Home » Blog » Bisnis & UKM » Bagaimana Cara Berpenghasilan Lewat Fiverr? Cek Di sini Ulasannya

Bagaimana Cara Berpenghasilan Lewat Fiverr? Cek Di sini Ulasannya

·
4 menit
tips mendapat penghasilan di Fiverr

Jika kamu memiliki skill atau keahlian, kamu bisa mendapatkan uang tambahan dengan menggunakan Fiverr.

Apa itu Fiverr dan bagaimana cara berpenghasilan lewat Fiverr ini? Berikut ini adalah ulasannya.


Sekilas tentang Fiverr

Fiverr adalah sebuah website jual beli jasa digital. Website ini mempertemukan konsumen dengan seller sehingga jual beli bisa dilakukan.

Harga dari jasa online ini sangat beragam, mulai dari $5 dan bisa terus bertambah sesuai dengan kemampuan kamu.

Makin tinggi rating kamu tentu makin besar keuntungan bisa kamu dapatkan dari marketplace freelance ini.

Market ini ditemukan di tahun 2010 dan sudah sangat populer dalam pemasaran “gigs”, sebutan untuk layanan ditawarkan di Fiverr.

Bisa dikatakan Fiverr adalah salah satu website terbesar untuk menawarkan jasa freelancer terpercaya di dunia.

Jadi jika kamu memiliki keahlian tertentu, kamu bisa mendapatkan banyak cuan dari website ini.

Bahkan jika kamu fokus pada menjual jasa kamu secara online, kamu bisa mendapatkan banyak uang hanya dari rumah bahkan saat traveling.


Bagaimana cara kerja Fiverr?

Jika kamu tertarik untuk bekerja atau menjual jasa digital kamu di Fiverr, kamu harus tahu terlebih dahulu bahwa Fiverr adalah tempat untuk mencari pekerjaan layanan secara online.

Oleh karena itu, kamu harus tahu bahwa kamu harus memiliki kemampuan untuk bisa mendapatkan pekerjaan di Fiverr.

Contohnya jika kamu memiliki keahlian dalam membuat desain logo, membuat dan mendesain website atau bahkan undangan pernikahan.

Selain menjual jasa online, kamu juga bisa menggunakan kemampuan pembangunan strategi marketing online atau bahkan strategi manajemen manusia dengan akun Fiverr kamu.

Artinya apapun keahlian dan talenta kamu, Fiverr memberikan peluang untuk mempertemukan kamu dengan orang-orang yang membutuhkan jasa kamu di seluruh jagat online.

Dan lebih menarik lagi akan membuat kamu bisa mendapatkan uang selagi melakukan pekerjaan kesukaan kamu.


Pihak terlibat dalam Fiverr

Ya, kamu bisa mengerjakan hal menarik dan kamu sukai sambil mendapatkan dolar. Akan tetapi sebelum kamu tahu pekerjaan terbaik dari Fiverr ini, kamu harus tahu dahulu siapa saja terlibat dalam Fiverr.

  • Seller 

Salah satu pihak pengguna jasa Fiverr adalah seller. Seller adalah pihak pencari pekerjaan. Jika kamu  memiliki skill, kamu bisa menawarkan jasa kamu di Fiverr.

Dalam posisi ini kamu berada di posisi seller. Seorang seller bisa memberikan ragam layanan sesuai kemampuan dan keinginan.

Jika kamu menjadi seorang seller, kamu juga bisa menentukan jumlah uang bayaran kamu untuk jasa digital tersebut.

Bagi seorang seller, makin tinggi pengalaman dalam industri dan pengalaman di Fiverr akan menentukan level dan daya tariknya di dunia persaingan di Fiverr.

  • Buyer 

Nah, jika kamu masuk ke Fiverr untuk mendapatkan layanan, kamu akan disebut sebagai buyer. Buyer memiliki pekerjaan untuk ditawarkan di Fiverr.

Buyer adalah pihak yang akan membayar sejumlah uang jika pekerjaan mereka dikerjakan oleh seller.

Jenis dari buyer ini sangat beragam, ada yang merupakan seorang pebisnis, perusahaan atau bahkan orang secara individual.

Di Fiverr, buyer akan mempekerjakan seller untuk menyelesaikan pekerjaan mereka.

Dilihat dari pihak terlibat, Fiverr memanfaatkan komunikasi 2 arah, artinya buyer dan seller sama-sama memiliki kemungkinan besar untuk bisa bertemu melalui platform ini.

Baik seller maupun buyer bisa memilih sendiri pekerja dan pekerjaan untuk dikerjakan dan diselesaikan.

Ketika buyer dan seller bertemu pada requirement dan skill diharapkan dari masing-masing pihak,  keduanya bisa menentukan deal mengenai time frame, harga dan masih banyak lagi yang lainnya.

