Home Daily 12 Negara dengan Biaya Termurah yang Memungkinkan Kamu Kuliah...

12 Negara dengan Biaya Termurah yang Memungkinkan Kamu Kuliah di Luar Negeri

•

12 Negara dengan Biaya Termurah yang Memungkinkan Kamu Kuliah di Luar Negeri – Setiap orang memiliki keinginan untuk bersekolah di luar negeri, melanjutkan diploma, sarjana, magister, atau bahkan profesor.

Tapi, pasti banyak alasan yang mengurungkan niat kamu untuk mewujudkannya. Mulai dari biaya hidup yang mahal, sewa rumah yang jauh dari kata murah, hingga ketidakcukupan budget kamu secara pribadi.

Melanjutkan sekolah di luar negeri bisa kamu lakukan dengan berbagai cara, menggunakan akses beasiswa atau memanfaatkan pinjaman dana dari KoinPintar persembahan KoinWorks.

Kamu bisa meminjam dana pendidikan di KoinPintar mulai dari Rp10 juta – Rp2 miliar dengan tenor 3-10 tahun. Perusahaan fintech Peer-to-Peer Lending KoinWorks ini sudah berizin resmi dan diawasi langsung oleh Otoritas Jasa Keuangan (OJK), jadi kamu tidak perlu khawatir dengan keamanannya.

Kalau begitu, untuk membantu meyakinkan bahwa “kamu bisa kok kuliah di luar negeri”, coba lihat beberapa negara dengan biaya termurah di bawah ini!


12 Negara dengan Biaya Termurah yang Memungkinkan Kamu Kuliah di Luar Negeri

1
Daftar Negara dengan Biaya Termurah

Luar Negeri

Berikut ini adalah daftar 12 negara dengan biaya termurah versi KoinWorks yang membuat kamu bisa melanjutkan kuliah di luar negeri.

1. Argentina

Di Argentina, transportasi umum dipatok dengan tarif yang sangat murah yaitu kurang dari $1. Sedangkan untuk biaya makan, kamu bisa mengeluarkan uang sekitar $7 untuk sekali makan.

Biaya sewa satu kamar apartemen sebagai tempat tinggal kamu ketika berada di negara ini masih terjangkau, kok, yaitu kurang dari $300. Jika kamu cerdas, kamu bisa menyiapkan $800 untuk biaya hidup di Argentina atau setara dengan Rp11.040.000 setiap bulannya.

2. Costa Rica

Bagi kamu yang tertarik dengan jurusan lingkungan atau alam, Costa Rica adalah pilihan negara yang tepat untuk kamu singgahi. Biaya hidup di sini memang tidak terlalu murah, tapi Costa Rica menawarkan kualitas yang sangat baik dengan harga yang wajar.

Sewa apartemen di negara ini berharga sekitar $400/bulan, sedangkan untuk biaya makan mematok harga kira-kira $7 untuk sekali makan. Jika dihitung-hitung, untuk tinggal di negara ini kamu perlu menyiapkan kurang lebih $1500 per bulan atau setara dengan Rp20.700.000.

3. Mexico

Banyak siswa yang melanjutkan sekolah mereka di Mexico demi mengasah keterampilan bahasa Spayol mereka. Mexico dikenal dengan biaya yang cukup rendah, walaupun tidak terlalu murah.

Siapkan saja biaya sekitar $300 untuk menyewa apartemen dan kurang lebih $5 untuk mengenyangkan perut dalam sekali makan. Jika dihitung secara kasar, kamu bisa saja menyediakan uang sebanyak-banyaknya $1000 atau setara dengan Rp13.800.000 per bulan. Rasanya itu sudah lebih dari cukup.

4. Peru

Selain travelling, Peru dijadikan wishlist negara untuk disinggahi sambil mengenyam pendidikan karena negara ini banyak menyimpan sejarah menarik tentang kehidupan manusia dan alam. Wah, menarik ya!

Sewa tempat tinggal di Peru bisa sampai $250 untuk apartemen satu kamar, tapi jika di pusat kota sewanya akan naik sampai $500 untuk apartemen kecil. Sementara itu, kamu hanya perlu merogoh kocek kurang dari $3 untuk setiap kali makan.

