan ingin bisnis hidangan ketupat untuk menyambut lebaran tahun ini, berikut ini adalah ulasan mengenai resep ketupat khas lebaran dari berbagai daerah di Indonesia.


Ketupat Khas Sumatera Barat, Ketupat Bareh

Salah satu jenis ketupat yang bisa kamu gunakan untuk bisnis hidangan lebaran kamu di tahun ini adalah hidangan ketupat yang berasal dari Minang. Ketupat khas Minang ini disebut dengan ketupat bareh.

Jenis ketupat ini adalah ketupat yang banyak digunakan di daerah Sibolga untuk hidangan lebaran. Jenis ketupat ini tidak hanya menarik dari rasanya, tapi juga menarik karena proses pembuatannya.

Ketupat bareh merupakan ketupat yang dibuat dengan menggunakan beras putih seperti ketupat lainnya. Akan tetapi ketupat ini dibumbui dan juga direbus dengan menggunakan santan sehingga membuat kita rasanya lebih menggoyang lidah kamu.

Rasa gurih yang dimiliki oleh ketupat ini sangat cocok dengan hidangan khas Sumatera barat lainnya. Salah satu hidangan yang paling cocok dengan ketupat bareh ini adalah sayur asam padeh ikan dan juga sambal yang terbuat dari kelapa.


Ketupat Khas Sumatera Barat, Ketupat Sipulut

Jika ketupat bareh merupakan ketupat lebaran khas Minang yang ada di Sumatera barat, jenis ketupat lain yang bisa kamu temukan di Sumatera adalah ketupat sipulut. Ketupat sipulut merupakan salah satu jenis ketupat dari Sumatera barat yang dibuat dengan menggunakan beras putih.

Penyajian dari ketupat dilengkapi dengan santan. Ya, bagian luar dari ketupat pulut ini dilapisi dengan santan kental. Jenis ketupat ini bisa digunakan untuk banyak jenis hidangan. Salah satunya adalah tape ketan hitam.

Selain dihidangkan bersama dengan ketan hitam, jenis ketupat ini juga bisa dihidangkan dengan rendang. Hidangan ketupat sipulut ini cocok dengan hidangan rendang untuk kamu yang ingin menjualnya untuk suasana lebaran.


Ketupat Khas Sumatera Barat, Ketupat Katan

Salah satu jenis ketupat lain yang bisa kamu temukan atau bisa kamu gunakan sebagai ide jualan adalah ketupat Katan. Ya, seperti yang kamu duga ketupat katan ini merupakan ketupat yang terbuat dari bahan ketan. Ketupat ketan dibuat dengan menggunakan bahan ketan dan paling banyak digunakan sebagai hidangan di daerah Kapau.

Ketupat ketan memiliki ukuran yang lebih kecil jika dibandingkan dengan ketupat umum yang biasanya disajikan di daerah-daerah Jawa. Jenis ketupat ini juga direbus dengan menggunakan santan sehingga rasanya lebih gurih.

Jenis santan yang digunakan untuk membuat ketupat ini juga merupakan jenis santan spesial yang dibuat dengan menggunakan bumbu. Hal inilah yang membuat ketupat ini menjadi lebih spesial.

Akan tetapi jenis ketupat ini biasanya tidak digunakan sebagai hidangan utama. Ketupat katan yang memiliki ukuran kecil-kecil ini biasanya digunakan sebagai pencuci mulut.

Hal ini disebabkan karena ketupat ketan ini memiliki ukuran yang kecil dan juga memiliki rasa yang cukup kuat karena direbus dengan menggunakan santan yang telah dibumbui. Akan tetapi jika kamu ingin menggunakan ketupat katan ini untuk berjualan, kamu juga bisa menyajikan ketupat katan dengan menggunakan rendang dan juga gulai.


Ketupat Khas Sumatera, Ketupat Palas

Jenis ketupat lebaran lain yang akan kami rekomendasikan untuk memulai bisnis adalah ketupat Palas. Ketupat Palas juga disebut dengan ketupat pulut. Ketupat pulut merupakan ketupat yang dibungkus dengan menggunakan daun talas atau daun palem.

Dalam bahasa Medan kata ulek memiliki arti ketan. Hal ini merupakan jenis ketupat yang terbuat dari bahan ketan. Bahan ketan yang digunakan untuk membuat ketupat ini menyebabkan ketupat ini memiliki bagian luar yang pekat.

