5 Alasan Kenapa Bisnis Anda Membutuhkan Pinjaman Modal Usaha – Berbisnis di era sekarang ini sepertinya sudah menjadi gaya hidup.

Siapapun bisa saja memulai bisnis, terutama karena potensi internet yang bisa menjadi pasar maha dahsyat dan mencakup lebih banyak pelanggan potensial.

Baca Juga: Women Entrepreneur: 5 Tantangan Kewirausahaan bagi Wanita

Namun, tak lazim bila kita sesumbar berkata bahwa mengembangkan bisnis tidak membutuhkan modal.

Tergantung visi sang pengusaha, setiap pelaku bisnis pasti ingin agar bisnisnya semakin berkembang dan terus konsisten dengan dorongan penjualan. Oleh karena itu, modal usaha pasti akan dibutuhkan. Mungkin Anda pernah mendengar pepatah, “Anda harus mengeluarkan uang untuk mendapatkan uang.”

Baca Juga: Agar Keuangan Tetap Terkendali, Coba 5 Aplikasi Pengelola Keuangan Ini

Bila dipandang dari segi bisnis, hal itu mutlak benar. Sebab, sekecil apapun uang yang Anda keluarkan, itu sudah bisa dikatakan sebagai modal. Semakin besar bisnis Anda, semakin deras modal yang dibutuhkan untuk terus mengembangkannya.

Meski Anda sejauh ini sudah berhasil memiliki bisnis yang tengah berjalan dengan modal sendiri, ada saat di mana Anda membutuhkan modal tambahan untuk konsisten mengembangkannya, terutama dengan adanya pinjaman modal usaha. Mari kita bahas lebih dalam.

Mengapa Bisnis Anda Membutuhkan Pinjaman Modal Usaha?

kembangkan bisnis online dengan pinjaman modal usaha koinworks koinbisnis

1. Ekspansi Bisnis

Bila Anda memiliki target untuk mengekspansi bisnis, maka modal usaha harus disiapkan untuk diinvestasikan pada segala keperluan ekspansi bisnis Anda.

Apabila penjualan meningkat drastis, konsisten mengembangkan dan mengekspansi bisnis dapat membantu memastikan agar keuntungan yang Anda dapatkan tidak mengerut.

Baca Juga: 6 Kesalahan yang Sering Dilakukan Wanita dalam Mengatur Keuangan

Ekspansi bisnis akan membutuhkan modal yang tidak sedikit untuk berbagai keperluan dalam prosesnya, sebut saja pemasaran, kantor atau gudang inventaris baru, renovasi, rekrut karyawan baru, dan sebagainya.

Uang kas yang kini Anda miliki sekarang mungkin belum cukup untuk melakukannya, karena Anda tentu harus membedakan mana uang untuk keperluan operasional dan keperluan ekspansi. Di tahap ini, Anda sudah seharusnya mendapatkan pinjaman modal usaha.

Baca Juga: 5+ Cara Menghemat Biaya Hidup Agar Keuangan Bisa Selamat

Pinjaman modal usaha yang Anda dapatkan dapat menutup segala biaya yang dibutuhkan tanpa harus menguras biaya operasional dalam anggaran belanja Anda.

Selalu ada kesempatan untuk mengekspansi bisnis, dan tentu saja modal usaha dibutuhkan dalam prosesnya. Semakin berkembangnya bisnis, semakin besar pula biaya operasional dan biaya lain yang dibutuhkan.

2. Inventaris

Mungkin, investaris produk adalah salah satu hal yang paling rumit untuk dikelola saat menjalankan bisnis. Permintaan pasar yang luas dari pelanggan antusias Anda akan terus berdatangan ke toko online Anda, sehingga konsisten memaintain invetaris produk menjadi solusi utama.

Baca Juga: Apa itu Debt Stacking dan Bagaimana Cara Menerapkannya?

Anda harus mengimbangi kebutuhan dengan ketersediaan agar setiap permintaan untuk suatu produk bisa dilayani dengan ketersediaannya. Dengan begitu, penjualan dan arus kas bisnis Anda pun berjalan lancar.

