Home Bisnis Kamu Menyukai Seni? Inilah 9 Ide Bisnis di Bidang...

Kamu Menyukai Seni? Inilah 9 Ide Bisnis di Bidang Seni yang Bisa Hasilkan Omzet!

Kamu Menyukai Seni? Inilah 9 Ide Bisnis di Bidang Seni yang Bisa Hasilkan Omzet! – Bagi kamu yang hobi di bidang kesenian atau merupakan lulusan seni, tidak perlu khawatir kesulitan mendapatkan pekerjaan.

Mencari pekerjaan memang bukan perkara mudah, kamu perlu berusaha keras mendaftar lowongan ke sana kemari untuk mendapatkan pekerjaan dengan gaji minimal setaraf UMR.

Tapi, tidak jarang lho, mereka yang mendapat pekerjaan dengan gaji besar justru tidak merasakan nyaman dalam menjalani pekerjaannya. Hal ini kerap terjadi karena tidak adanya kesinambungan antara pekerjaan dengan minat dan bakat.

Pasti yang dipikirkan hanya “nggak apa-apalah nggak nyaman, yang penting gajinya besar, bisa makan enak, bisa menabung lebih banyak“.

Baca juga: 5 Kiat Bisnis ala Selebgram Sukses, Rachel Vennya, Ikuti Jejaknya Yuk! 

Pemikiran di atas tidak sepenuhnya salah, tapi lebih baik jangan memaksakan diri jika kamu tidak merasa nyaman bekerja di kantor. Kamu bisa kok beralih ke pekerjaan yang lebih sesuai dengan hobi kamu.

Atau, kamu bisa berbisnis dengan referensi ide bisnis berikut ini dan menghasilkan omzet jauh lebih besar daripada gaji bulanan kamu di perusahaan.

Simak ulasannya yuk!


Kamu Menyukai Seni? Inilah 9 Ide Bisnis di Bidang Seni yang Bisa Hasilkan Omzet!

1
Desain Grafis

kerja sampingan desainer grafis

Menjadi seorang pekerja lepas graphic designer, kamu tidak perlu susah payah bangun pagi-pagi buta karena lokasi kantor yang jauh. Kamu juga tidak perlu khawatir mengantuk di jalan karena harus lembur sampai tengah malam.

Banyak project yang bisa dikerjakan saat menjalani bisnis sebagai graphic designer, baik untuk sebuah perusahaan yang besar maupun untuk kebutuhan personal teman-teman di sekitar kamu.

Kamu yang memiliki keahlian mendesain dan mengumpulkan aset digital (seperti ikon, vektor, dan semacamnya) harus mencoba bisnis ini!

Dengan hanya bermodalkan laptop berspesifikasi sedang dan aplikasi pendukung desain grafis, kamu bisa langsung mulai mem-branding dan menjual keahlian kamu itu. Mulai terima project dari teman terdekat, seperti pengerjaan poster, banner, hingga desain kaos.

Jangan lupa untuk mendaftarkan diri kamu di segala platform desain dan microstock, misalnya freepik atau platform desain lainnya yang sering digunakan oleh banyak orang.


2
Lukisan Digital

lukisan digital

Jika kamu mahir melukis wajah atau melukis hal-hal menarik lainnya, jangan sampai kamu menyia-nyiakan kesempatan ini.

Kini, semuanya serba digital. Oleh karena itu, kamu bisa mulai menjual lukisan kamu itu melalui media digital atau media sosial.

Kamu juga bisa memanfaatkan momen-momen bahagia seperti Hari Valentine, Hari Ulang Tahun, Hari Ibu, Hari Ayah, dan sebagainya.

Banyak orang yang bingung akan memberi hadiah apa untuk orang-orang yang mereka sayangi di momen-momen tersebut. Kamu bisa langsung menyarankan dan menawarkan jasa lukisan wajah buatan kamu yang disajikan di atas kanvas digital.

Kamu tidak perlu susah payah menyiapkan bingkai, kertas, dan peralatan menggambar untuk menjalani bisnis ini. Cukup laptop dan aplikasi menggambar yang mendukung, kamu sudah bisa meraih omzet yang besar.


3
Lukisan Kanvas

lukisan kanvas

Jika kamu belum terlalu mahir melukis secara digital, kamu bisa memulai bisnis kecil-kecilan melalui cara sederhana.