Bukan hanya memiliki rasa yang sangat nikmat, ketupat Palas juga memiliki bentuk yang cukup istimewa. Ketupat palas memiliki bentuk segitiga sangat unik bukan?

Ketupat katan ini bisa disajikan dengan banyak hidangan seperti dimakan dengan menggunakan sirup gula merah sebagai dessert. Akan tetapi jenis ketupat ini juga bisa dihidangkan sebagai hidanga utama bersama dengan daging rendang. Selain banyak digunakan untuk hidangan di daerah Sumatera ketupat Palas juga banyak digunakan untuk hidangan di kawasan Malaysia.


Ketupat Khas Tegal, Kupat Glabed

Salah satu pilihan ketupat lain yang cocok untuk kamu gunakan berbisnis mendekati bulan puasa ini adalah ketupat yang berasal dari Tegal. Ketupat yang berasal dari Tegal ini adalah kupat glabed. Ketupat ini pada dasarnya tidak banyak berbeda dengan ketupat lainnya. Hanya saja hidangan ketupat ini dibuat dengan menggunakan topping dan kuah glabed yang super lezat.

Kuat glabed merupakan buah berwarna kuning kental dengan rasa yang sangat gurih. Kupat glabed yang sudah dipotong-potong yang nantinya akan dibubuhi dengan tempe yang sudah digoreng. Kupat ini kemudian disiram dengan menggunakan kuah glabed. Bagian atas dari ketupat ini nantinya akan diberikan topping berupa kerupuk mie dan juga bawang goreng.

Uniknya jenis ketupat ini tidak hanya banyak digunakan untuk hidangan dengan kuah glabed saja. Biasanya ketupat ini juga dihidangkan dengan menggunakan sate ayam atau sate kerang.


Ketupat Khas Tegal, Ketupat blegong

Sama seperti ketupat glabed, ketupat blegong juga merupakan ketupat dari Tegal. Ketupat ini merupakan ketupat yang dihidangkan dengan menggunakan daging blegong yang merupakan hail perkawinan antara unggas bebek dengan angsa. Hal ini membuat daging belegung menjadi sangat istimewa dan dijadikan sebagai hidangan tersendiri.


Ketupat Khas Tegal, Ketupat bongko

Satu lagi hidangan ketupat lain yang berasal dari Tegal yaitu ketupat bongko. Ketupat bongko ini merupakan salah satu jenis ketupat yang dihidangkan dengan menggunakan sayur. Sayur yang dihidangkan bersama dengan ketupat sudah diasamkan terlebih dahulu. Hal ini menjadi ciri dan daya tarik tersendiri dari ketupat bongko tersebut.


Ketupat khas Betawi, ketupat bebanci

Hidangan ketupat lebaran selanjutnya yang akan kami rekomendasikan untuk bisnis kamu adalah ketupat dari Betawi. Ketupat dari Betawi ini memiliki nama yang cukup unik yaitu ketupat bebanci. Ketupat bebanci untuknya dihidangkan dengan bahan-bahan yang tidak biasa.

Cara menghidangkan ketupat ini adalah dengan menggunakan kuah santan yang sangat kental. Kuah tersebut dibuat dengan menggunakan banyak bumbu. Mulai dari bumbu bawang merah, bawang putih, cabai, kemiri dan juga rempah-rempah.

Ketupat ini biasanya memiliki isian daging sapi. Keseluruhan tampilan dari hidangan ketupat ini memiliki kemiripan dengan soto betawi dari segi tampilannya. Hal ini disebabkan karena kuah santan berisi daging sapi yang digunakan untuk kuah hidangan ketupat tersebut.


Ketupat Khas Solo, Ketupat cabuk rambak

Jenis ketupat ini tidak kalah unik. Hal ini disebabkan karena dalam hidangan ini ketupat cabuk rambak akan dipotong memanjang dan memiliki bentuk lebar. Ketupat ini kemudian dibumbui dengan bahan kacang pedas. Biasanya jenis ketupat ini memang tidak digunakan untuk ketupat lebaran tapi hanya digunakan untuk sajian sarapan. Jika kamu ingin memulai bisnis, jenis ketupat ini juga cocok karena rasanya yang unik dan enak.

Miko
Dengan tulisan, Miko bisa membagikan banyak hal positif. Berkontribusi dalam pengembangan pengetahuan para pembaca membuatku bahagia.

Langganan via Email​

Dapatkan Tips dan Berita Keuangan Gratis di Inbox Anda​