Setelah itu, jika kamu tertarik untuk dapatkan cuan tinggi dan berkarir di Fiverr, kamu bisa bekerja dengan keras untuk pekerjaan pertama kamu.


Cara memulai di Fiverr

Nah sampai di sini sudah tahu bukan bagaimana cara berpenghasilan lewat Fiverr ini? Nah dalam sub bab ini kamu akan belajar mengenai cara memulai atau cara bergabung dengan Fiverr untuk  mendapatkan cuan. Bagaimana caranya? Berikut ini adalah ulasannya.

  1. Registrasi 

Untuk mendapatkan uang dari Fiverr, hal pertama yang harus kamu lakukan adalah melakukan registrasi terlebih dahulu. Untuk bisa melakukan registrasi ini, mulailah dengan membuka akun baru dengan klik Join di https://www.fiverr.com/.

Kamu bisa memasukkan detail informasi kamu. Setelah selesai, kamu akan menerima email konfirmasi, untuk memastikan kamu mendaftar dengan email yang benar.

Jika sudah di konfirmasi, kamu bisa lanjut membuat profil pengguna.

  1. Buat profil seller 

Untuk kamu yang ingin mendapatkan pekerjaan dari Fiverr, setelah melakukan registrasi, kamu bisa mulai membuat profil seller di Fiverr.

Kamu wajib mencantumkan skill dan pencapaian kamu. Ini akan membantu kamu mendapatkan peluang lebih besar untuk dipilih dalam sebuah pekerjaan.

  1. Buat gig 

Jika kamu sudah membuat profil yang memiliki kesan “menjual” kamu bisa membuat gig untuk membagikan potensi kamu pada buyer.

Kamu bisa memasukkan informasi mengenai layanan, requirement, dan juga beberapa bayaran kamu dalam gig ini.


Membuat penawaran untuk buyer

Selain membuat promosi mengenai jasa dan layanan kamu. Cara lain yang bisa kamu lakukan untuk mendapatkan cuan dari Fiverr adalah dengan membuat penawaran ke seller.

Seller juga bisa melakukan  2 cara untuk  mendapatkan layanan dari buyer, yaitu mencari buyer dan juga membuat penawaran pekerjaan.

Sebagai seller, kamu bisa mencari layanan ini dan mengirimkan penawaran pengerjaan tugas dengan cara ini. Kamu juga bisa menentukan harga kamu dengan cara ini.


Pekerjaan di Fiverr dengan jumlah bayaran paling banyak

Kamu bisa mendapatkan lebih dari 200 tawaran pekerjaan dari Fiverr. Akan tetapi jika kamu memiliki skill, kamu bisa memilih salah satu dari 10 pekerjaan di Fiverr dengan bayaran tertinggi. Apa saja pekerjaan tersebut?

  • Membangun website 

Pekerjaan ini punya harga paling besar. Kamu bisa dapatkan $100 hingga $2.000 untuk pembuatan 1 website.

  • Desain grafis

Di Fiverr, sebagai desainer grafis, kemampuan desain kamu tidak akan dipandang sebelah mata, kamu bisa dapatkan $10 hingga $1.000 untuk tiap pekerjaan.

  • Copywriting

Jago menulis? $50 hingga $2.0000 bisa kamu kantongi dalam 1 waktu sekaligus.

  • Video marketing

Untuk kemampuan ini kamu akan dihargai dengan $100 hingga $10.000 tergantung kemampuan dan portfolio kamu.

  • Jasa translate

Punya kemampuan banyak bahasa? $100 hingga $1.000 bisa masuk kantong kamu dalam 1 gigs di Fiverr.

  • Marketing sosial media 

Punya kemampuan marketing sosial media juara? Kamu bisa mendapatkan bayaran $50 hingga $2500 untuk kemampuan marketing sosial media kamu ini.

  • Influencer marketing

Untuk kamu yang punya follower besar di sosial media, kamu bisa mendapatkan bayaran $10 hingga $1.000 untuk pekerjaan ini.

  • Voice over

Belakangan ini jadi salah satu gig paling populer di Fiverr. Kamu bisa dapat bayaran mulai rai $10 hingga $500

  • Pembuatan ilustrasi

Bagi kamu yang memiliki hobi membuat karikatur. Kamu bisa mendapatkan bayaran sebesar $10 hingga $300 untuk membuat ilustrasi di Fiverr.

  • Asisten virtual 

Kamu bisa mendapatkan bayaran dari $5 hingga $100 untuk  tiap gig.

 

Miko
Dengan tulisan, Miko bisa membagikan banyak hal positif. Berkontribusi dalam pengembangan pengetahuan para pembaca membuatku bahagia.

Langganan via Email​

Dapatkan Tips dan Berita Keuangan Gratis di Inbox Anda​