Siapkan modal kertas dan bingkai dengan berbagai ukuran, serta alat tulis dan alat lukis. Alat lukis ini kamu sesuaikan saja dengan keahlian kamu. Setiap pelukis memiliki ‘senjata’ masing-masing bukan?

Mulai dari pensil warna hingga cat air, semuanya akan terlihat apik jika kamu mengaplikasikannya dengan benar.

Sama seperti lukisan digital, manfaatkan momen-momen penting termasuk hari raya dan hari bahagia untuk memasarkan jasa lukisan kanvas kamu. Bedanya, lukisan dalam bentuk fisik ini bisa kamu jual di area terbuka, seperti di tempat-tempat rekreasi.

Masih ragu? Dijamin, bisnis yang satu ini bisa menambah digit tabungan kamu!


4
Custom Airbrushing Interior dan Eksterior

Custom Airbrushing Interior dan Eksterior

Kamu suka gambar-gambar di tembok? Manfaatkan keahlian kamu itu untuk menjalani bisnis custom airbrushing yuk!

Lukisan menggunakan airbrush biasanya diaplikasikan di berbagai media atau benda-benda interior maupun eksterior. Mungkin kamu lebih mengenal lukisan di tembok ini dengan sebutan mural.

Karena untuk berbisnis, mural ini lebih terlihat aestetik dan memuaskan bagi orang lain yang melihatnya. Bentuknya bisa berupa gambar dua dimensi, dan juga tiga dimensi yang memberi kesan timbul jika dilihat dari jauh.

Sebelum memulai bisnis ini, kamu perlu mempersiapkan beberapa senjata mural. Mulai dari alat tulis untuk membuat sketsa, stencil untuk mencetak aset-aset gambar, kompresor udara, cat, dan tentunya airbrush.

Untuk memasarkannya, kamu bisa memanfaatkan media sosial dan website agar namamu bisa semakin terkenal. Hingga kamu pun dipercayai banyak orang untuk mengerjakan berbagai jenis project penting.


5
Make Up Artist (MUA)

Make Up Artist (MUA)

Kamu wanita yang hobi merias diri? Jangan sia-siakan kesempatanmu untuk mendapatkan pundi-pundi rupiah!

Bisnis tata rias ternyata sangat laku di pasaran lho! Banyak sekali para wanita berbagai kalangan mencari jasa make up untuk acara-acara tertentu, seperti kondangan, wisuda, tunangan, hingga pernikahan.

Apabila keahlian kamu dirasa sudah cukup mumpuni dan layak untuk terjun langsung di lapangan, lakukanlah segera.

Ini akan terasa sangat menyenangkan. Kenyamanan bekerja akan kamu dapatkan karena kamu sudah sangat mencintai hobi kamu (yang kini dijadikan sumber penghasilan).


6
Melukis Tato

Kamu Menyukai Seni? Inilah 9 Ide Bisnis di Bidang Seni yang Bisa Hasilkan Omzet!

Ide bisnis di bidang seni lainnya yaitu membuat tato.

Pekerjaan semacam ini dianggap ‘berani’ dan tidak biasa. Sebab, tidak semua orang yang mahir menggambar, berani membuat tato. Terlebih lagi menggambarnya bukan di atas kertas, tapi di bagian tubuh manusia.

Pada saat membuat tato, tidak boleh ada salah menggambar karena gambar yang sudah tertanam melalui jarum-jarum kecil yang masuk ke dalam jaringan kulit tidak akan bisa dihapus (apalagi dicoret).

Itulah mengapa, bisnis yang satu ini sangat berisiko. Perlu keberanian dan keahlian tingkat profesional sebelum terjun mendalami bisnis tato ini.


7
Pameran Lukisan (Art Dealer)

Suka mendatangi pameran-pameran lukisan untuk melihat karya-karya lukisan terbaik? Sepertinya kamu cocok menjadi Art Dealer.

Art Dealer merupakan seseorang yang memiliki keahlian membuat pameran lukisan dan mampu mengemasnya dengan konsep yang sangat menarik sehingga banyak orang yang tertarik mengunjunginya.

Modalnya memang lumayan besar, tapi omzetnya sangat menakjubkan. Kamu butuh banyak uang untuk menyewa tempat di lokasi yang strategis, lalu mengumpulkan atau menghimpun karya-karya seni dari para seniman.

