Home » Blog » Bisnis & UKM » 3 Cara Jitu Promosi Produk Melalui Majalah Komunitas

3 Cara Jitu Promosi Produk Melalui Majalah Komunitas

·
3 menit
kampanye kreatif - komunitas keanggotaan audiens ramai - komunitas bisnis terbesar di Indonesia - Tips Memenangkan Persaingan di Red Ocean

Ada banyak cara untuk meningkatkan penjualan produk Anda. Salah satunya adalah dengan melakukan kegiatan promosi di majalah. Majalah, walau saat ini pamornya mulai meredup dikarenakan adanya informasi atau yang bisa diakses secara online, bukan berarti pamornya sudah mati. Perusahaan majalah saat ini memang sedang bekerja sangat keras agar tetap eksis dan bersaing dengan informasi di dunia maya atau internet. Ada yang mencari pinjaman guna melakukan invoasi-inovasi baru seperti meluncurkan majalah online.

Tapi salah satu kelebihan yang pasti dari majalah adalah kesetiaan pelanggannya dan juga pelanggannya sudah spesifik. Misal, majalah tentang masakan tentu targetnya hanya pada koki atau ibu rumah tangga. Majalah komunitas juga pelanggannya hanya komunitas tertentu. Oleh sebab itu, melakukan promosi di majalah masih terkategori strategi marketing yang menjanjikan. Jika Anda ingin melakukan promosi di majalah komunitas, perhatikan 3 cara jitu berikut ini.

 Pastikan Komunitas Memiliki Kesamaan Dengan Produk Anda

Akan lucu jadinya ketika Anda mempromosikan produk berupa alat-alat listrik di majalah komunitas yang fokus pada pembahasan makanan. Akan lucu juga ketika promosi bahan-bahan makanan di majalah komunitas motor. Nah, disinilah pentingnya marketing di majalah komunitas. Anda akan mendapatkan segmen pasar yang tepat, tetap dan pastinya akan menjanjikan. Hal yang pertama harus Anda lakukan adalah memilih majalah komunitas yang tepat yang memiliki kesamaan dengan produk yang Anda jual.

Jadi, ketika Anda memiliki produk alat-alat olahraga, maka Anda bisa melakukan promosi di majalah komunitas olahraga yang menggunakan alat-alat tersebut. Begitu juga ketika Anda ingin menjual produk yang berhubungan dengan komunitas sepeda motor dari mulai kaos, jaket, sepatu, helm dan aksesoris lainnya, akan sangat tepat sekali ketika Anda promosikan produk Anda di majalah komunitas motor. Bahkan, dengan cara ini Anda akan mendapatkan pelanggan baru yang lebih banyak lagi.

Pastikan desain iklan dan kualitas produk seimbang

Ingat, ketika Anda melakukan promosi di majalah komunitas, tentunya Anda berharap untuk mendapatkan pelanggan setia dari komunitas tersebut. Pastinya, Anda harus bisa menarik perhatian mereka dengan membuat konten iklan yang berhubungan dengan aktifitas para anggota komunitas tersebut. Hal ini juga merupakan dukungan bagi komunitas tersebut. Karena iklan di majalah mengandalkan tampilan visual, maka dibutuhkan gambar dengan arti atau tema yang kuat, kualitas yang tinggi serta tampilan yang mudah diingat.

Anda akan membutuhkan seorang desainer iklan disini. Sebagai contoh, ketika Anda ingin mengiklankan produk Anda yang berhubungan dengan komunitas sepeda motor, maka Anda bisa menampilkan iklan dengan sosok pria yang tangguh, terlihat gagah, kuat dan sangat berkarisma dengan produk yang Anda jual seperti jaket, sepatu, kaos, helm dan lain sebagainya. Harapannya, para pembaca majalah komunitas tersebut akan mudah tersentuh dan tertarik karena tema atau karakter yang ada di dalam iklan sama dengan karakter mereka.

Jangan lupa untuk memastikan produk yang Anda jual memiliki kualitas yang tinggi bahkan lebih tinggi dari pada apa yang Anda tampilkan di dalam iklan. Jika kualitas gambar di iklan memperlihatkan kualitas produk yang tinggi tapi pada kenyataannya produk memiliki kualitas yang rendah maka bisa dipastikan para pembaca atau anggota komunitas tersebut akan kecewa bahkan bisa saja melapor kepada pihak redaksi majalah untuk mem-blacklist iklan atau produk Anda.

Lakukan promosi secara terus menerus tapi bervariasi

Ini yang tidak diketahui banyak pelaku bisnis ketika melakukan promosi. Promosi yang dilakukan secara terus menerus akan menciptakan kesan yang kuat dalam ingatan. Bahkan, dalam majalah komunitas, produk yang dipromosikan secara continue ini akan lebih dihargai karena sudah menjadi sponsor rutin bagi komunitas mereka. Wajar jika anggota komunitas ini akan lebih setia dan mendukung dengan membeli produk-produk dalam iklan tersebut. Jangan lupa untuk selalu melakukan inovasi iklan agar tidak membosankan.

Mulai sekarang, yakinkan untuk beriklan di majalah komunitas. Majalah komunitas memiliki pelanggan yang berupa anggota komunitas tersebut dimana mereka cenderung menjadi pelanggan yang setia. Bisa saja Anda akan mencari pinjaman untuk memulai beriklan di majalah komunitas setelah membaca ini.

Langganan via Email​

Dapatkan Tips dan Berita Keuangan Gratis di Inbox Anda​

Pinjaman bisnis sd 2M dapat CASHBACK GOPAY s/d Rp 9,9 Juta, Sikaaat