Memanfaatkan Google Plus Communities Untuk Bisnis UKM – Penggunaan sosial media untuk membangun suatu bisnis termasuk bisnis memang bukan hanya sebagian dari strategi investasi melainkan juga bagian dari strategi marketing dan kesuksesan.

Google Plus atau ditulis Google+ atau disingkat G+ bukan hanya sekedar sosial media yang masih tergolong baru namun juga merupakan sarana yang bisa dimanfaatkan untuk mendongkrak popularitas serta keuntungan yang lebih besar lagi bagi para pelaku bisnis UKM.

Baca Juga: Begini Cara Pebisnis Pemula Menghilangkan Keraguan dalam Berbisnis

Dengan menggunakan Google Plus ini, maka bisnis Anda bisa dengan mudah dilacak mesin pencari Google karena Google Plus sudah memiliki fitur SEO.

Oleh sebab itu, jika akun Google Plus Anda sudah memiliki banyak teman atau follower, akun tersebut akan dengan mudah terpampang di halaman mesin pencari Google.

Tentu, hal ini akan terjadi ketika seorang pengguna internet memasukkan keyword yang berhubungan dengan bisnis Anda.

Baca Juga: Bosan Jadi Pegawai Kantor? Resign Saja dan Jalankan 5 Bisnis Ini

Jika Anda belum familiar dengan Google Plus, cobalah untuk membuat dan mengeksplor Google Plus communities untuk memajukan bisnis Anda. Berikut beberapa kelebihan Google Plus communities:

Memanfaatkan Google Plus Communities Untuk Bisnis UKM

  • Konten akan terlihat di mesin pencari Google bahkan bisa saja berada di halaman pertama dan di urutan pertama. Hal ini karena banyak pengguna internet yang menggunakan mesin pencari google walau browser atau peramban yang digunakan bisa berbeda. Asalkan konten bagus, sesuai dengan tema bisnis Anda, maka bisnis atau toko online Anda akan lebih mudah dikenal di dunia nyata.
  • Ketika Anda memposting suatu tulisan ke G+, maka Anda bisa menggunakan alamat URL yang tertera di atas halaman utama. Alamat URL ini bisa disebar sebagai langkah mendapatkan pelanggan baru. Alamat URL ini juga bisa dicopy dan pastekan di tempat lain seperti Facebook dan Twitter guna mendapatkan keuntungan yang lebih tinggi lagi. Menyebar alamat URL juga termasuk bagian dari marketing online.
  • Google Plus Communities memiliki tipe komunitas yang dibangun sendiri atau orang lain yang bisa dibuat sesuai dengan bisnis yang Anda bangun. Jadi Anda bisa bergabung dengan komunitas bisnis tertentu yang sudah ada atau membuat komunitas baru. Koimunitas ini nantinya bisa terus berkembang bahkan jumlah anggotanya semakin banyak pula. Jadi, manfaatkan fitur komunitas di akun g+ Anda.
  • Dokumentasi Konten. Sama dengan pebisnis online pada umumnya bahwa apa yang dilakukan di dunia maya, jangan sampai lupa bahwa konten tulisan merupakan raja dari sebuah situs atau halaman sosial media Anda. Semakin baik konten maka akan semakin mudah terdeteksi oleh mesin pencari Google. Oleh sebab itu, konten harus dibuat secara maksimal dan serius.
  • Manfaatkan fitur ‘discuss’ bersama teman yang sudah menjadi teman di g+ Anda. Fitur discuss ini juga menyediakan sarana bagi setiap pebisnis untuk share atau hanya sekedar membahas event bisnis atau lainnya. Disini, semakin banyak anggotanya, maka akan semakin meriah.
  • Manfaatkan anggota Google Plus Communities sebagai tim bisnis atau partner Anda. Jadi, anggota communities bisa menjadi agen atau rekan bisnis dan partner Anda. Artinya, communities juga bisa menjadi target dari srategi marketing. Memang hal ini menarik lantaran banyak yang anggota komunitas yang ingin mencari info dan peluang usaha juga.
  • Mengavaluasi jumlah jangkauan komunitas bisnis Anda. Ya benar, g+ communities bisa digunakan sebagai area untuk mengevaluasi para member komunitas yang ada. Disini Anda masih memiliki banyak kesempatan untuk melihat anggota komunitas serta melihat jangkuan dari komunitas bisnis yang Anda buat.
  • Manfaatkan fitur Google Plus Communities. Ada banyak fitur yang terdapat di g+ communities sehingga tampilan halaman atau home g+ communities Anda semakin menarik. selain itu ada banyak fitur lain seperti untuk menutup komentar dengan setting tertentu sesuai dengan apa yang ingin Anda dapatkan.
  • Bangun hubungan antar komunitas. Mempelajari serta membangun hubungan komunitas Anda dan berbagi dengan komunitas lain tentu menjadi langkah yang tepat. Anda akan mengetahui komunitas lain pula. Antar komunitas bisa memiliki informasi yang berbeda dan saling mengenal adalah cara yang baik untuk bersaing.

Jadi, apapun strategi investasi yang ingin Anda lakukan, cobalah membuat akun g+ communities untuk memaksimalkan bisnis Anda agar lebih diterima banyak orang. G+ Communities memang memiliki banyak kelebihan.


Simulasi Pinjaman Modal Usaha

Jumlah Pinjaman

Suku Bunga/Tahun (% APR)

Jangka Waktu (Tahun)


Hasil
Bunga Pinjaman
Pokok + Bunga

Cicilan Bulanan:

Syarat Pengajuan Pinjaman di KoinWorks


Download Aplikasi KoinWorks

apple app store iosgoogle play store android app

TINGGALKAN KOMENTAR

Please enter your comment!
Please enter your name here

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.