Home » Blog » Bisnis & UKM, Daily » Tips Melakukan Survey untuk Memahami Konsumen Bisnis Minuman

Tips Melakukan Survey untuk Memahami Konsumen Bisnis Minuman

·
3 menit
inilah cara-cara memahami konsumen bisnis minuman dengan survey pasar

Ada banyak hal dasar yang kamu perlu siapkan bila kamu memiliki bisnis minuman. Yang pertama harus kamu miliki adalah modal.

Selain itu, kamu perlu pelajari cara bisnis minuman berjalan. Memahami konsumen dalam bisnis minuman memang hal yang sekilas terdengar sulit, tetapi ketika kamu bisa melihat pasarnya akan menjadi hal yang mudah.

Untuk memahami konsumen dalam sebuah pasar, kamu harus mengetahui apa yang diperlukan oleh konsumen tersebut. Kamu bisa melakukan riset untuk membantu diri kamu mengetahui apa yang konsumen suka atau tidak.

Selain itu, kamu juga harus mengetahui hal apa yang sudah tidak menjadi bahasan utama atau apa yang sedang dibahas oleh masyarakat.

Tentunya untuk mendapat konsumen yang berumur muda dan senang jajan, kamu harus mengetahui apa yang mereka sukai secara umum.

Tidak ada salahnya untuk melakukan riset kecil untuk target segmen dengan batasan umur tertentu.

Misalkan, kamu bisa memilih jangka umur 20 hingga 30. Kamu bisa melakukan riset tentang jenis minuman apa yang mereka suka.

Teknik riset menggunakan survei ini dapat sangat membantu kamu dalam menemukan apa yang konsumen perlukan dan butuhkan.

Kamu bisa melihat dari segenap sampel yang kamu dapatkan dan mengetahui mayoritas dari sampel yang kamu dapatkan akan memilih minuman berjenis apa.

Tentunya kamu bisa menggunakan sampel lebih luas agar semakin akurat.


Melakukan Survey Pasar

Sebelum kamu melakukan bisnis minuman dan memahami konsumen dalam bisnis minuman ini, kamu harus tahu terlebih dahulu secara spesifik produk apa yang akan kamu jual.

Tentunya, seperti yang sudah kita bahas sebelumnya kamu bisa menggunakan teknik riset survey pasar dalam menemukan ketertarikan konsumen secara mayoritas. Kamu bisa melakukan survey ini secara random atau secara acak. 

Pelanggan menjadi kunci dari kesuksesan bisnis. Yang perlu kamu lakukan adalah bertanya apa yang mereka sukai.

Dalam kasus ini, kamu harus bertanya kepada calon konsumen yang akan kamu miliki kira-kira produk minuman seperti apa yang akan mereka cari.

Gunakan Target Segmen

Dengan melakukan survey yang spesifik, kamu bisa mempersingkat waktu yang akan kamu keluarkan dengan mengetahui terlebih dahulu apa yang konsumen inginkan untuk mereka beli.

Sebagai pemilik bisnis minuman, kamu harus mempersempit segmen pasar yang akan kamu incar. Semakin spesifik target segmen untuk survey yang akan kamu lakukan akan semakin baik.

Kamu juga bisa menggunakan survey pasar ini untuk melihat apakah target segmen yang kamu incar akan sesuai dengan apa yang akan kamu jual.

Ketika kamu ingin menjual minuman, kamu harus mengetahui kepada konsumen mana minuman tersebut akan kamu jual, apakah remaja yang ingin bersantai di sebuah kedai atau orang dewasa sedang bekerja dan membutuhkan minuman.

Pastikan Produk yang Kamu Jual Bisa Bersaing

Kamu harus mengecek jenis minuman apa yang akan konsumen suka sebelum kamu menentukkan jenis minuman yang akan kamu jual.

Kamu harus mengetahui apakah konsumen yang kamu incar akan mempunyai opsi selain brand yang kamu miliki. Sangat penting untuk mengetahui pesaing bisnis dalam bisnis minuman. 

Sebagai pemilik bisnis, kamu harus tahu apakah jenis minuman yang akan kamu jual mempunyai saingan bisnis.

Kamu juga harus cukup sadar bahwa dengan saingan bisnis yang kamu punya, hal apa yang bisa membuat calon konsumen kamu pertimbangkan untuk membeli produk dari bisnismu selain saingan yang kamu miliki.

Sebarkan Survey Seluas Mungkin

Ketika kamu akan memulai survey pasar terhadap bisnis minuman kamu, kamu harus mendapatkan jawaban dari berbagai macam responden ataupun karakteristik yang ada.

Kamu bisa mendapatkan semua jenis responden pada media sosial. Kamu bisa menggunakan media sosial untuk menyebarkan survey yang kamu lakukan.

Segmentasi Pasar

Setelah mendapatkan jawaban dari apa yang kamu cari, kamu bisa menentukan produk yang akan kamu jual.

Dari survey yang kamu lakukan, kamu bisa mendapatkan jawaban dari jenis minuman apa yang akan kamu jual nantinya.

Setelah itu, kamu bisa melihat dengan jenis minuman yang akan kamu beli, kamu harus lebih condong melakukan approach ke pasar mana.

Brand Positioning

Setelah kamu mengetahui berbagai karakteristik dari target segmen yang akan kamu lakukan, kamu bisa melakukan brand positioning. Misalnya, kamu mendapatkan jawaban kamu akan menjual thai tea yang akan banyak konsumen dari kalangan anak muda konsumsi.

Maka, kamu harus membuat brand minuman yang kamu buat sebagai minuman dengan image konsumen muda. 

Kamu bisa membuat bahwa segmen pasar kamu ini memiliki keterikatan emosional terhadap produk minuman yang kamu jual.

Misalkan produk susu Milo yang sangat erat dengan cara iklannya menggunakan atlet. Dengan begitu, Milo sudah dikenal oleh konsumen sebagai susu yang dibuat untuk meningkatkan stamina para atlet.

Evaluasi Konsumen

Apa yang membuat perusahaan dapat disukai oleh pelanggan? Apa yang membuat pelanggan begitu loyal terhadap brand yang mereka pilih?

Salah satunya adalah karena brand besar yang bisa mendapatkan loyalitas konsumen selalu mendengarkan konsumennya dan melakukan improvisasi dari strategi marketing yang mereka lakukan.

Kamu bisa melihat bagaimana brand besar selalu mempunyai fitur feedback untuk setiap keluhan konsumennya. Hal tersebut yang membuat brand besar melakukan evaluasi terhadap produknya.


Itulah penjelasan soal memahami konsumen bisnis minuman melalui strategi survey pasar.

Semoga artikel ini berguna!

Simulasi Pinjaman KoinWorks
Ketahui maksimum pinjaman dan cicilan per bulan
+62
Estimasi jumlah maksimum pinjaman

Rp

Estimasi cicilan bulanan
  • Tenor 6 bulan: Rp
  • Tenor 12 bulan: Rp
  • Tenor 24 bulan: Rp

Install aplikasi KoinWorks dan mulai ajukan pinjaman di KoinBisnis!

Ajukan Pinjaman Sekarang

Friska
Ketika banyak orang membutuhkan panduan dalam menyelesaikan masalah keuangan yang mereka hadapi, mereka sering mengalami kesulitan dalam mencari sumber/ saran terbaik. Karena itulah tulisan melalui artikel adalah hal yang menjadi passion bagiku karena akan membantu banyak orang yang mengalami kesulitan-kesulitan tersebut.

Langganan via Email​

Dapatkan Tips dan Berita Keuangan Gratis di Inbox Anda​