Sediakan saja budget sekitar $650 setiap bulannya, dalam rupiah jumlahnya hanya mencapai Rp8.970.000. Bahkan, kamu bisa lebih hemat dengan menekan pengeluaran lainnya.

5. Vietnam

Kamu sedang mencari negara yang bisa dijadikan study abroad di wilayah Asia Tenggara? Vietnam bisa nih jadi pilihan kamu. Biaya hidup di Vietnam masih tergolong murah dan cocok di kantong mahasiswa.

Di kota besar di Vietnam, kamu bisa tinggal di apartemen sederhana dengan harga sewa $400 per bulan. Cukup merogoh kocek kurang dari $5, kamu bisa makan makanan lokal dari Vietnam.

Dengan budget $1200 atau setara dengan Rp16.560.000, kamu sudah bisa memenuhi kebutuhan hidup kamu setiap bulannya saat tinggal di negara ini.

6. Thailand

Di Thailand, kamu bisa mendapatkan biaya hidup yang rendah apabila kamu pandai mengatur keuangan.

Apartemen di kota-kota besar, seperti Bangkok, harganya berkisar $600. Tapi, kamu bisa kok menemukan sewa apartemen yang jauh lebih murah seharga $200 – $300 walaupun lebih kecil dan tidak berada di pusat kota.

Terlepas dari sewa hunian, biaya transportasi dan biaya makan juga masih sangat terjangkau, yaitu $2 untuk makanan dan kurang dari $1 untuk setiap angkutan umum yang kamu tumpangi. Sehingga jika ditotalkan, biaya hidup di Thailand hanya berkisar $700 atau sejumlah Rp9.660.000.

7. Malaysia

Selain Vietnam dan Thailand, negara di Asia Tenggara yang dapat menjadi tempat tujuan kamu melanjutkan pendidikan yaitu Malaysia. Negara ini adalah negara paling dekat dengan Indonesia.

Malaysia menawarkan biaya hidup yang rendah bagi mahasiswa pendatang dari luar negaranya. Harga sewa apartemen sederhana hanya berkisar $350, dan kamu hanya butuh $5 untuk mengenyangkan perut kamu dalam sekali makan.

Totalnya, biaya hidup di Malaysia mencapai $1100 per bulan yaitu setara dengan Rp15.180.000. Itu nominal yang sekiranya perlu kamu siapkan ketika memutuskan tinggal di negara ini.

8. Portugal

Banyak orang mengatakan, mudah sekali jatuh cinta dengan Portugal. Di samping pemandangan kota yang hangat dan pantai yang indah, negara ini sering menjadi pusat liburan karena sangat ramah anggaran.

Sewa apartemen di Portugal berkisar $400 per bulan. Namun, harganya akan lebih tinggi jika apartemen tersebut berada di kota-kota besar. Untuk masalah perut, kamu bisa merogoh kocek kurang dari $10 untuk satu kali makan. Tapi kamu bisa menekan pengeluaran tersebut dengan membeli bahan-bahan dasar makanan yang lebih terjangkau.

Kamu bisa kok bertahan dengan budget $800 (Rp11.040.000) setiap bulan, tapi kalau bisa selalu sediakan budget lebih ya saat berencana tinggal di negeri orang!

9. Taiwan

Bila kamu pergi ke pasar malam yang ada di Taiwan, kamu akan menemukan banyak panganan enak yang bisa memanjakan lidah kamu setelah pusing berkutat dengan tumpukan buku di kampus.

Sewa apartemen di Taiwan memiliki kisaran harga $400 – $500 untuk satu kamar sederhana. Sedangkan untuk hidangan lokal, kamu hanya perlu menyiapkan uang $3 – $4 untuk satu kali makan. Budget setiap bulan jika kamu melanjutkan pendidikan di Taiwan yaitu sekitar $1200 atau kurang lebih Rp16.560.000.

10. India

Sampai saat ini, banyak orang yang tertarik untuk terbang ke India untuk mengenyam pendidikan yang lebih tinggi. Itu semua karena budaya India yang cukup unik untuk diketahui dan dipelajari. Selain itu, biaya hidup di negara ini juga lumayan terjangkau.

