Home » Blog » Bisnis & UKM, Daily » Tips Mengatasi HPP Tinggi untuk Pemilik Usaha Minuman Kekinian

Tips Mengatasi HPP Tinggi untuk Pemilik Usaha Minuman Kekinian

·
3 menit
Tips Mengatasi HPP Tinggi untuk Pemilik Usaha Minuman Kekinian

Saat ini, banyak pengusaha baru yang bermunculan. Hal itu didukung dengan situasi pandemi yang membuat banyak orang memutuskan bekerja dari rumah karena relatif aman.

Pandemi juga membuat harga bahan baku pun semakin naik. Ini akan membuat pengusaha harus jeli dalam menentukan total harga produksi.

Namun, untuk menyasar konsumen di berbagai sektor dan kelas, otomatis kita tetap harus menekan biaya produksi agar harga jual pokok barang dagang juga tidak naik terus menerus secara signifikan.

Lalu, apa saja tips dan trik untuk mengatasi Harga Pokok Penjualan (HPP) yang tinggi? Simak ulasannya!


Apa Itu HPP?

HPP adalah singkatan dari harga pokok penjualan, yaitu total keseluruhan dari total biaya pengeluaran, baik itu secara langsung dan tidak langsung untuk mendapatkan produk barang atau jasa.

Untuk menentukan HPP, sebagai pemilik usaha, ada baiknya kamu memahami tentang FC (food cost) yang juga berlaku untuk produk minuman.

Perhitungan FC nantinya akan menentukan HPP. Biasanya penentuan FC adalah dari biaya untuk mendapatkan atau menghasilkan suatu menu dengan resep tertentu.

Mulai dari proses pembelian bahan baku hingga menjadi produk minuman yang siap jadi hingga ke tangan konsumen per porsinya.

Setelah mengetahui perhitungan dari FC, nanti akan menjadi pembanding dengan HPP. Fungsinya untuk pertimbangan dalam mengambil keputusan akhir dalam penentuan harga jual.

Rumus  HPP: Persediaan awal + Persediaan pembelian – Persediaan akhir


Tips Bisnis Minuman Kekinian untuk Mengatasi HPP Tinggi

Berikut ini tips dan trik dalam bisnis minuman kekinian untuk mengatasi HPP tinggi, yaitu:

1. Cari Referensi Bahan Baku yang Berkualitas dengan Harga Murah

Tips pertama untuk mengatasi Harga Pokok Penjualan (HPP) yang tinggi adalah mencari referensi bahan baku untuk produk dagang minuman.

Ada baiknya jika kamu berjualan dengan sistem franchise, pilih yang memberikan kebebasan dalam menentukan menu baru.

Di sinilah kita bisa menyiasatinya. Untuk membeli bahan baku, tidak lagi mengambil bahan baku seperti bubuk rasa atau cheese.

Bahan ini bisa membelinya dari toko grosiran lain. Sudah pasti, harganya lebih ekonomis daripada di tempat franchise.

Ini bisa menjadi solusi untuk menekan biaya produksi. Untuk metode ini, terserah kamu sebagai pemilik produksi, akan tetap sampai nanti beli di luar franchise atau hanya sementara sembari menunggu biaya bahan baku turun.

Untuk kamu yang totalitas usaha sendiri, mengenal dengan baik toko grosir bahan baku yang memang trusted dan recomended. sehingga meski harganya relatif lebih murah, tidak mengurangi kualitas produk dagang minuman kekinian yang sedang kamu jalankan.

2. Tentukan Target Kuantitas Penjualan Harian Minimal 100 Cup

Tips selanjutnya untuk mengatasi Harga Pokok Penjualan (HPP) yang tinggi adalah dengan menentukan target penjualan secara kuantitas, yaitu minumal 100 cup per-hari, baik itu penjualan secara online maupun offline.

Dan sebaiknya ini diterapkan secara konsisten, terutama jika kamu masih pengusaha yang baru mulai merintis usaha dagang minuman.

Setelah mengetahui HPP per set menu, maka perlu untuk mengetahui total dari penjualan satu set menu.

Pengusaha wajib untuk memberikan target pada produk dagang yaitu sekitar 100 cup per harinya. Otomatis ini akan mempercepat proses balik modal produksi sehingga perputaran uangnya menjadi lebih cepat.

Oleh sebab hal ini, untuk mendapatkan keuntungan juga menjadi lebih cepat. Produksi dengan jumlah banyak, lebih menghemat biaya mesin dan ini juga memotong biaya listrik. 

Semua hal ini tentunya akan menghemat banyak dalam pemotongan biaya produksi yang semakin sulit untuk tetap rendah. Mengingat masa pandemi membuat bahan baku mau tidak mau kita harus mengikuti harga pasaran.

Jadi, mengusahakan secara maksimal untuk memangkas hal-hal yang bisa tetap minimal untuk menekan HPP dari produk dagang minuman. Mencari cara, entah itu secara analog atau manual dan secara online agar target penjualan tercapai.

Penentuan harga jual jangan lupa untuk menengok sasaran target pembeli. Terlebih, apabila toko yang kamu miliki adalah offline system.

Salah satu tips agar target marketing tercapai dengan membuka store minuman kamu lebih awal dan menutupnya lebih malam.

3. Pilih Sistem Produksi yang Paling Efisien

Tips yang ketiga untuk mengatasi Harga Pokok Penjualan (HPP) tinggi agar bisa menekan harga jual produk minuman kamu yaitu memilih secara selektif dan cermat sistem produksi yang paling efisien.

Evaluasi terus menerus menjadi salah satu metode yang bisa mendukung terciptanya kondisi ini.

Cari tahu dengan cermat, apabila ada kebocoran arus dana atau pemborosan dan mencari solusi serta tindakan secepatnya untuk mengatasi masalah ini.

Sinergikan semua sistem agar proses produksi berjalan secara lancar dan juga efisien. Serta tentunya, tanpa perlu melibatkan dana yang berlebihan.


Sudah Siap Mengatasi HPP Tinggi dalam Bisnis Minumanmu?

Nah, itu tadi penjelasan singkat mengenai tips dan trik untuk mengatasi Harga Pokok Penjualan (HPP) yang tinggi dalam bisnis dengan produk dagang minuman kekinian agar tidak terdampak HPP tinggi.

Bagi kalian para pemilik usaha minuman kekinian, kamu bisa mencoba untuk mengaplikasikan beberapa metode dari penjelasan di atas.

Agar tidak berdampak secara signifikan dalam menentukan harga beli dari produk dagang yang saat ini sedang kamu jalani. Semoga bermanfaat!

Simulasi Pinjaman KoinWorks
Ketahui maksimum pinjaman dan cicilan per bulan
+62
Estimasi jumlah maksimum pinjaman

Rp

Estimasi cicilan bulanan
  • Tenor 6 bulan: Rp
  • Tenor 12 bulan: Rp
  • Tenor 24 bulan: Rp

Install aplikasi KoinWorks dan mulai ajukan pinjaman di KoinBisnis!

Ajukan Pinjaman Sekarang

Friska
Ketika banyak orang membutuhkan panduan dalam menyelesaikan masalah keuangan yang mereka hadapi, mereka sering mengalami kesulitan dalam mencari sumber/ saran terbaik. Karena itulah tulisan melalui artikel adalah hal yang menjadi passion bagiku karena akan membantu banyak orang yang mengalami kesulitan-kesulitan tersebut.

Langganan via Email​

Dapatkan Tips dan Berita Keuangan Gratis di Inbox Anda​