Ketika Anda berencana terjun ke dunia bisnis atau usaha, biasanya modal akan menjadi salah satu kendala. Ya, keberadaan modal memang menjadi masalah klasik. Sebenarnya, modal bisa didapatkan dari beragam cara. Salah satunya adalah dengan bantuan dana dari investor. Hanya saja, untuk mendatangkan investor bukan hal yang mudah. Setiap investor memiliki standard penilaian yang berbeda untuk menilai apakah suatu perusahaan itu layak untuk mendapatkan dana investasi atau tidak. Maksudnya adalah apakah perusahaan itu akan memberikan keuntungan atau tidak.

Biasanya, investor juga akan melihat konsep bisnis perusahaan tersebut. Konsep bisnis yang unik dan kreatif dinilai akan mendatangkan banyak pasar. Jika konsepnya unik dan kreatif, biasanya mudah untuk mendapatkan pelanggan. Artinya, ada kemungkinan suatu perusahaan tersebut bisa maju dan berkembang. Maka, tugas Anda sebagai pengusaha adalah bagaimana caranya menciptakan konsep bisnis yang unik sehingga investor akan dengan mudah memberikan dana segar.

Ada beberapa cara yang bisa Anda ikuti untuk bisa menciptakan konsep bisnis unik, kreatif dan berbeda dengan yang lain. Perhatikan tips berikut ini agar Anda bisa mendapatkan ide yang unik untuk bisnis Anda.

Melihat masalah di lingkungan sekitar

Membuat konsep bisnis yang unik adalah tentang ide yang cemerlang dan terkesan berbeda. Anda bisa mulai mencari ide untuk konsep bisnis Anda dari mulai lingkungan sekitar Anda. Perhatikan problem yang dialami kebanyakan orang. Setelah itu, temukan solusinya dimana solusi ini akan diminati banyak orang untuk menghilangkan problem tersebut. Sebagai contoh, di lingkungan sekitar Anda banyak orang yang suka makanan instan. Tentu makanan instan tidak sehat. Anda bisa menciptakan konsep bisnis makanan instan tapi sehat dan higienis.

Jeli memanfaatkan peluang

Peluang terkadang datang diwaktu dimana Anda belum siap. Jika demikian, Anda tidak akan bisa menangkap peluang. Konsep bisnis yang unik seharusnya bisa memanfaatkan peluang secepat mungkin. Menganalisa masalah dan peluang menjadi sebuah kunci untuk bisa melahirkan konsep bisnis unik. Ini tidak mudah karena Anda membutuhkan kejelian. Tapi bukan tidak mungkin untuk dilakukan.

Pilah peluang usaha sesuai potensinya

Peluang bisa saja banyak. Anda bisa saja menganalisa banyak masalah dan menemukan banyak peluang usaha. Namun, Anda tidak harus memulai dengan skala besar dan menangkap semua peluang. Konsep bisnis unik agar investor mudah tertarik bisa dimulai dengan bisnis skala kecil. Seorang investor akan lebih memilih bisnis unik skala kecil untuk dijadikan percobaan. Jika hasilnya bagus, bisa dipastikan investor akan menambah dana atau akan ada investor lain yang datang.

Memberikan nilai tambah

Ketika Anda berpikir tentang sebuah konsep atau ide yang unik untuk bisnis Anda, perhatikan bahwa konsep tersebut memiliki nilai tambah yang menjadikan konsumen memilih. Nilai tambah bisa berupa dengan harga yang lebih murah. Namun, jangan sampai harga yang murah kualitas juga rendah. Lebih penting lagi tentang kualitas. Biar sedikit mahal, kalau kualitas terjamin dan tidak mengecewakan, maka peelanggan akan lebih memilih produk dengan kualitas yang tinggi walau harganya lebih tinggi.

Berpikir berbeda dan kreatif

Ketika Anda berpikir tentang konsep bisnis unik, kata unik sendiri bisa dipakai untuk produk yang berbeda dengan yang lain sehingga terlihat unik. Selain itu, kreasi produk tersebut juga bisa menambahkan kesan unik tersendiri. Selalu berpikir sesuatu yang berbeda dengan yang lain dan selalu berpikir kreatif bisa menjadi kunci untuk bisa menciptakan konsep bisnis unik yang bisa mendatangkan banyak investor. Namun tetap, biar berbeda dan kreatif, jangan lupakan sisi kepuasan konsumen dengan membuat produk berkualitas tingi.

Selalu berinovasi

Inovasi adalah kewajiban bagi setiap pengusaha terlebih untuk membuat konsep bisnis yang unik. Inovasi juga sebagai langkah untuk mengontrol laju perkembangan pesaing agar tidak mudah merebut pasar Anda. Inovasi bisa dalam beberapa hal. Ingat,  berinovasi adalah kewajiban namun jangan sampai kualitas berubah. Konsumen lebih suka pada produk dengan kualitas terjamin. Jika demikian, maka bisa dikatakan juga bahwa investor juga lebih suka pada kualitas. Unik tidak selamanya menjamin kemajuan dan keuntungan besar jika tidak dibarengi dengan kualitas.


Simulasi Pinjaman Modal Usaha

Jumlah Pinjaman

Suku Bunga/Tahun (% APR)

Jangka Waktu (Tahun)


Hasil
Bunga Pinjaman
Pokok + Bunga

Cicilan Bulanan:

Syarat Pengajuan Pinjaman di KoinWorks


Tersedia di:  

Mulai perjalanan finansialmu, dengan caramu.

1 KOMENTAR

TINGGALKAN KOMENTAR

Please enter your comment!
Please enter your name here

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.