Home » Blog » Bisnis & UKM, Daily » Startup-startup Sukses yang Dibangun dari Ide Tak Masuk Akal

Startup-startup Sukses yang Dibangun dari Ide Tak Masuk Akal

·
4 menit
startup sukses yang dibangun dari ide tak masuk akal

Bisnis startup menjadi topik yang populer di kalangan anak muda saat ini. Terdapat banyak anak muda yang mulai berani untuk membuat suatu bisnis startup nya sendiri dan mengembangkannya menjadi bisnis yang semakin baik dengan idenya masing-masing.

Fenomena tersebut memunculkan berbagai kisah menarik dari suatu bisnis startup yang kini bisa menjadi sukses karena berawal dari ide-ide tidak masuk akal.

Kisah semacam itu pasti akan membuat kamu sebagai seseorang yang tertarik untuk menjalankan bisnis startup menjadi semakin semangat dalam menghadirkan terobosan dan ide-ide menarik lainnya.

Namun, sebelum mempelajari kisah dari bisnis startup tersebut, ada baiknya kamu memperdalam lebih lagi mengenai pengertian dari startup yang akan menjadi pembahasan pada poin berikut ini.


Pengertian Startup

Startup merupakan sebuah kata ganti dari perusahaan rintisan. Pengertian dari startup adalah sebuah perusahaan yang baru saja berdiri dan masih dalam tahap pengembangan.

Perusahaan semacam ini biasanya masih banyak melakukan riset terhadap pasar untuk menemukan lingkungan yang cocok dengan strategi bisnisnya

Perusahaan yang termasuk ke dalam startup biasanya selalu melakukan perubahan secara signifikan untuk menjadi startup yang sukses. Bahkan, perubahan yang tak masuk akal seringkali mereka lakukan demi mencapai hal ini pada startup mereka. 

Perubahan strategi yang terus terjadi itu biasanya memunculkan ide-ide atau gagasan perubahan yang unik dan tidak masuk akal. Maka dari itu, tidak jarang saat ini terdapat beberapa startup yang memiliki kisah sukses berawal dari ide tak masuk akal mereka.

Perusahaan jenis startup ini juga biasanya masih sangat berani untuk mengambil langkah terobosan baru karena apabila terjadi kegagalan, pemilik masih bisa memperbaikinya dengan mudah. Hal itu karena masih baru berdirinya startup ini sehingga sistemnya masih belum terlalu kompleks.


Kisah Startup Sukses yang Berawal dari Ide Tak Masuk Akal

Setelah mengetahui seperti apa itu perusahaan startup, sekarang saatnya kamu menyimak pembahasan intinya. Agar bisa memiliki startup yang sukses, kamu bisa mengambil pelajaran dari beberapa kisah startup sukses berikut ini.

1. Kisah Startup Sukses SayurBox

Kisah yang pertama datang dari sebuah startup yang fokus pada bidang penjualan bahan dan pangan yaitu SayurBox. SayurBox merupakan sebuah startup dengan ide tak masuk akal yang berawal dari permasalahan yang ada pada proses pendistribusian hasil usaha petani. 

Amanda Susianti, sebagai seorang CEO dari SayurBox mendapatkan ide untuk memecahkan permasalahan ini saat sedang iseng berkebun. Saat itu, ia menemukan suatu permasalahan di mana rantai distribusi hasil panen dari petani tidak memiliki akses langsung ke pasar. 

Berawal dari permasalahan tersebut, Amanda Susianti mencetuskan ide tak masuk akal yang unik. Ia memiliki ide untuk menyalurkan hasil panen dari petani agar bisa langsung sampai ke masyarakat.

Dengan begitu, masyarakat bisa langsung mendapatkan sayur yang masih segar dari petani dengan harga yang relatif murah daripada yang berada di supermarket.

Hal yang perlu kamu pelajari dari Amanda Susianti adalah permasalahan yang ia alami saat mendirikan startup yang satu ini. SayurBox sempat mengalami kondisi yang sangat kritis pada saat tahun 2017.

Saat itu, SayurBox mengalami kekurangan dana sehingga Amanda Susianti melakukan rapat untuk memutuskan apakah akan menutup startup ini atau mempertahankannya. 

Dengan begitu banyak pertimbangan, akhirnya ia memutuskan untuk tetap mempertahankannya. Hingga akhirnya pada sekitar satu tahun berikutnya, SayurBox mulai bangkit dan mulai banyak orderan yang masuk.

Lalu pada tahun 2020, orderan yang masuk menjadi semakin banyak karena pandemi yang saat ini melanda, membuat orang-orang menjadi lebih mengandalkan platform online seperti SayurBox untuk berbelanja kebutuhan sehari-hari.

Kondisi kritis yang hampir terjadi penutupan bisnis tersebut lah yang harus kamu perhatikan. Sebagai seorang yang ingin mendirikan startup dengan ide yang tak masuk akal dan unik juga baru, pasti akan sedikit investor yang tertarik untuk mendanai startup milikmu.

Maka dari itu, kamu harus mempertimbangkan dengan baik karena ide yang tak masuk akal dari startup mu, belum tentu bisa mendapatkan sambutan yang baik dari masyarakat maupun investor.

