Home » Blog » Bisnis & UKM » Tips Memulai dan Mengembangkan Bisnis Martabak Kamu

Tips Memulai dan Mengembangkan Bisnis Martabak Kamu

·
4 menit

Siapa yang tidak kenal dengan kue martabak yang manis. Tentunya setiap orang mulai dari anak-anak hingga orang tua pasti mengenal roti martabak manis satu ini. Kue martabak manis merupakan salah satu kue yang memiliki banyak penggemar.

Rasa manisnya membuat kue martabak sangat digemari. Tampilannya yang menarik dengan adanya ragam inovasi rasa dan warna.

Tak heran banyak orang yang tertarik untuk memulai usaha martabak. Bahkan banyak public figure Indonesia yang tertarik menekuni usaha martabak satu ini.

Roti martabak manis merupakan salah satu makanan lezat untuk disantap bersama keluarga, sahabat atau sahabat.

Manisnya martabak yang gurih membuat suasana terasa hangat. Dari pinggir jalan hingga pusat perbelanjaan kota, kue ini bisa dibeli di banyak tempat.

Kelezatan martabak manis memang tak usah diragukan lagi. Antusiasme masyarakat terhadap martabak manis benar-benar membuat makanan ini semakin populer. Antusiasme ini bisa kamu jadikan sebagai peluang bisnis.

Industri kuliner martabak tidak akan pernah berakhir dan terus berkembang. Meski dikatakan bukan usaha baru, namun industri kuliner satu ini masih menjanjikan.

Potensi bisnis martabak manis memang sangat bagus dan memberikan prospek jangka panjang.

Tips memulai dan mengembangkan usaha martabak

Banyak para wirausahawan pemula merasa bingung harus mulai dari mana. Mereka tidak tahu bagaimana harus memulainya.

Untuk itu diperlukan strategi dan langkah yang tepat agar bisnis martabak yang dikembangkan dapat berkembang dan menghasilkan keuntungan. Ini adalah langkah sederhana untuk memulai dan mengembangkan bisnis martabak.

Persiapkan modal kamu

Langkah awal memulai bisnis martabak adalah menyiapkan dana yang cukup. Kekurangan dana saat menjalankan usaha dapat menghambat Kamu untuk mengembangkan usaha, seperti peningkatan kapasitas produksi, penambahan alat produksi dan biaya operasional lainnya.

Jika Kamu merasa kurang memiliki modal usaha yang cukup, mungkin Kamu bisa mempertimbangkan untuk mendapatkan pinjaman modal dari lembaga keuangan seperti KoinWorks, bank, koperasi, atau mencari investor.

Kamu juga bisa memilih kemitraan atau waralaba martabak yang kini tumbuh subur di seluruh pelosok negeri.

Waralaba biasanya menawarkan paket yang dapat dibeli oleh banyak pengusaha pemula. Kamu bisa memilih paket sesuai modal Kamu sendiri.

Beri ciri khas tersendiri

Dalam industri di bidang kuliner, mempunyai ciri khas tersendiri sangat penting bagi setiap pelaku bisnis. Berikan alasan mengapa orang harus membeli martabak Kamu.

Apa keunikan dan keunggulan martabak Kamu dibanding bisnis martabak lainnya. Ciri khas ini akan menjadi identitas dan alasan konsumen untuk membeli martabak yang Kamu sediakan.

Beri inovasi dan sentuhan modern

Inovasi dan kreasi sangat penting dalam dunia kuliner. Simak bagaimana bisnis martabak saat ini sukses dan dikenal masyarakat luas.

Salah satu kunci sukses mereka adalah berkreasi dan berinovasi dengan menampilkan konsep yang lebih modern.

Maka dari itu, usahakan agar bisnis martabak Kamu tetap mempunyai sentuhan modern dan mengikuti jaman. Misalnya, kemasan dibuat dengan gaya modern, menawarkan rasa atau topping popular, dan masih banyak ide lainnya.

Pemilihan lokasi strategis

Pemilihan lokasi merupakan salah satu hal penting yang harus diperhatikan dalam mengembangkan bisnis martabak. Pilih lokasi strategis yang nyaman untuk dikunjungi oleh calon pelanggan.

Selain lokasi, pelayanan juga harus diperhatikan. Cobalah untuk menyambut pelanggan potensial dengan tersenyum dan memberikan layanan yang memuaskan.

Kamu juga bisa menanyakan apa yang mereka butuhkan dan memberi mereka informasi detail tentang bisnis martabak Kamu.

Itulah beberapa tips yang harus dilakukan saat menjalankan bisnis martabak. Kamu bisa ikuti ragam tips usaha tersebut.

