3 Hal yang Paling Disesali Pebisnis Saat Menjalankan Usaha – Kutipan “You’ll never know until you try” mungkin cocok dengan kondisi bisnis Anda saat ini.

Ya, mungkin awalnya Anda ragu ketika baru mau memulai usaha. Anda takut bisnis gagal. Anda tidak yakin bahwa produk atau jasa yang dijual mampu diterima oleh target market Anda.

Menilik ke masa sekarang, mungkin Anda merasa bersyukur karena bisnis Anda baik-baik saja. Perusaaan Anda mendulang profit, punya SDM berkualitas, arus keuangan juga lancar.

Baca juga: Untuk Bisnis Baru, Coba Ikuti 10 Tips Mengembangkan Bisnis Ini

Sebaliknya, mungkin saat ini Anda merasa menyesal karena tidak mempersiapkan rencana matang di awal Anda membuat bisnis.

Kini, Anda mengalami kesulitan pinjaman modal usaha, semakin banyaknya kompetitor, atau juga Anda tengah kesulitan mencari partner bisnis.

Baca juga: 5 Kota Terbaik Untuk Berbisnis di Indonesia Selain Jakarta

Bayangkan, jika Anda bisa kembali ke masa lampau, apakah Anda akan melakukan hal yang berbeda dengan bisnis Anda?

Kesalahan-kesalahan apa yang akan Anda hindari? Sebelum melangkah lebih jauh, yuk sadari tiga hal ini supaya Anda tidak menyesal di kemudian hari.

3 Hal yang Paling Disesali Pebisnis Saat Menjalankan Usaha

1Menciptakan bisnis tanpa meninggalkan ego

agar tidak menyesai di masa depan

Hal pertama yang paling disesali pebisnis ialah Menciptakan bisnis tanpa meninggalkan ego. Mulanya, Anda yakin bahwa Anda bisa mengerjakan segala pekerjaan sendiri. Anda merasa tidak butuh partner.

Lalu pada suatu hari Anda sadar bahwa Anda mulai lelah, cepat mengantuk, sering lembur, juga tidak punya waktu luang untuk keluarga seperti dulu lagi.

Baca juga: 6 Karakter yang Jadi Ciri Khas Pemimpin Bisnis yang Sukses

Nah, daripada Anda menguras tenaga dan pikiran demi semua pekerjaan yang semestinya bisa Anda delegasikan kepada rekan atau karyawan Anda, mulailah untuk mengendurkan ego dan mencari pertolongan.

Bayangkan, jika dari awal Anda bisa bekerja sama atau berkolaborasi dengan orang lain, bisnis akan berkembang lebih pesat.

Baca juga: Bisnis Gagal? Simpan 5 Pepatah Bijak Tionghoa yang Bikin Anda Semangat Lagi!

Anda tidak hanya hanya akan mengatasi masalah sendirian, tapi Anda punya support system yang akan membantu mewujudkan impian-impian Anda.


2Tidak membuat bisnis dengan rencana matang

Saat Investasi Gagal, Apa yang Harus Dilakukan?

Awal-awal menjadi seorang pebisnis, Anda sangat bersemangat. Namun di balik semangat tersebut, Anda baru tersadar bahwa Anda tidak mengalokasikan waktu untuk membuat rencana bisnis yang komprehensif. Maka, tak heran jika saat ini bisnis Anda tidak berjalan dengan baik.

Cobalah untuk berhenti bekerja sejenak dan pikirkan hal-hal ini. Apa tujuan bisnis Anda? Apa yang Anda inginkan lima tahun ke depan?

Baca juga: Bingung Menentukan Visi Bisnis Anda? Jawab Dulu 7 Pertanyaan Ini

Siapa konsumen Anda dan bagaimana Anda menjangkau mereka? Bagaimana jika butuh pinjaman modal usaha?

Misalnya, Anda mengalami keterbatasan dalam urusan modal. Solusinya, mengapa tidak mencoba mengajukan pinjaman modal usaha ke platform P2P Lending seperti KoinWorks?

Baca juga: 7 Pertanyaan yang Harus Dijawab Sebelum Mengajukan Pinjaman Modal Usaha

Jika butuh pinjaman modal usaha, tentu Anda bisa mengajukannya ke platform P2P Lending seperti KoinWorks.

KoinWorks dengan senang hati mendukung Anda, lewat pinjaman mulai dari Rp10 juta hingga Rp 2 miliar. Bunga yang ditetapkan pun rendah, mulai dari 0,75% hingga 1,67% flat per bulan.

Namun, bagaimana Anda menjawab pertanyaan-pertanyaan lain di atas?


3Sulit atau tidak mau move on dari kegagalan di masa lampau

pensiun dini - kehilangan fokus - strategi untuk pensiun dini-mempersiapkan dana pensiun

Sadarilah, Anda tidak bisa mengubah masa lalu. Jika ada kesalahan atau kegagalan yang dialami di masa lampau, petiklah pelajaran dari sana dan berusalahan untuk memperbaikinya di masa sekarang. Dengan begitu, masa depan bisnis Anda akan lebih terjamin.

Baca juga: Pelajari Tips Ini Sebelum Menggunakan Jasa Endorsement dari Influencer

Jangan tenggelam dalam kegagalan masa lalu, teruslah melangkah dan pikirkan bagaimana mewujudkan rencana-rencana Anda ke depan lewat visi dan misi yang telah dibangun.

Jangan ragu untuk meminta saran dari orang lain. Bacalah buku-buku atau artikel di blog guna menambah pengetahuan Anda soal bisnis.

Nah, itulah 3 hal yang paling disesali pebisnis saat menjalankan usaha. Jangan sampai dilakukan agar Anda tidak menyesal. Semoga bermanfaat!


Simulasi Pinjaman Modal Usaha

Jumlah Pinjaman

Suku Bunga/Tahun (% APR)

Jangka Waktu (Tahun)


Hasil
Bunga Pinjaman
Pokok + Bunga

Cicilan Bulanan:

Syarat Pengajuan Pinjaman di KoinWorks


Download Aplikasi KoinWorks

apple app store iosgoogle play store android app

TINGGALKAN KOMENTAR

Please enter your comment!
Please enter your name here

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.