Bayangkan, kamu bisa tinggal di apartemen dengan harga sewa $200 (tidak berlaku di kota-kota besar yang harga sewanya bisa 3x lipat lebih mahal). Kamu juga bisa menyediakan kurang dari $4 untuk satu menu makanan sehari-hari dan sekitar $0,30 untuk biaya transportasi umum.

Rasanya $500 per bulan (setara dengan Rp6.900.000) cukup untuk menjadi pegangan kamu selama kamu menjalani perkuliahan di India. Hemat budget bukan?

11. Greece

Greece merupakan salah satu negara yang juga menawarkan biaya hidup rendah, tidak kalah dengan negara tetangga di Eropa lainnya.

Harga sewa tempat tinggal bisa sampai $200, adapula yang $500, tergantung lokasi dan usia apartemen yang kamu minati. Makanannya memang sedikit lebih mahal yaitu mencapai $10 untuk setiap menu, tapi harga tersebut diimbangi dengan rasa yang sangat lezat di setiap gigitan.

Jika ditotalkan, $600 cukup untuk biaya hidup kamu dalam sebulan di Greece. Dalam hitungan rupiah, jumlahnya menjadi Rp8.280.000. Bagaimana? Tertarik kuliah di Greece?

12. Jerman

Terakhir, Jerman. Negara ini termasuk negara yang dianggap tepat untuk menjadi melanjutkan studi. Sebagian besar kampus di Jerman hanya membebankan sedikit biaya kuliah, atau bahkan tidak sama sekali, kepada mahasiswa yang berkuliah di universitas negeri.

Di negara ini, biaya hidup agak sedikit mahal. Sewa apartemen saja sampai $900, lokasinya terletak di pusat kota, sih. Sementara untuk makanan, harganya berkisar $12. Untungnya, kamu dapat menghemat lebih banyak karena kamu tidak perlu lagi memikirkan biaya kuliah di samping biaya hidup kamu.

Perlu diperhatikan, perhitungan di atas sifatnya hanya ‘perkiraan’ bukan perhitungan asli. Selain itu, perhitungan di atas belum termasuk biaya kuliah, lho. Jadi hitung kembali dengan baik ya!


2
Kiat Sukses Agar Bisa Kuliah di Luar Negeri

persiapan studi di luar negeri

Tidak berhenti sampai sini saja, KoinWorks juga mempunyai kiat-kiat sukses agar kamu bisa kuliah di luar negeri. Yuk simak!

  • Cari beasiswa sebanyak-banyaknya, dan daftarkan diri kamu sekarang juga. Kamu juga harus sabar ya, karena prosesnya tidak sebentar.
  • Perhatikan nilai tukar mata uang antara negara asal kamu dengan negara tujuan kamu. Kamu bisa memilih negara mana yang tidak membebankan kamu, dari sisi nilai mata uang.
  • Tabung uang kamu lebih awal. Walaupun kamu memiliki anggaran, kamu juga harus menabung untuk keperluan mendadak di masa mendatang yang tidak bisa kamu prediksi. Kecuali kamu memutuskan sambil bekerja, itu akan membuatmu lebih tenang.
  • Selalu buat anggaran biaya secara rutin. Kamu bisa menekan pengeluaran kamu dengan mudah apabila memiliki catatan anggaran biaya selama kamu kuliah di luar negeri.

Nah, itu dia beberapa negara dengan biaya hidup termurah serta beberapa tips yang dapat kamu lakukan agar bisa kuliah di luar negeri sesuai dengan budget yang kamu miliki.

Ayo, wujudkan cita-cita kamu untuk kuliah di luar negeri!


 


Simulasi Pinjaman Dana Pendidikan
Pendidikan Formal
Pendidikan Non-Formal

Tersedia di:  

Mulai perjalanan finansialmu, dengan caramu.

Avatar
Nimas Des Aristanti
Take a chance and never stop swimming. I'm here with my goals.

Simulasi Investasi

Hitung Efek Compounding Investasi Anda

Investasi Awal:
Investasi Bulanan:
Suku Bunga per Tahun (%):
Jangka Waktu (Tahun):



Total Investasi:
Future Value:
Bunga Keuntungan:

Artikel LainnyaMENARIK
Rekomendasi Bacaan

TINGGALKAN KOMENTAR

Please enter your comment!
Please enter your name here

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

Tersedia di:  

Mulai perjalanan finansialmu, dengan caramu.