Sebaliknya, apabila permintaan pasar tidak bisa diimbangi dengan ketersediaan produk, pelanggan Anda perlahan akan berpindah haluan dan mencari produk yang sama di tempat lain, sehingga Anda berangsur-angsur akan kehilangan pelanggan.

Baca Juga: Apa itu Debt Snowball dan Bagaimana Cara Menerapkannya dengan Baik?

Pinjaman modal usaha akan memainkan peran yang sangat penting soal ini. Terutama apabila Anda masih harus menunggu waktu yang lama agar anggaran belanja untuk biaya operasional dan peningkatan inventaris bisa dipisahkan dan masing-masing terpenuhi.

Juga, bisnis Anda mungkin mengalami peningkatan penjualan yang tajam dari biasanya di waktu-waktu tertentu, dan apabila inventaris produk Anda tidak siap menghadapinya, pelanggan potensial toko Anda bisa-bisa kabur ke pesaing.

Baca Juga: Bagaimana P2P Fintech Lending Mampu Memberdayakan Masyarakat?

Adanya pinjaman modal usaha tentu bisa membantu Anda untuk melakukan re-stock produk secara rutin, sehingga tidak ada lagi kata Stok Habis.

3. Menjaga Arus Kas

Terutama bagi bisnis kecil, menjaga arus kas merupakan sebuah kendala terbesar dan masalah yang harus ditangani seturut perkembangannya.

Arus kas bisa bertahan sebagai sebuah masalah terutama ketika produk di inventaris Anda belum laku terjual sepenuhnya, sementara Anda harus mengikuti tren terkini menyoal produk terbaru, membayar gaji karyawan, tagihan listrik dan internet, dan biaya-biaya lain.

Baca Juga: Mendorong Perekonomian Indonesia dengan P2P Lending

Apabila produk belum laku terjual sepenuhnya sementara ada biaya yang harus ditutupi, maka sudah saatnya Anda mengajukan pinjaman bisnis untuk memperlancar arus kas.

Pinjaman jangka pendek seperti yang ditawarkan KoinWorks lewat KoinBisnis mampu menjadi solusi yang tepat, apalagi proses pinjamannya pun mudah dan cepat.

Baca Juga: Tips Mengelola Pinjaman Agar Bisa Tepat Sasaran Sesuai Tujuan

Juga, ada kalanya Anda membutuhkan dana untuk kampanye pemasaran, bayar sewa gudang, hingga re-stock barang sementara pemasukan baru bisa didapat sebulan lagi. Pinjaman modal usaha akan sangat berguna untuk menyegarkan arus kas bisnis Anda.

4. Merawat dan Memperluas Peralatan/Perlengkapan

Setiap bisnis membutuhkan peralatan untuk dapat berjalan dengan lebih optimal, dan bisnis Anda pun demikian. Misalnya, Anda membutuhkan mesin jahit baru atau mesin coklat baru karena meningkatnya permintaan pasar.

Atau mungkin inventaris barang semakin banyak sehingga perlu menyewa gudang baru. Di satu sisi, biaya perbaikan peralatan juga harus masuk ke dalam pertimbangan.

Baca Juga: Cara Mengajukan Pinjaman Bisnis di KoinWorks

Untuk menjaganya, pinjaman modal usaha bisa menjadi alternatif yang paling tepat untuk membeli peralatan maupun perlengkapan demi mendongkrak aktivitas bisnis Anda.

5. Persiapan

Pinjaman modal usaha bisa menjadi ‘pegangan’ untuk menyiapkan bisnis Anda terhadap perubahan tren, sebagai dana darurat bila sesuatu yang buruk terjadi, keperluan untuk mencoba model bisnis baru, dan lain sebagainya.

Alur bisnis, masalahnya, terkadang tidak bisa diprediksi, sehingga ketersediaan dana akan sangat membantu dengan hadirnya pinjaman modal bisnis sebagai pegangan.

Mendapatkan Pinjaman Modal Usaha dari KoinWorks

KoinWorks memiliki beragam misi sosial dalam operasional bisnisnya. Membantu memajukan perekonomian Indonesia lewat perkembangan bisnis UMKM merupakan salah satunya.

