Home » Blog » Bisnis & UKM » Untung Banyak dengan Bisnis Jualan Kurma

Untung Banyak dengan Bisnis Jualan Kurma

·
4 menit
mulai usaha dengan jualan kurma

Bisnis makanan, apapun itu memang sangat menguntungkan. Tapi jika kamu bisa membangun bisnis makanan yang enak, memiliki pasar yang luas dan juga sehat, mengapa tidak mencobanya? Salah satu jenis makanan yang bisa kamu gunakan untuk berbisnis adalah buah kurma. Untuk memulai bisnis jualan kurma ini, maka berikut ini adalah ulasannya.

Kurma dan manfaatnya

Kurma adalah salah satu buah yang sangat populer di kalangan masyarakat muslim di Indonesia dan seluruh dunia. Hal ini disebabkan karena buah kurma adalah buah yang banyak direkomendasikan.

Hal ini disebabkan karena rasa manis alami yang dimiliki oleh buah kurma juga menjadikan buah ini buah paling baik untuk berbuka puasa. Ini adalah salah satu alasan yang membuat kurma menjadi salah satu buah yang sangat menarik untuk berbisnis.


Buah kurma bukan buah yang disarankan untuk dikonsumsi hanya karena rasa yang dimilikinya. Selain memiliki rasa yang manis. Buah kurma juga memiliki kelebihan dari segi manfaat yang dimilikinya. Buah kurma merupakan buah yang memiliki banyak kandungan vitamin dan juga senyawa kimia yang baik untuk tubuh.

Oleh karena itu, meski buah ini identik dengan masyarakat muslim, buah ini saat ini tidak hanya dikonsumsi oleh umat muslim saja. Rasa buah yang enak dan manfaat yang tinggi di dalamnya membuat buah kurma makin banyak direkomendasikan dan banyak disukai oleh masyarakat non muslim juga.


Mengapa mencoba bisnis kurma?

Seperti yang sudah disebutkan sebelumnya, buah kurma adalah buah yang sangat menarik dari segi bisnis. Indonesia ialah salah satu negara yang mayoritas penduduknya beragama Islam. Hal inilah yang membuat Indonesia bisa jadi area pemasaran yang baik untuk bisnis kurma kamu.

Banyak masyarakat muslim yang cenderung menggunakan buah kurma untuk makanan buka puasa, apalagi sekarang ini sudah menjelang bulan puasa, memulai bisnis kurma bisa sangat menjanjikan.

Tapi bukan hanya punya bisnis yang menarik bagi masyarakat muslim saja. Seperti yang sudah disebutkan sebelumnya, saat ini masyarakat non muslim juga sangat menyukai buah kurma karena manfaatnya. Hal inilah yang membuat bisnis kurma menjadi salah satu bisnis yang sangat menarik untuk dimulai.


Hal lainnya yang membuat bisnis kurma saat ini makin menarik adalah banyaknya varian kurma yang bisa kamu temukan. Beberapa varian produk kurma yang bisa dipasarkan ini antara lain :

  • Bisnis kurma kiloan

Bisnis kurma yang paling banyak dijajal saat ini adalah bisnis kurma kiloan. Bisnis kurma kiloan merupakan bisnis kurma yang sangat populer. Banyak yang tertarik dengan bisnis kurma yang satu ini karena harga dari buah ini yang cukup populer. Jika pangsa pasar kamu menengah dan tujuan pasar kamu adalah pengguna akhir, jenis kurma kiloan bisa jadi pilihan utama untuk bisnis kamu.


  • Bisnis kurma kemasan

Pilihan bisnis kurma yang lainnya adalah jenis kurma kemasan. Bisnis kurma kemasan adalah bisnis kurma yang tidak kalah populer. Bisnis kurma kemasan bisa digunakan untuk konsumsi sendiri tapi juga bisa digunakan untuk hadiah ataupun oleh-oleh. Dengan bentuknya yang dikemas dengan baik membuat bisnis kurma kamu memiliki pangsa pasar yang lebih luas.


  • Bisnis susu kurma

Contoh bisnis kurma lain yang belakangan sangat populer adalah bisnis susu kurma. Bisnis susu kurma adalah bisnis pembuatan susu yang dibuat dengan menggunakan bahan kurma. Susu kurma masih memiliki manfaat dasar kurma dan tentunya sangat nikmat. Untuk kamu yang tertarik dengan bisnis kurma tapi ingin pangsa pasar yang makin luas lagi, membuat susu kurma juga bisa jadi pilihan.


