Home » Blog » Bisnis & UKM, Daily » 5 Strategi Membuat Iklan di Google Ads untuk Bisnis Sepatu

5 Strategi Membuat Iklan di Google Ads untuk Bisnis Sepatu

·
4 menit
strategi membuat campaign iklan bisnis sepatu di google ads

Salah satu pilihan terbaik untuk mengiklankan produk adalah dengan memanfaatkan teknologi.

Karena tidak hanya mudah tetapi juga praktis dan murah. Dalam hal ini, salah satu cara yang bisa kamu coba adalah beriklan di Google.

Google Ads merupakan salah satu platform periklanan online terbaik dan terbesar di dunia. Jadi bagi kamu para pebisnis sepatu, wajib mencoba ini ya.

Adapun cara kerja dari Google Ads ini yaitu kamu hanya perlu membuat iklan semenarik mungkin. Kemudian iklan mu akan ditampilkan di mesin pencarian Google.

Untuk kemudian menjadi bahan dasar untuk menarik pengunjung membeli produkmu.

Dalam memulai campaign iklan google bisnis sepatu bisa dikatakan susah-susah gampang. Bahkan tidak jarang juga beberapa pebisnis mengalami kerugian saat menggunakan Google Ads ini.

Untuk itulah, kamu sebaiknya menggunakan strategi khusus agar kerugian tersebut dapat diminimalisir. Berikut 5 strategi memulai campaign iklan Google bisnis sepatu yang penting untuk diketahui.


Strategi Memulai Campaign Iklan Google Bisnis Sepatu

Berikut 5 strategi memulai campaign iklan Google bisnis sepatu yang bisa membantu meningkatkan penjualan produk sepatumu:

1. Melakukan Riset Permintaan Pelanggan

Salah satu tips sukses iklan Google bisnis sepatu adalah mengetahui apa yang pelanggan inginkan.

Hal ini karena jika produk sepatu yang kamu tawarkan berbeda dengan keinginan pelanggan, maka iklan yang kamu buat kan sia-sia.

Untuk mengetahui permintaan pelanggan, kamu bisa mencoba fitur Google Trends. Melalui fitur ini, kamu bisa mulai mencari dan membandingkan produk sepatumu dengan produk yang lain, juga apa yang harus diperbaharui dan dikembangkan dari produk kamu untuk kemudian kamu bisa terapkan pada bisnismu.

Sehingga, harapannya adalah para calon pelanggan mau klik iklan mu dan akhirnya membeli produk mu.

Misalnya saja, kamu sedang mencari trend sepatu wanita untuk bisnismu. Kamu hanya perlu menulis “sepatu wanita” di Google Trends.

Kemudian akan muncul beberapa pencarian terbanyak berkaitan dengan sepatu wanita. Kamu hanya tinggal memilih salah satu tren sepatu tersebut, untuk selanjutnya menerapkannya pada bisnismu.

2. Tentukan Tujuan Utama

Menentukan tujuan utama iklan adalah hal penting yang harus kamu lakukan jika ingin iklan Google Bisnis sepatumu sukses.

Tujuan iklan yang dimaksud dapat berupa untuk meningkatkan popularitas brand, penjualan produk, lebih banyak leads, dan sebagainya.

Misalkan, tujuan iklan adalah untuk meningkatkan penjualan. Maka, di bagian pengiklanan, kamu fokus menggunakan kata-kata yang bisa menarik pelanggan untuk membeli produk itu seperti “Beli Sekarang”.

Hal penting yang perlu kamu ketahui juga, kata-kata tersebut tidak akan terlalu efektif jika kamu menggunakannya untuk tujuan iklan lainnya.

Baik itu untuk popularitas brand, maupun untuk mendapatkan lebih banyak leads.

Kamu harus benar-benar menentukan tujuan iklan mu di Google Ads untuk apa, karena setiap tujuan yang kamu pilih akan menentukan keputusan yang akan kamu ambil dalam membuat iklan tersebut dan kualitas iklanmu ke depannya. 

Hal ini karena melakukan sesuatu termasuk dalam berbisnis tanpa tujuan hanya akan sia-sia.

Jadi, jangan sampai kamu melakukan kampanye iklan tanpa menentukan tujuan terlebih dahulu, jika kamu ingin iklan untuk bisnis sepatumu memperoleh profit ke depannya.

3. Gunakan Kata Kunci yang Tepat di Google Ads

Menggunakan kata kunci yang tepat sangat membantu untuk meningkatkan penjualan produk sepatumu. Mengapa demikian?

Hal ini karena menentukan kata kunci yang tepat dapat membantu menampilkan iklan pada calon pelanggan yang tepat. Dalam menentukan kata kunci ini, kamu bisa mulai dengan membayangkan diri sendiri sebagai pelanggan. 

Kemudian membuat list sebanyak mungkin, kata apa yang akan banyak dicari pelanggan. Kamu bisa membuat list berdasarkan kategori utama, lalu membuat frasa turunan dari kategori tersebut.