Kamu juga perlu mempelajari banyak hal seputar marketing dan bisnis, serta negosiasi. Jika kamu sudah memiliki kemampuan-kemampuan tersebut, kamu dapat memperluas jaringan bisnis dan memulai bisnis galeri seni kamu untuk pertama kalinya.

Sangat menarik ya!


8
Tembikar

tembikar - pottery

Ide bisnis berikutnya adalah menjual berbagai jenis tembikar. Mengukir dan membuat tembikar merupakan bentuk seni yang luar biasa. Dibutuhkan kesabaran yang cukup besar dalam bermain tanah liat dan menjadikannya sebuah produk yang bernilai jual tinggi.

Bentuk keahlian yang satu ini bisa kamu manfaatkan untuk meningkatkan omzet kamu menjadi lebih tinggi. Caranya yaitu dengan membuat tembikar berukiran unik yang ukurannya bervariasi sesuai kebutuhan dan keinginan calon pelanggan.

Semakin unik tembikar yang kamu buat, maka semakin besar cuan yang akan kamu dapatkan. Kuncinya adalah berusaha, semangat, dan yakin bahwa bakat seni yang kamu miliki akan disukai banyak orang di seluruh dunia.

Yuk, berusaha lebih keras lagi!


9
Guru Seni

guru seni

Sudah cukup banyak ide bisnis yang bisa kamu jadikan referensi. Nah, ide bisnis di bidang seni yang terakhir ini bisa kamu coba juga nih, yaitu menjadi guru seni.

Mungkin kamu tidak terpikirkan untuk menjadi guru seni, karena menganggap prosedurnya yang ribet dan harus mengikuti materi/bahan ajar dari modul dan Rancangan Pelaksanaan Pembelajaran (RPP).

Tenang, maksud guru seni di sini adalah guru seni sebagai pekerja lepas, bukan pegawai negeri yang mengajar di sekolah formal.

Kamu bisa membuka jasa pengajaran seni seperti menari, menyanyi, melukis, atau bermain musik. Semuanya disesuaikan dengan kemahiran kamu, ya.

Misalnya, kamu bisa membuka kursus piano karena kamu ahli dan profesional memainkan piano atau membuka kursus melukis jika kamu mahir dalam hal melukis.


Nah, bagaimana? Sudah mulai menentukan kemana arah bisnis kamu di bidang seni? Beberapa referensi di atas bisa kamu pilih untuk meyakinkan langkah kamu.

Bagi kamu yang tengah mewujudkan ide bisnis kreatif kamu di bidang seni, teruslah berjuang! Kamu juga tidak perlu takut kekurangan modal ketika kamu hendak memperbesar bisnis kamu.

Tinggal ajukan pinjaman di KoinBisnis dari KoinWorks dengan cara melengkapi data diri dan mengunggah berkas-berkas yang diminta, lalu tunggu proses pencairan 1-3 hari kerja.

Kamu bisa mengajukan pinjaman mulai dari Rp10 juta – Rp2 miliar dengan bunga yang cukup rendah yaitu sebesar 0,75% – 1,67% per bulannya.

Semuanya bisa kamu dapatkan di satu Super Financial App KoinWorks dengan satu genggaman, lakukan di mana pun dan kapan pun kamu mau.

Selamat berbisnis!



Simulasi Pinjaman Modal Usaha

Jumlah Pinjaman

Suku Bunga/Tahun (% APR)

Jangka Waktu (Tahun)


Hasil
Bunga Pinjaman
Pokok + Bunga

Cicilan Bulanan:

Syarat Pengajuan Pinjaman di KoinWorks


Tersedia di:  

Mulai perjalanan finansialmu, dengan caramu.

Avatar
Nimas Des Aristanti
Take a chance and never stop swimming. I'm here with my goals.

Simulasi Investasi

Hitung Efek Compounding Investasi Anda

Investasi Awal:
Investasi Bulanan:
Suku Bunga per Tahun (%):
Jangka Waktu (Tahun):



Total Investasi:
Future Value:
Bunga Keuntungan:

Artikel LainnyaMENARIK
Rekomendasi Bacaan

TINGGALKAN KOMENTAR

Please enter your comment!
Please enter your name here

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

Tersedia di:  

Mulai perjalanan finansialmu, dengan caramu.

Apa itu KoinWorks?

Baca
X