Ini Pentingnya Mengelola Arus Kas Bisnis Anda Dari Sekarang Memperbaiki dan meningkatkan arus kas merupakan langkah yang sangat penting bagi setiap bisnis.

Seberapapun pentingnya model bisnis Anda, seberapapun profit yang didapatkan, dan seberapapun jumlah investor yang menjadi penopang pendanaan perusahaan, bisnis Anda tidak akan bisa selamat bila tidak mampu mengelola arus kas perusahaan.

Sebuah studi mengungkapkan bahwa sekitar 82% bisnis gagal bertahan karena pengelolaan arus kas perusahaan yang ‘tidak beres’.

Baca Juga: 5 Kesalahan Bisnis yang Harus Dihindari Para Pebisnis UKM

Bila Anda sedang mencari aspek penting mana yang harus difokuskan dan memiliki pengaruh besar terhadap bisnis, arus kas perusahaanlah jawabannya.

Bisnis yang sudah maju biasanya memiliki budget lebih sebagai penopang untuk membantu mereka menghadapi goncangan kekurangan modal.

Bisnis yang sedang berkembang biasanya tidak seperti itu karena bila pun memiliki budget lebih, mereka biasanya menginvestasikan kembali budget tersebut ke hal lain sehingga tidak punya cadangan sebagai penopang.

Baca Juga: 3 Tahapan Sebelum Melakukan Ekspansi Bisnis

Seiring berjalannya waktu, ada saja kebutuhan mendadak yang harus dipenuhi oleh sebuah perusahaan sehingga bisa mengganggu arus kas. Bila tidak dikelola dengan baik tentu akan merusak budget untuk kebutuhan lainnya.

Pentingnya Memperhatikan Arus Kas Bisnis Anda dari Sekarang

arus kas - keuangan bisnis - cashflow perusahaan

Meskipun kelihatannya sepele, namun ada banyak manfaat bila Anda tetap memprioritaskan pengelolaan arus kas bisnis yang efektif untuk perusahaan Anda.

1. Memprediksi Shortfall

Shortfall merupakan kondisi di mana realisasi anggaran lebih rendah dibandingkan target yang sebelumnya ditetapkan, atau terkadang juga disamakan dengan defisit anggaran.

Bila Anda mampu mengelola arus kas bisnis dengan baik, salah satu manfaat menjaga arus kas adalah Anda bisa memprediksi datangnya shortfall.

Baca Juga: Agar Keuangan Tetap Terkendali, Coba 5 Aplikasi Pengelola Keuangan Ini

Dengan sistem pengelolaan yang baik, Anda bisa memprediksinya lebih dini bahkan berbulan-bulan sebelum shortfall benar-benar terjadi.

2. Menghindari Frustrasi

Salah satu pentingnya mengelola arus kas bisnis adalah demi menghindari frustrasi yang sebetulnya tidak perlu terjadi. Percaya atau tidak, memberikan perhatian lebih pada arus kas bisnis akan mengurangi stres.

Kegelisahan yang sering dialami oleh pengusaha biasanya adalah mengeluarkan uang untuk membayar tagihan tanpa tahu apa yang sedang terjadi (dengan arus kas bisnis), dan khawatir apakah yang dikerjakannya akan membuahkan hasil atau tidak.

Baca Juga: 6 Ide Bisnis di tahun 2017 yang Bisa Diaplikasikan di Pasar Online

Pastinya, akan lebih baik bila Anda sudah tahu betul bagaimana pergerakan arus kas bisnis Anda, apalagi bila Anda sudah memiliki cadangannya, sehingga apapun yang terjadi, paling tidak Anda bisa menghadapinya.

3. Tahu Kapan Saatnya Berkembang

Bila Anda mengelola dan memperhatikan arus kas bisnis dengan baik, Anda pun nantinya tahu kapan saatnya bisnis Anda harus berkembang, misalnya, berekspansi.

Umpamanya, meskipun Anda memiliki uang sebesar Rp 2 miliar di bank, belum tentu Anda bisa menggunakannya untuk keperluan tertentu.

Baca Juga: Cara Menggunakan Cross-Selling Dan Upselling Untuk Memaksimalkan Penjualan Online

Dengan menganalisa arus kas bisnis, Anda akan tahu kapan saatnya untuk menyimpannya sebagai dana darurat, kapan saatnya digunakan untuk keperluan operasional, dan kapan saatnya Anda harus mengeluarkannya untuk mengekspansi bisnis.

4. Meningkatkan Kepercayaan Perusahaan

Arus kas bisnis yang baik juga mampu meningkatkan reputasi perusahaan di hadapan investor maupun institusi permodalan.

Contoh bila terjadi shortfall dan Anda membutuhkan pinjaman modal usaha, katakanlah dari pinjaman bank atau pinjaman bisnis KoinWorks, arus kas yang baik akan meningkatkan kepercayaan dan mampu mendorong Anda untuk mendapatkannya.

5. Lebih Akurat

Arus kas bisnis biasanya lebih akurat ketimbang budget. Budget digunakan untuk sesuatu yang akan terjadi sesuai keinginan Anda, sedangkan arus kas memberitahu Anda apa yang sekarang ini sedang terjadi sehingga urusan apa yang harus Anda hadapi.

Baca Juga: Agar Arus Kas Bisnis Tidak Terganggu, Berikut 5 Tips Mengelola Arus Kas Bisnis Anda

Jadi, bila Anda berharap untuk terus bisa mengembangkan bisnis, berpeganglah pada pergerakan arus kas bisnis Anda karena apa yang Anda dapatkan akan selalu lebih akurat bila dikelola dengan baik.

Jadi, jangan selalu berfokus untuk mengejar profit karena arus kas bisnis merupakan satu elemen yang perlu mendapatkan tempat sebagai salah satu prioritas Anda dalam mengembangkan bisnis.

Baca Juga: 5 Alasan Kenapa Bisnis Anda Membutuhkan Pinjaman Modal Usaha

Pentingnya mengelola arus kas bisnis bahkan mendorong pemilik usaha untuk mencari cara demi menyegarkan pergerakannya lewat pinjaman dan lebih spesifik lagi yakni pinjaman modal usaha, seperti yang disediakan KoinWorks lewat KoinBisnis, kerap menjadi jawaban demi memperlancar maupun menyegarkan kembali arus kas mereka.


Ajukan Pinjaman



There are currently no comments.

Apa Komentar Anda?