Home » Blog » Bisnis & UKM » Mencari Pinjaman Uang? Berikut Cara yang Bisa Anda Tempuh

Mencari Pinjaman Uang? Berikut Cara yang Bisa Anda Tempuh

·
3 menit
8 Penyebab Melemahnya Nilai Mata Uang Rupiah Terhadap Dollar USA dan Mata Uang Lain

Ketika keadaan mendesak dan di mana kita membutuhkan dana, mencari pinjaman dalam bentuk uang adalah mungkin menjadi satu-satunya cara yang bisa kita gunakan untuk menutupi kebutuhan kita. Banyak kebutuhan yang mendorong kita untuk melakukan pinjaman dalam bentuk uang ini, seperti kebutuhan mendadak ketika salah satu dari anggota keluarga sakit, butuh modal untuk memajukan usaha, biaya pendidikan, dan masih banyak lagi faktor lainnya yang membuat kita mengajukan pinjaman.

Banyak pilihan yang bisa Anda tempuh untuk mencari pinjaman uang ini, dari saudara dekat hingga lembaga keuangan mandiri yang memberikan Anda pilihan peminjaman yang menawarkan kemudahan, dari suku bunga hingga syarat yang mudah dan proses pencairan yang juga cepat. Di manakah seharusnya Anda meminjam uang? Berikut ulasannya.

Saudara atau Rekan Kerja

Saudara atau rekan kerja masih menjadi pilihan yang populer bagi Anda untuk mendapatkan pinjaman uang dengan cara mudah. Sebelum Anda mengikatkan diri Anda pada lembaga keuangan peminjaman uang, maka Anda bisa mencoba opsi ini terlebih dahulu. Biasanya, saudara atau rekan kerja lebih mengerti akan kebutuhan Anda dan keadaan Anda, sehingga biasanya meminjam uang pada saudara atau rekan kerja Anda akan menjadi mudah, tanpa syarat dan juga bunga.

Tentunya keluarga atau rekan kerja Anda akan bisa lebih memahami kondisi Anda ketika belum bisa melunasi pinjaman sesuai dengan waktu yang dijanjikan, karena kegagalan bisnis atau juga hambatan lainnya. Keluarga atau rekan kerja Anda tidak akan memaksa Anda secara kasar seperti rentenir yang sedang menagih hutang. Namun ini bukan berarti bisa Anda gunakan dan manfaatkan untuk bersantai-santai dalam melunasi pinjaman. Anda harus mencari cara lain dan jalan lain untuk tetap bisa melunasi pinjaman dan lebih baik kembalikan pada tepat waktu. Tunjukkan kesungguhan Anda untuk melunasi pinjaman tersebut secepatnya.

Agar menghindari terjadinya kesalahpahaman di akan datang, maka perlakukan urusan pinjam-meminjam ini secara obyektif mungkin. Diskusikan syarat dan ketentuan pinjaman yang diberikan kepada Anda, lalu kemudian buat perjanjian tertulisnya. Perjanjian tertulis ini harus berisi tentang informasi yang telah disetujui oleh kedua belah pihak baik pemberi pinjaman dan juga penerima pinjaman, tanggal jatuh tempo, metode pembayaran dan juga jika perlu, bubuhkan sanksi jika terlambat melunasi pinjaman tersebut. Meskipun dalam praktiknya penerapan sanksi ini tidak setegas debt collector atau juga rentenir. Perjanjian tertulis seperti ini dapat menyelamatkan hubungan Anda, keluarga dan rekan kerja Anda ke depannya. Perlu diingat, hutang yang tidak berhasil terbayar kan dapat merusak hubungan kekeluargaan dan juga hubungan pertemanan.

Lembaga Keuangan

Tempat lain yang bisa Anda jadikan rujukan untuk mencari pinjaman adalah lembaga keuangan seperti Koperasi, Pegadaian dan juga Bank. Ketiga lembaga ini masih menjadi pilihan sebagian besar masyarakat di seluruh Indonesia, karena lembaga seperti Bank dan juga koperasi lebih memberikan banyak kemudahan bagi para nasabahnya untuk mendapatkan pinjaman berupa uang. Sebelum menentukan pilihan lembaga keuangan seperti bank dan koperasi, sebaiknya Anda harus mencari informasi sebanyak-banyaknya dan juga serinci-rincinya mengenai bank dan koperasi tersebut. Mulai dari besarnya bunga, tenor pinjaman, besarnya penalti jika Anda ingin melunasi pinjaman Anda dengan cepat.

Mencari pinjaman pada lembaga seperti bank dan koperasi memang tidak seberat ketika kita mengembalikannya, ditambah lagi ketika kita harus mengembalikan sejumlah bunga yang harus dibayarkan setiap bulan. Pinjaman di bank dan koperasi bisa dicairkan kapan saja, asal Anda mematuhi semua prosedur dan syarat-syaratnya. Sebelum mengajukan permohonan pinjaman, sebaiknya Anda harus memperhatikan hal berikut ini:

  • Jangan terlalu berlebihan, artinya bahwa jangan pernah nekat untuk mengajukan pinjaman yang melebihi kebutuhan Anda. Jangan tergiur dengan tawaran pinjaman yang besar, perlu diingat, semua uang itu bukan milik Anda dan Anda memiliki kewajiban di dalamnya beserta bunga.
  • Rencanakan Pembayaran, ini artinya sebelum Anda mengajukan pinjaman kepada bank atau koperasi, maka rencanakan terlebih dahulu bagaimana cara Anda membayarnya, dari sumber mana untuk membayar hutang tersebut dan juga bagaimana sistem pembayarannya di kemudian hari. Tentunya ini dapat menghindarkan Anda dari masalah finansial di kemudian hari

 

Simulasi Pinjaman KoinWorks
Ketahui maksimum pinjaman dan cicilan per bulan
+62
Estimasi jumlah maksimum pinjaman

Rp

Estimasi cicilan bulanan
  • Tenor 6 bulan: Rp
  • Tenor 12 bulan: Rp
  • Tenor 24 bulan: Rp

Install aplikasi KoinWorks dan mulai ajukan pinjaman di KoinBisnis!

Ajukan Pinjaman Sekarang

Jonathan
Head of Marketing at KoinWorks

Langganan via Email​

Dapatkan Tips dan Berita Keuangan Gratis di Inbox Anda​