Bagi orang Indonesia, berbicara soal investasi masih merupakan hal tabu. Mengapa? Paradigma orang Indonesia bahwa setelah lulus sekolah harus kuliah dan setelah lulus kuliah harus menjadi pegawai masih sangat kental. Investasi masih sebatas bahan pembicaraan dalam mata kuliah pelajaran ekonomi dengan minim realisasi. Namun, dengan semakin berkembangnya jaman dan cepatnya pertumbuhan teknologi, saat ini banyak masyarakat Indonesia yang mulai paham akan pentingnya investasi.

Tahukan Anda bahwa investasi itu penting? Kebanyakan orang Indonesia menganggap investasi itu sebagai produk finansial sampingan yang tidak memerlukan perhatian khusus. Mereka hanya fokus pada apa yang mereka kerjakan sekarang, menerima gaji bulanan, membayar tagihan, bersenang-senang sedikit dan menabung untuk hari tua. Sebenarnya, menabung juga sudah bisa dianggap investasi namun masih dalam skala kecil. Jadi jika Anda sudah sadar akan pentingnya menabung, setidaknya Anda sudah sedikit mengerti apa pentingnya sebuah nilai investasi.

Apa sih yang sebenarnya paling ditakutkan oleh orang Indonesia ketika berbicara soal investasi? Takut rugi, takut ditipu dan banyak lagi ketakutan lainnya. Memang benar, keuntungan yang didapat dari sebuah investasi akan berbanding lurus dengan risikonya. Semakin besar sebuah investasi semakin besar pula risiko, sebagai contoh ya seperti menabung di bank. Dengan bunga kecil maka semakin kecil pula risikonya.

Hanya saja jika Anda terus bermain dengan investasi berisiko kecil maka kapan juga Anda akan mendapatkan untung besarnya dan kapan Anda akan majunya? Sebenarnya ada satu jenis investasi yang sudah cukup banyak ditekuni oleh banyak orang Indonesia dan cukup populer walaupun hanya dikalangan tertentu yang sudah benar-benar menyadari apa itu pentingnya investasi. Yaitu investasi Reksadana.

Apa itu investasi reksadana?

Secara umum investasi reksadana berarti kumpulan nilai investasi dari beberapa investor yang dihimpun secara khusus oleh seorang manajer investasi atau sebuah perusahaan manajemen investasi untuk kemudian diinvestasi ke beberapa instrumen investasi. Adapun yang dimaksud dengan instrument investasi adalah seperti pasar uang, saham, obligasi dan lain sebagainya.

Lalu, apa keuntungan dari sebuah investasi reksadana?

Adapun keuntungan dari investasi reksadana adalah sebagai berikut:

  • Bisa diikuti oleh orang perorang ataupun institusi.
  • Tidak memerlukan modal yang besar terutama jika Anda yang masih cukup awam dalam hal dunia investasi. Memulai investasi reksadana dengan modal kecil tetap bisa dilakukan.
  • Banyak pilihan instrumen investasi yang bisa Anda pilih. Selain itu Anda juga bisa mendiskusikan ketertarikan Anda dengan manajer investasi Anda secara langsung mengenai pilihan investasi yang paling ingin Anda geluti.
  • Tersedia pilihan investasi berkala. Dengan kata lain, sebagai pemula dan jika masih cukup ragu, jangan pilih investasi jangka panjang tapi cukup pilih investasi berkala yang paling cocok dan sesuai dengan kondisi dan keinginan Anda.
  • Sangat direkomendasikan bagi Anda yang masih baru dalam dunia investasi. Dengan didampingi oleh seorang manajer investasi profesional Anda bisa bertanya dan sekaligus bertanya banyak hal tentang investasi.

Apakah Reksadana Berisiko?

Semua jenis investasi tentunya memiliki risiko namun besar kecilnya itu yang relatif. Di investasi reksadana sendiri risiko yang sering dihadapi justru dipengaruhi faktor external seperti:

  • Kondisi pasar

Kondisi pasar sangat berpengaruh pada reksadana namun kembali lagi tergantung jenis instrumen investasi apa yang Anda pilih. Sebagai contoh, jika Anda memilih pasar saham sebagai instrumen investasi maka Anda akan mendapatkan dampak terbesar jika terjadi perubahan tren pada kondisi pasar yang biasanya dipengaruhi oleh beberapa hal seperti situasi politik dan ekonomi yang memburuk.

  • Risiko likuiditas

Biasanya hal-hal yang menyebabkan terjadinya likuiditas adalah hal-hal yang memang sudah di luar kendali oleh pihak manajer investasi.

  • Penurunan NAB atau Nilai Aktifa Bersih

Situasi ini terjadi saat harga pasar terhadap instrumen investasi yang Anda pilih mengalami penurunan dibandingkan dengan harga beli di awal.

Yang paling penting yang perlu Anda ingat ketika memutuskan untuk berinvestasi lewat reksadana adalah memilih perusahaan manajemen investasi yang memang sudah memiliki reputasi dan tentunya diakui oleh Otoritas Jasa Keuangan di Indonesia untuk menjamin legalitas dan keamanan investasi Anda.


Hitung Efek Compounding Investasi Anda

Investasi Awal:
Investasi Bulanan:
Suku Bunga per Tahun (%):
Jangka Waktu (Tahun):



Total Investasi:
Future Value:
Bunga Keuntungan:
Daftar Dapat 150.000

(*) KOIN, Khusus Pendaftar Baru


Download Aplikasi KoinWorks

apple app store iosgoogle play store android app

TINGGALKAN KOMENTAR

Please enter your comment!
Please enter your name here

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.