Cara memulai bisnis kurma

Nah, sebagai produk, kurma memang merupakan salah satu bahan yang sangat menarik dan sangat populer. Untuk kamu yang tertarik dengan bisnis kurma, kamu bisa memulai bisnis kurma ini dengan mengikuti beberapa langkah berikut ini :

  • Cari distributor kurma yang jelas

Untuk memulai bisnis kurma agar sukses, maka hal pertama yang wajib kamu perhatikan adalah kamu wajib mencari bisnis kurma yang jelas. Distributor yang jelas bisa membantu kamu untuk mendapatkan produk kurma yang berkualitas.

Bukan hanya bisa mendapatkan produk kurma yang berkualitas. Selain memperhatikan kualitas kurma yang akan kamu jual kembali, hal lain yang tidak kalah penting untuk diperhatikan adalah mengenai sistem kerjanya.

Sangat penting bagi kamu untuk mencari distributor kurma yang mampu memberikan produk yang berkualitas. Akan tetapi selain memiliki produk yang jelas, hal lain yang perlu diperhatikan dari sebuah distributor adalah mengenai sistem kerja sama yang ditawarkan.

Jika jasa distributor kurma memiliki sistem kerja sama yang buruk, kamu sendiri yang akan dirugikan dengan masalah tersebut. Oleh karena itu, pastikan kamu cari tahu dahulu seluk beluk dan juga cara kerja sama sebelum memulai bisnis dengan distributor tersebut.


  • Pertimbangkan harga

Selanjutnya, perhatikan mengenai harga yang akan kamu dapatkan, saat ini ada banyak distributor kurma yang bisa kamu temukan. Masing-masing karang punya produk yang sama tapi memiliki harga yang berbeda. Jika kamu ingin mendapatkan produk dengan harga yang terbaik, lakukan riset dahulu. Bandingkan antara distributor satu dengan lainnya untuk cari tahu mana produk dengan harga yang lebih murah tapi memiliki kualitas yang terbaik.


  • Pasarkan secara lokal

Selanjutnya adalah mengenai pemasarannya. Untuk kamu yang ingin memulai bisnis kurma, coba pasarkan secara lokal terlebih dahulu. Pemasaran secara lokal ini akan membantu kamu untuk mendapatkan reputasi yang baik terlebih dahulu.

Pemasaran secara lokal bisa dilakukan dengan memasarkannya di sosial media kamu, membuat kios atau dengan menawarkannya pada rekan kamu. Cara pemasaran yang paling mudah dan paling tepat bisa dilakukan dengan menggunakan sistem pemasaran warung atau kios.

Akan tetapi jika kamu tidak memiliki dan untuk membangun kios, maka kamu bisa memasarkannya langsung dengan cara online seperti pemasaran di sosial media dan juga di e-commerce.


  • Coba varian produk kurma olahan

Nah selanjutnya adalah menjual kurma sebagai produk olahan. Kamu bisa menjual produk kurma baik dalam bentuk buah baik itu bentuk kiloan maupun dalam bentuk kemasan. Atau kamu juga bisa membuat produk olahan kurma yang belakangan ini tidak kalah populer dan memiliki daya tarik.

Salah satu contoh produk olahan kurma yang bisa kamu coba adalah produk olahan kurma susu. Selain itu, masih banyak lagi produk olahan kurma yang tidak kalah menarik. Contohnya adalah kue kurma dan masih banyak lagi yang lainnya.

Jika kamu membuat bisnis kurma, kamu tidak hanya bisa mendapatkan keuntungan, akan tetapi kamu juga akan mendapatkan lebih banyak manfaat karena produk bisnis kuliner kurma yang kamu juga adalah produk kurma yang kaya dengan manfaat untuk para konsumen kamu nantinya.

 

Miko
Dengan tulisan, Miko bisa membagikan banyak hal positif. Berkontribusi dalam pengembangan pengetahuan para pembaca membuatku bahagia.

Langganan via Email​

Dapatkan Tips dan Berita Keuangan Gratis di Inbox Anda​