2. Kisah Startup Sukses Gojek

Kisah yang kedua berasal dari perusahaan Unicorn yang saat ini sudah menjadi perusahaan dengan perkembangan yang begitu cepat. Gojek merupakan startup yang dulunya memiliki ide tak masuk akal yang merupakan ide unik dari CEO-nya yaitu Nadiem Makarim.

Ide itu bermula dari permasalahan yang Nadiem temukan. Saat itu,  ia sering menggunakan jasa ojek pangkalan dulunya untuk menembus kemacetan di Jakarta.

Nadiem seringkali mendengarkan keluh kesah ojek pangkalan yang sangat sulit untuk mendapatkan pelanggan.

Bahkan ada tukang ojek pangkalan yang sudah berada di pangkalan dari pagi hingga sore tapi hanya mendapatkan empat pelanggan saja. Nadiem merasa prihatin atas hal ini.

Kemudian ia mengeluarkan ide tak masuk akal yang bisa memecahkan masalah ini. Terciptalah Gojek pada tahun 2011 yang awalnya hanya berupa call center.

Jadi, orang yang ingin menggunakan jasa ojek ini bisa menghubungi call center untuk kemudian pihak call center akan menghubungi setiap tukang ojek yang ada dan menentukan mana tukang ojek yang cocok untuk pelanggan satu ini.

Hal itu sangat tidak efektif, maka dari itu pada tahun 2015, Gojek menjadi layanan ojek online berbasis aplikasi.

Setiap orang bisa memesan ojek online melalui aplikasi kemudian tukang ojek tersebut bisa langsung datang ke orang yang melakukan pesanan. Hal ini juga merupakan pemanfaatan GPS yang Nadiem terapkan pada aplikasinya.

Kemudian hingga kini, Gojek sendiri selalu berkembang dan menghadirkan  startup dengan ide-ide tak masuk akal lain. Contohnya adalah semakin banyaknya fitur yang ada seperti Go-Food, Go-Send, Go-Shop, Go-Massage, dan lain sebagainya. 

Ide-ide tak masuk akal tersebut terus dikembangkan agar Gojek selalu memiliki keunikan tersendiri.

Dengan begitu, meskipun ide awal mula adanya startup ini mulai digunakan oleh kompetitornya, Gojek tetap bisa mempertahankan keunikannya sehingga tetap bisa menjadi pilihan utama bagi masyarakat.


Itulah Kisah Startup dengan Ide Tak Masuk Akal namun Berhasil Sukses

Sebagai seseorang yang ingin mendirikan startup, kamu harus bisa memetik pelajaran dari pengalaman yang ada. Kamu bisa mulai untuk mencari permasalahan di sekitarmu dan mencari solusinya.

Gunakanlah ide yang unik dan kreatif agar startup milik kamu bisa memiliki keunikan tersendiri. Hal ini akan membuat startup milikmu lebih mudah dikenali oleh masyarakat.

Namun, ide tak masuk akal dari startup yang baru berdiri seperti ini biasanya sulit untuk diterima oleh masyarakat luas.

Maka dari itu, kamu harus bisa membuatnya agar bisa mendapatkan sambutan yang baik. Selain itu, kamu juga harus tetap memiliki mental yang kuat agar bisa terus bertahan dari segala tantangan yang ada.

Simulasi Pendanaan KoinWorks
  • 1
  • 2
  • 3
  • 4
Ketahui profil risiko investasi Anda
Profil Risiko

Berdasarkan hasil profiling kami, maka risiko investasi yang cocok untuk Anda adalah dengan imbal hasil hingga .

Jumlah dan Jangka Waktu Investasi

Masukkan jumlah dan jangka waktu pendanaan untuk mensimulasikan diversifikasi dan imbal hasil yang akan kamu dapat.

Rp ,00
Rp ,00
Perkenalkan diri Anda

Kami akan memberikan informasi mengenai promo KoinWorks setiap bulannya ke email Anda.

+62
Rekomendasi Diversifikasi

Dengan modal awal Rp dan tambahan Rp tiap bulan, maka rekomendasi diversifikasimu adalah sebagai berikut:

Dana awal:
Tiap bulan:
Dana awal:
Tiap bulan:
Dana awal:
Tiap bulan:
Dana awal:
Tiap bulan:
Dana awal:
Tiap bulan:
Dana awal:
Tiap bulan:
Dana awal:
Tiap bulan:
Dana awal:
Tiap bulan:

Dengan imbal hasil sebesar per tahun, setelah tahun maka perkiraan pengembalian uangmu adalah sebagai berikut

Rp,-

Mulai Mendanai

Mulai lakukan pendanaan di aplikasi KoinWorks sekarang dan dapatkan gratis KOIN (dana percobaan) sebesar Rp350.000,- untuk Anda gunakan di KoinP2P

Install Aplikasi KoinWorks
Friska
Ketika banyak orang membutuhkan panduan dalam menyelesaikan masalah keuangan yang mereka hadapi, mereka sering mengalami kesulitan dalam mencari sumber/ saran terbaik. Karena itulah tulisan melalui artikel adalah hal yang menjadi passion bagiku karena akan membantu banyak orang yang mengalami kesulitan-kesulitan tersebut.

Langganan via Email​

Dapatkan Tips dan Berita Keuangan Gratis di Inbox Anda​