Business plan atau rencana bisnis adalah sesuatu yang sangat krusial bagi setiap pengusaha. Bahkan, untuk setiap pengusaha baik level bawah atau level atas membutuhkan sebuah rencana bisnis untuk selalu meningkatkan omset penjualan serta untuk mengembangkan sayap atau hanya untuk bertahan. Terkadang, rencana bisnis atau strategi investasi juga digunakan untuk menyelamatkan suatu perusahaan. Oleh karenanya, bagi pebisnis level UKM, memiliki rencana bisnis juga merupakan sebuah keharusan.

Ada banyak fungsi atau manfaat dari membuat rencana bisnis untuk para pelaku usaha kelas UKM. Salah satu yang paling penting adalah dalam proses menjalankan usahanya akan selalu terarah menuju satu tujuan tertentu. Hal inilah yang membuat setiap perkembangan dalam sebuah perusahaan akan mudah terlihat serta terukur. Tanpa adanya rencana bisnis ini, langkah yang akan dilakukan tidak akan terarah dan bisa mengarah pada boros energi, dana serta waktu untuk hasil yang tidak seberapa.

Berikut beberapa tips atau langkah untuk membuat rencana bisnis setingkat UKM agar bisnis semakin terarah dan maju.

Pahami betul apa itu rencana bisnis

Jangan abaikan rencana bisnis walau hanya untuk bisnis setingkat UKM. Jangan anggap remeh dengan mengatakan semua perencanaan bisa diingat dan terekam di kepala. Jika Anda masih melakukan ini, maka Anda sudah mengarahkan bisnis Anda ke tujuan dimana bisnis tersebut tidak akan berkembang. Kenapa? Coba bayangkan, jika tiba-tiba ada seorang investor yang ingin memberikan dana suntikan untuk bisnis Anda, apa yang akan Anda jelaskan terkait rencana bisnis Anda? Jangan jawab tidak memiliki karena berarti Anda tidak serius menjalani bisnis. Investor akan kabur jika demikian adanya.

Tentukan tujuan yang terukur

Setelah Anda memahami betapa pentingnya rencana bisnis, langkah kedua adalah dengan membuat tujuan atau goal yang terukur. Terukur disini maksudnya dengan melihat segala potensi yang ada atau singkatnya tujuan yang secara rasional dapat diraih. Sebagai contoh, Anda bisa menentukan berapa besaran omset yang akan diraih di tahun ke berapa. Dengan begini, Anda akan selalu fokus untuk meraih tujuan bisnis Anda di tahun tertentu yang sudah Anda tulis. Anda juga akan terhindar dari hal-hal yang bersifat sia-sia.

Buatlah alat ukur guna mencapai tujuan

Jika sudah membuat goal atau tujuan, langkah selanjutnya yaitu membuat alat ukur. Alat ukur disini semacam perkembangan positif yang menunjukkan bahwa tujuan Anda sudah tercapai. Kuncinya adalah dengan membuat tujuan yang rasional. Anda bisa membuat alat ukur dengan melihat omset penjualan atau penghasilan periode sebelumnya dengan periode saat ini. Jika selisih omset antar bulan lalu dan bulan sekarang sebesar angka X, maka selanjutnya Anda bisa melihat bahwa potensi untuk mendapatkan nominal omset sebesar angka Y juga bisa tercapai.

Tulislah apa saja yang akan dilakukan untuk meraih tujuan

Setelah tujuang dibuat kemudian Anda juga mengetahui tolak ukur keberhasilan suatu tujuan itu tercapai, maka langkah selanjutnya adalah action yakni membuat sebuah list tentang hal apa saja yang harus dilakukan untuk meraih tujuan tersebut. Anda bisa melihat strategi yang sudah diterapkan pada bulan atau periode lalu untuk kemudian dikembangkan agar mendapatkan keuntungan yang lebih tinggi lagi. Ingat, buatlah hal yang akan dilakukan tersebut secara wajar. Artinya, hal tersebut bisa Anda lakukan.

Rencana kegiatan ini bisa juga dirinci dari tindakan perbulan menjadi per hari. Memang akan terlihat membosankan ketika setiap hari Anda selalu diingatkan dengan rencana bisnis Anda, tapi inilah bukti keseriusan Anda. Di awal berjalannya rencana bisnis, memang terlihat Anda seperti didikte oleh rencana Anda sendiri. Tapi, percayalah, disiplin yang tinggi akan mengahantarkan pada pintu gerbang kesuksesan. Hal ini dikarenakan setiap apa yang Anda lakukan terkait dengan bisnis Anda selalu mengarah pada tujuang yang hendak dicapai.

Hal lain yang perlu diperhatikan ketika membuat rencana bisnis adalah dengan memberikan waktu luang untuk Anda santai, istirahat atau bahkan berlibur. Ini semacam reward untuk Anda sendiri yang sudah bekerja keras dalam sekian waktu membuat dan menjalan rencana bisnis termasuk juga strategi investasi. Tetaplah disiplin dan nikmati apa yang sudah Anda kerjakan di masa sekarang untuk masa depan.


Hitung Efek Compounding Investasi Anda

Investasi Awal:
Investasi Bulanan:
Suku Bunga per Tahun (%):
Jangka Waktu (Tahun):



Total Investasi:
Future Value:
Bunga Keuntungan:
Daftar Dapat 150.000

(*) KOIN, Khusus Pendaftar Baru


Download Aplikasi KoinWorks

apple app store iosgoogle play store android app

TINGGALKAN KOMENTAR

Please enter your comment!
Please enter your name here

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.