Saat ini, berbisnis bisa dilakukan dengan gadget yang ada di tangan Anda semisal smartphone. Banyak bisnis start up yang menuai sukses karena memang pasar di dunia maya sangat besar. Bahkan, internet termasuk sosial media adalah sesuatu yang tidak bisa dipisahkan dari kehidupan manusia modern saat ini. Oleh sebab itu, apapun bisnis yang Anda miliki baik bisnis jasa atau produk, Anda bisa menggunakan sosial media seperti Twitter, Facebook, Instagram dan lain sebagainya untuk menembus pasar internasional.

Memang terdengar gila, menggunakan sosial media untuk menembus pasar internasional. Tapi, kita disini, di era digital dimana tidak ada batasan ruang dan waktu sehingga pasar internasional semakin terbuka lebar bagi siapa saja yang lihai memainkan jari jemarinya serta strategi bisnis onlinenya untuk terus berkembang. Untuk menembus pasar luar negeri dengan menggunakan sosial media, ada beberapa strategi yang tidak boleh dilewatkan.

Memiliki Website

Memang benar, jika sosial media saja sudah cukup untuk menampilkan barang dan jasa yang Anda tawarkan kepada pasar luar negeri. Namun, rasa percaya konsumen akan semakin meningkat ketika Anda juga memiliki website resmi yang dijadikan toko online. Website adalah hal yang sangat krusial bahkan ketika Anda membuat akun sosial media untuk toko atau perusahaan akan dimintai link dari website resmi yang Anda miliki.

Buatlah semua akun sosial media

Namanya juga mau menembus pasar luar negeri dengan sosial media, maka hal wajib bin kudu untuk membuat akun sosial media. Manfaatkan semua jenis akun sosial media untuk menyebarkan iklan dan produk atau jasa Anda dimulai dari Twitter, Facebook, Whats App, Instagram, Google Plus, Facebook Messenger, BBM atau Blackberry Messenger, Yahoo Messenger dan yang lainnya. Serta, yang tidak boleh ketinggalan adalah membuat akun LinkedIn dengan tampilan yang professional. Silahkan pelajari lebih lanjut tentang LinkedIn.

Buat Fanpage Facebook

Selain akun-akun tersebut, jangan lupa untuk membuat Fanpage Facebook. Lewat Fanpage inilah Anda bisa melihat tingkat peminat dari bisnis yang Anda miliki. Jika jumlah likers semakin banyak, maka potensi pembeli juga semakin tinggi. Terlebih jika Anda melakukan promosi Fanpage tersebut. Promosi Fanpage juga tidak terlalu mahal. Wajar jika Fanpage Facebook merupakan salah satu trik untuk meningkatkan angka penjualan produks atau bisnis Anda termasuk juga untuk menembus pasar luar negeri yang bisa dibilang efektif.

Lakukan Promosi Online

Ada banyak hal yang bisa dilakukan untuk promosi bisnis Anda secara online lewat sosial media. Jika menggunakan BBM bisa dengan melakukan broadcast, jika Fanpage Facebook bisa dengan bayar dan lain-lain. Maksimalkan iklan atau promosi online baik yang gratisan atau yang berbayar agar semakin efektif. Tentu, jika targetnya adalah pasar luar negeri, ketika melakukan iklan atau promosi, penggunaan bahasa Inggris juga penting.

Gabung pasar online internasional

Sama seperti marketplace lain di Indonesia, hanya saja marketplace seperti Amazon.com, Alibaba.com, eBay.com dan Globalsources.com memiliki jumlah pasar yang lebih luas karena memang mereka adalah marketplace tingkat internasional. Oleh sebab itu, kesempatan untuk mendapatkan pelanggan dari luar negeri akan semakin banyak lagi. Jadi, Anda bisa melakukan promosi secara online di sosial media dengan mengambil link dari akun atau toko online Anda di beberapa marketplace yang sudah disebut di atas.

Pahami prosedur ekspor impor

Pastinya, jika Anda ingin menembus pasar luar negeri berarti Anda akan melakukan pengiriman ke luar negeri atau ekspor. Oleh sebab itu, wajar jika Anda harus memahami prosedur ekspor serta impor secara detail termasuk estimasi biaya pengiriman dan waktu tempuh pengiriman. Anda juga harus memilih jasa pengiriman yang terpercaya. Memang tergantung dari jenis barang apa yang Anda tawarkan karena barang ekspor bisa dikategorikan barang terlarang, barang dibatasi dan barang bebas ekspor.

Bagaimana? Tertarik untuk mencoba menembus pasar luar negeri menggunakan sosial media? Anda harus paham seluk beluk sosial media serta strategi pemasaran atau marketing online dengan memaksimalkan penggunaan sosial media. Dengan begitu, apapun bisnis Anda termasuk juga bisnis jasa bisa berkembang maksimal.


Simulasi Pinjaman Modal Usaha

Jumlah Pinjaman

Suku Bunga/Tahun (% APR)

Jangka Waktu (Tahun)


Hasil
Bunga Pinjaman
Pokok + Bunga

Cicilan Bulanan:

Syarat Pengajuan Pinjaman di KoinWorks


Download Aplikasi KoinWorks

apple app store iosgoogle play store android app

TINGGALKAN KOMENTAR

Please enter your comment!
Please enter your name here

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.