Penting juga mengetahui cara menarik pelanggan potensial untuk membeli produk martabak yang Kamu jual.

Tips menarik konsumen untuk membeli martabak kamu

Bisnis martabak merupakan salah satu usaha kuliner dengan target pasar yang cukup luas, mulai dari anak-anak hingga dewasa.

Untuk itu, diperlukan strategi yang efektif agar pelanggan tertarik dengan bisnis martabak yang Kamu buka. Kamu bisa simak ragam tipsnya di bawah ini.

Buat pelanggan percaya dengan bisnis kamu

Salah satu alasan sebagian orang membeli martabak adalah karena kelezatannya. Penggunaan bahan baku yang berkualitas merupakan salah satu faktor keberhasilan dalam pembuatan martabak.

Jika berhasil membuat martabak yang enak dan lezat, maka konsumen akan datang dengan sendirinya.

Jika konsumen sudah mengenal kelezatan martabak kamu, maka mereka akan memberikan rekomendasi kepada teman, kerabat dan keluarga untuk membeli martabak di tempat kamu.

Dengan cara ini, pelanggan Kamu akan meningkat dan kamu perlu mempertahankan kualitas.

Usahakan untuk menghindari penggunaan zat berbahaya untuk menjaga kepercayaan konsumen.

Hal tersebut karena sulit mendapatkan kepercayaan konsumen. Jangan sampai pelanggan keluar satu persatu hanya karena tidak percaya dengan kualitas martabak yang Kamu jual.

Berikan produk martabak yang inovatif

Sebagai salah satu peluang bisnis yang potensial, bisnis martabak memiliki banyak pesaing. Banyaknya toko retail martabak modern dan bisnis martabak dengan konsep waralaba bermunculan di berbagai daerah membuktikan bahwa memang bisnis kuliner satu ini sudah banyak peminatnya.

Jika kamu tidak bisa memberikan inovasi, hal ini bisa membuat para pembeli beralih ke kedai martabak lainnya karena mereka lebih unggul dalam inovasi.

Untuk menarik pelanggan baru dan mempertahankan pelanggan yang sudah ada, Kamu harus siap menjadi orang yang kreatif dan selalu berinovasi.

Kualitas pelayanan yang prima merupakan salah satu aspek penting dan etis yang harus dimiliki setiap pelaku usaha.

Jika pelayanan yang diberikan kurang baik, konsumen akan dengan mudah menarik diri dari bisnis martabak Kamu.

Oleh karena itu mulai sekarang, mulailah menumbuhkan gagasan bahwa konsumen adalah raja dan harus diperlakukan dengan baik.

Dengan cara ini, tidak hanya konsumen yang bertahan, tetapi juga calon konsumen baru akan mudah tertarik dengan bisnis martabak yang Kamu jual.

Salah satu cara untuk membangun hubungan baik dengan konsumen adalah dengan memberi reward atau diskon kepada pelanggan kamu yang sedang berulang tahun.

Hal tersebut pasti akan membangun hubungan yang baik antara Kamu dan konsumen, dan mereka juga merasa puas dengan perlakuan khusus ini.

Peluang bisnis martabak manis memang menjanjikan asalkan kamu terus berinovasi. Bisnis makanan martabak manis merupakan salah satu pilihan bisnis makanan ringan yang menjanjikan, dan banyak orang yang tertarik untuk melakukan bisnis ini.

Peluang memulai usaha martabak masih terbuka lebar dan sangat menguntungkan bagi siapa saja. Pada masa-masa awal menjual martabak manis, hindari mematok harga tinggi untuk mengejar laba.

Kamu bisa melihat para pesaing bisnis martabak lainnya. Berapa harga yang mereka tawarkan sesuai dengan topping.

Kamu bisa simak atau catat ragam tips di atas saat akan memulai bisnis martabak. Semoga rangkaian tips tersebut bisa membantu mengembangkan saat kamu memulai usaha martabak. Selamat mencoba dan selalu berikan yang terbaik.

Simulasi Pinjaman KoinWorks
Ketahui maksimum pinjaman dan cicilan per bulan
+62
Estimasi jumlah maksimum pinjaman

Rp

Estimasi cicilan bulanan
  • Tenor 6 bulan: Rp
  • Tenor 12 bulan: Rp
  • Tenor 24 bulan: Rp

Install aplikasi KoinWorks dan mulai ajukan pinjaman di KoinBisnis!

Ajukan Pinjaman Sekarang

Miko
Dengan tulisan, Miko bisa membagikan banyak hal positif. Berkontribusi dalam pengembangan pengetahuan para pembaca membuatku bahagia.

Langganan via Email​

Dapatkan Tips dan Berita Keuangan Gratis di Inbox Anda​