Tips Mendirikan Startup dan Mendapatkan Investor – Startup adalah bisnis rintisan atau sebuah bisnis yang dijalankan sekaligus didirikan dari nol. Butuh lebih dari sekedar nekat untuk bisa membangun sebuah bisnis dari awal dan tentunya kendala terbesar adalah modal.

Menggunakan modal sendiri untuk bisa membangun bisnis pastilah tidak cukup dikarenakan biaya yang dibutuhkan terlalu besar kecuali membuka bisnis kecil-kecilan. Mengajukan pinjaman kredit pada bank tanpa jaminan mungkin menjadi salah satu cara terbaik namun perlu diketahui jika suku bunga KTA cukup tinggi dan belum tentu pendapatan yang akan diperoleh langsung sanggup untuk membayarnya dalam jangka waktu pendek.

Akhinya banyak orang yang lebih memilih cara kedua dalam mendapatkan modal tanpa perlu membayar bunga setiap bulannya dan hanya memberikan keuntungan nyata yaitu investor.

Namun mencari investor itu jauh lebih sulit dibandingkan mencari pinjaman bank karena belum tentu mereka mau menanamkan modal pada bisnis baru yang belum terlihat sama sekali tanda-tanda kesuksesannya. Tentunya pihak investor tak ingin merugi dengan memberikan dananya kepada perusahaan yang belum jelas masa depannya.

Disini, Anda sebagai pemilik usaha lah yang harus melakukan pendekatan sekaligus mengejar dealing yang bisa menjadi sumber harapan bagi bisnis baru Anda.

Melakukan pendekatan kepada investor juga diperlukan beberapa cara dimana Anda harus tampil maksimal dan juga meyakinkan dalam memberikan atau menyampaikan informasi agar suntikan dana menguntungkan dari investor bisa diperoleh dengan mudah. Hal pertama yang harus Anda lakukan adalah memberikan presentasi margin secara jelas.

Investor yang berpengalaman dalam dunia bisnis tentu tak akan mau sembarangan dan asal dalam menginvestasikan dananya. Mereka lantas tidak akan langsung menyerahkan dana begitu saja sebab mereka terkesan ataupun yakin terhadap visi misi yang Anda berikan.

Hal yang akan membuat mereka terkesan dan tergerak hatinya untuk mau berinvestasi adalah melihat potensi bisnis dilihat dari segi keuangan atau finansial. Berapa keuntungan yang bisa diperoleh dalam bisnis tersebut?

Oleh karena itu Anda harus menunjukkan angka margin dari bisnis yang akan dijalankan secara jelas sehingga semua perhitungan pun akan terlihat dan investor bisa mempertimbangkannya untuk meletakkan dana pada Anda. Hal ini akan semakin menunjukkan tingkat profesionalitasan Anda atas bisnis yang dijalankan sekaligus mampu menunjukkan keseriusan Anda dalam berbisnis.

Perlu diketahui jika investor dimanapun sebenarnya memiliki sifat yang sama dimana mereka akan mencari bisnis yang awet. Awet dalam artian panjang umur dimana bisnis bisa dijalankan dalam jangka waktu yang panjang sekaligus memiliki marketplace yang selalu stabil dan mempunyai banyak pelanggan tentu saja.

Oleh sebab itu Anda harus menunjukkan nilai dari bisnis Anda dan jelaskan potensi pertumbuhan bisnisnya. Tidak perlu menjelaskan panjang lebar namun langsung merujuk pada poin tertentu mengenai bagaimana potensi bisnis yang Anda jalankan tersebut mampu menjangkau khalayak ramai serta seberapa besar potensi perkembangannya.

Cobalah untuk meyakinkan mereka sebaik mungkin didukung dengan beberapa data bila bisnis yang Anda miliki ini mampu memberikan potensi keuntungan pada investor dalam jangka panjang.

Meskipun hanya berperan sebagai investor, namun mereka akan lebih memilih sebuah usaha yang memperbolehkan mereka untuk mengambil peran atau bagian dalam bisnis yang Anda jalankan karena bagaimanapun juga mereka yang mendanai sehingga bisnis yang mudah diadaptasi dalam waktu cepat menjadi pilihan mereka.

Oleh karena itu, Anda harus membuat bisnis yang memang memiliki perhitungan jelas, detail serta banyak menunjukkan tanda-tanda perkembangan meskipun Anda baru memulainya. Cobalah untuk membuat seolah investor telah mencium bau keuntungan yang tinggi pada bisnis Anda sehingga bisa menjadi pilihan untuk mereka.

Strategi dalam menjelaskan bisnis pun perlu disampaikan juga agar investor semakin yakin dengan bisnis Anda. Selain itu Anda juga harus menjelaskan masalah atau hambatan dari bisnis yang akan dihadapi sekaligus cara mengatasinya karena yang namannya usaha pasti memiliki rintangan.

Dengan mengetahui beberapa cara menggaet investor untuk membangun bisnis start up Anda, maka bisa dipastikan jika meminta suntikan dana dari investor jauh lebih baik daripada meminjam KTA dimana suku bunga KTA sangat tinggi sehingga dana pinjaman yang dikembalikan jauh lebih besar.


Simulasi Pinjaman Modal Usaha

Jumlah Pinjaman

Suku Bunga/Tahun (% APR)

Jangka Waktu (Tahun)


Hasil
Bunga Pinjaman
Pokok + Bunga

Cicilan Bulanan:

Syarat Pengajuan Pinjaman di KoinWorks



Hitung Efek Compounding Investasi Anda

Investasi Awal:
Investasi Bulanan:
Suku Bunga per Tahun (%):
Jangka Waktu (Tahun):



Total Investasi:
Future Value:
Bunga Keuntungan:
Daftar Dapat 150.000

(*) KOIN, Khusus Pendaftar Baru


Download Aplikasi KoinWorks

apple app store iosgoogle play store android app

TINGGALKAN KOMENTAR

Please enter your comment!
Please enter your name here

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.