Di era digital, pemuda mempunyai wahana yang besar dan gratis untuk mengembangkan diri menjadi seseorang yang bermanfaat juga menggebrak dunia. di Indonesia kemudian bermunculan para start up muda yang berasal dari lokal daerah kemudian secara tidak disangka mereka bisa mendunia dan dikenal secara luas. Kali  ini akan disebutkan para start up lokal yang besar di dunia. Apa saja kegiatan mereka hingga bisa seperti sekarang.

Kebanyakan start up diawali oleh sebuah ide yang diremehkan. Bahkan orang orang sekitar menganggap ide tersebut adalah ide gila yang hanya akan menjadi sebuah mimpi yang takkan pernah terwujud. Respon seperti itu yang membuat pemuda kemudian menyerah. Namun pemuda pemuda berikut termasuk ke dalam pemuda pemuda yang keras kepala yang ingin mewujudkan mimpinya dengan cara apapun yang mereka bisa. Bahkan pada akhirnya mereka berhasil untuk mendapatkan pendanaan dari luar negeri, menembus ide dunia dan mendapatkan penghargaan yang bergengsi yang tidak semua orang bisa mendapatkannya

Go – Jek.

Perusahaan yang sudah beroperasi sejak tahun 2011 ini mampu menggunakan internet dan layanan call center untuk semua bisnis yang dijalankannya. Sang pasukan hijau ini diinisiasi oleh seseorang yang bernama Nadirm Makarim yang merupakan warga yang berasal dari Pekalongan. Dia adalah lulusan Master of Bussiness Administration Harvard University. Go Jek mampu menjadi pemimlin ojek online di Indonesia meskipun banyak sekali saingan yang lain yang ingin mendapatkan keuntungan yang sama seperti Go Jek. Ada banyak fitur yang diberikan oleh Go Jek bahkan semakin hari semakin bertambah. Jokowi pun membawa start up lokal ini di Silicon Valley hingga akhirnya berhasil mendspatkan pendanaan dari luar negeri dengan jumlah yang cukup banyak.

Kaskus

Ide pembuatan Kaskus atau Kasak Kusuk diawali oleh tiga orang sahabat bernama Andre Darwis, Ronald dan Budi dimana mereka sedang belajar di Seattle amerika yang selalu mengalami homesick. Mereka pun kemudian membuat forum khusus berita Indonesia yang diterjemahkan di akhir tahun 1999. Sekarang Kaskus menjadi website komunitas yang di dalamnya banyak pengguna yang aktif membuat thread. Penghargaan pun banyak diterima oleh Kaskus diantaranya sebagai The Best Innovation in Marketing dan The Best Market Driving Company oleh Marketing Magazine. Oleh Mark Plus Inc kaskus mendapatkan penghargaan seperti The Greatest Brand of the Decade.

Tokopedia

Start up lokal lainnya yaitu Tokopedia yang sempat diremehkan oleh orang orang sekitarnya. William Tanuwijaya dianggap mempunyai impian yang terlalu tinggi. Namun nyatanya kini Tokopedia bisa menjadi market place yang dicari oleh banyak orang. Peluncuran tokopedia berawal di tahun 2009 kemudian menjadi pemimpin e commerce di Indonesia. tokopedia terus menerus mendapatkan pendanaan setiap tahun dimana ada investor besar dunia seperti Softbank dan Sequoia yang memberikan modal sebesar 1.2 triliun selama 6 tahun berdiri.

Kakatu

76 persen anak sekolah yang ada di jenjang sekolag dasar kelas 4 hingga kelas 6 ternyata sudah pernah melihat pornografi. Ini tidak aneh karena penggunaan internet di seluruh Indonesia didominasi oleh remaja. Kemudian munculan Kakatu, sebuah start up dari Bandung sejak tahun 2014 yang membuat sebuah aplikasi yang bernama Parental Control. Aplikasi ini berguna untuk melakukan seleksi dan membatasi juga mengawasi apa saja yang boleh diakses oleh anak. CEO, Robi Tanzil Ganepi kemudian berhasil.membawa start up ini mendunia karena berhasil melakukan kerja sama dengan Samsung Galaxy Tab 3V dimana aplikasi Kakatu ini banyak digunalan oleh orang tua yang ingin anaknya menggunakan gadget dengan sebuah batasan yang sudah ditentukan.

Sekarang ini banyak bermunculan start up lokal dengan ide kreatif yang memungkinkan mereka bisa menembus pasar dunia. Indonesia mempunyai banyak pemuda berbakat yang akan meneruskan generasi menjadi generasi yang lebih baik namun karena belum difasilitasi dengan baik, maka mereka lebih cenderung menjadi diam dan kemudian hilang kreatifitas mereka. Pemuda yang mempunyai keinginan lebih lah yang kemudian akan maju dan mendapatkan tempat terbaik di depan pemuda yang lainnya. Inovasi dan kreatifitas wajib dimiliki oleh pemuda supaya bisa bersaing di pasar dunia dengan ide ide terbaik yang berbeda dengan yang lainnya.


Simulasi Pinjaman Modal Usaha

Jumlah Pinjaman

Suku Bunga/Tahun (% APR)

Jangka Waktu (Tahun)


Hasil
Bunga Pinjaman
Pokok + Bunga

Cicilan Bulanan:

Syarat Pengajuan Pinjaman di KoinWorks


Download Aplikasi KoinWorks

apple app store iosgoogle play store android app

TINGGALKAN KOMENTAR

Please enter your comment!
Please enter your name here

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.