KoinWorks sangat mengapresiasi minat usaha yang kini marak di tengah masyarakat, apalagi semakin maraknya pelaku UMKM yang mulai memanfaatkan teknologi informasi sebagai pasarnya.

Baca Juga: Borrower Story: Kisah Dedy Irawan Bersama Jaxine Sprei and Bedcover

Untuk itu, pelaku bisnis UMKM seperti Anda dapat mengajukan pinjaman modal usaha mulai dari Rp 10.000.000 hingga Rp 500.000.000 dengan berbagai kelebihan antara lain:

1. Prosesnya Mudah

Ajukan pinjaman secara online sepenuhnya, bahkan bisa dilakukan dari rumah tanpa harus mendatangi kantor KoinWorks.

Baca Juga: Cara Mengajukan Pinjaman di KoinWorks dan Tips Agar Pinjaman Disetujui

Seluruh pinjaman di KoinWorks, terutama pinjaman bisnis, tidak mengharuskan Anda untuk mengagunkan aset Anda (pinjaman tanpa jaminan/agunan), sehingga Anda akan sangat terbantu untuk mendapatkan akses terhadap keuangan yang nantinya akan sangat besar pengaruhnya.

2. Prosesnya Cepat

Lengkapi seluruh dokumen sebelum mendaftar dan cairkan dana pinjaman yang Anda ajukan hanya dalam 2-3 hari kerja. Semakin lengkap data Anda maka akan semakin cepat prosesnya.

Selama proses pendaftaran, Anda bisa meminta bantuan ke tim support KoinWorks.

3. Bunga Rendah

Bunga yang dikenakan sangat terjangkau, yakni hanya 0,75% – 1,67% perbulan. Biaya dan bunga hanya akan dikenakan apabila pinjaman yang Anda ajukan disetujui dan dicairkan.

4. Fleksibel dan Pelunasan Lebih Awal

Rentang tenor mulai dari 6 bulan, 12, 18, hingga 24 bulan dan tidak ada biaya penalti apapun untuk pelunasan lebih awal.

Contoh Kasus:

Anda meminjam sebesar Rp 450.000.000 dengan tenor 12 bulan. Pinjaman tersebut digunakan untuk mengembangkan bisnis.

Kemudian, penjualan Anda meningkat dan bisa melunasi seluruh pinjaman di bulan ke-8. Anda bisa melunasi seluruh pinjaman di bulan ke-8 dan tidak dikenakan biaya apapun.

Setelah pinjaman Anda terlunasi, Anda dapat mengajukan pinjaman kembali kapanpun setelahnya.

5. Cashback hingga Rp 2.500.000

cashback koinworks lazada

Khusus untuk Seller Lazada, dapatkan pinjaman dengan plafond Rp 10 juta hingga Rp 500 juta dan dapatkan cashback hingga Rp 2.500.000 khusus pinjaman yang dicairkan di bulan Maret 2017.

Baca selengkapnya bagi Seller Lazada

Dengan pinjaman modal usaha yang terjangkau dan mudah, keuntungan pun akan semakin berlimpah. Ajukan pinjaman di KoinWorks sekarang!


Ajukan Pinjaman


 


Simulasi Pinjaman Modal Usaha

Jumlah Pinjaman

Suku Bunga/Tahun (% APR)

Jangka Waktu (Tahun)


Hasil
Bunga Pinjaman
Pokok + Bunga

Cicilan Bulanan:

Syarat Pengajuan Pinjaman di KoinWorks



Hitung Efek Compounding Investasi Anda

Investasi Awal:
Investasi Bulanan:
Suku Bunga per Tahun (%):
Jangka Waktu (Tahun):



Total Investasi:
Future Value:
Bunga Keuntungan:
Daftar Dapat 150.000

(*) KOIN, Khusus Pendaftar Baru


Download Aplikasi KoinWorks

apple app store iosgoogle play store android app

3 KOMENTAR

TINGGALKAN KOMENTAR

Please enter your comment!
Please enter your name here

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.