Misalkan, kamu ingin menjual sepatu olahraga wanita. Kamu bisa memulai kategori “sepatu olahraga wanita”. Kemudian list selanjutnya “sepatu kets wanita” atau “sepatu wanita untuk jogging” dan sebagainya.

Namun, dalam pemilihan kata kunci ini juga tidak sembarangan. Karena bila kata kunci banyak tetapi tidak ada yang tepat juga akan percuma.

Dalam hal ini, kamu bisa memilih kata kunci yang lebih spesifik, mamun tetap menjangkau banyak orang. 

Hal ini karena memilih kata kunci yang spesifik dapat membantu menargetkan pelanggan yang potensial untuk membeli produk kamu. Namun, pastikan juga untuk menjangkau banyak orang, karena dapat membantu produk mu untuk bersaing dengan kompetitor. 

Kamu tidak perlu khawatir jika kamu kesulitan untuk menentukan kata kunci. Karena Google Ads sendiri akan memberikan beberapa opsi keyword sesuai dengan tema iklan yang kamu isi.

Tidak hanya itu, spesialnya lagi, kamu bisa menentukan sendiri keyword yang akan kamu pilih berdasarkan volume pencarian paling tinggi pada SERPs Google. Pastinya akan sangat membantumu, bukan?

Jika kamu sudah mendapatkan list kata kunci yang tepat, selanjutnya kamu tinggal melakukan uji coba terhadap kata kunci tersebut.

Apakah akan berhasil untuk meningkatkan penjualan produk sepatumu atau tidak. 

4. Meningkatkan Quality Score Google Ads

Quality Score Google Ads adalah nilai berupa angka dari 1 s/d 10 yang memberikan informasi seberapa kesesuaian landing page dengan kata kunci dan iklan yang kita buat. 

Semakin tinggi nilai Quality Score yang kamu dapatkan, itu menunjukkan bahwa iklanmu berada di posisi atas search engine . Selain itu, quality score ini juga dapat membantu kamu mengetahui seberapa relevannya iklanmu terhadap pencarian pengguna. 

Dengan kata lain, dengan mengetahui quality score, dapat membantumu memilih kata kunci yang tepat untuk iklanmu. Sehingga, dapat muncul di beranda pencarian calon pelanggan potensial untuk produk kamu.

Tidak hanya itu, semakin besar skala yang kamu dapatkan, maka semakin besar juga daya saing iklanmu di pasaran. Hal ini tentunya akan sangat membantu untuk membuat iklanmu semakin berkualitas. 

Misalnya, iklan dengan kata kunci “sepatu pria” dan iklan dengan kata kunci “sepatu heels wanita”.

Kamu bisa membandingkan sendiri berapa nilai quality score untuk kedua iklan tersebut untuk kemudian kamu bisa menentukan menggunakan iklan dengan kata kunci yang mana.

Jadi, jika kamu ingin Google Ads yang kamu jalankan dapat meningkatkan penjualan produk sepatumu, kamu bisa mencoba memanfaat quality score ini.

5. Kenali Jenis Kompetisi Bisnis Apa yang Sedang Dihadapi

Apapun bentuk sebuah bisnis, mengenali kompetitor adalah sebuah kebutuhan tersendiri agar produk yang ditawarkan dapat bersaing di pasaran. Begitu juga dalam penggunaan Google Ads untuk bisnis sepatu ini. 

Dimana dengan mengetahui apa yang dilakukan oleh kompetitor. Itu akan membantumu dalam mengambil suatu keputusan untuk menjalankan iklan bisnismu. 

Ada beberapa hal yang perlu kamu perhatikan berkaitan hal ini yaitu keyword, tampilan landing page, hingga CTA yang digunakan kompetitor.

Kamu bisa mencari tahu ketiga hal tersebut, untuk kemudian kamu sesuaikan dengan iklan bisnis yang kamu jalankan.

Misalnya, kompetitor menggunakan keyword “sepatu olahraga pria” dengan tampilan landing page yang sesuai dengan keyword tersebut. Kamu bisa mencoba keyword yang sama, namun dengan inovasi landing page yang berbeda dan lebih menarik tentunya.

Ini akan sangat membantu mu untuk meminimalisir waktu dan biaya. Karena dengan melihat kompetitor, kamu bisa lebih cepat mengetahui Iklan Google Ads seperti apa yang cocok dan efektif untuk kamu pakai nantinya.


Sudah Tahu 5 Strategi Memulai Iklan Google Bisnis Sepatumu?

Memulai iklan Google bisnis sepatu memang tidaklah mudah. Tapi, kamu bisa langsung menerapkannya sendiri untuk bisnismu dengan pertimbangan yang matang sesuai tips di atas.

Jika kelima strategi tersebut tidak memberikan pengaruh yang signifikan terhadap bisnismu, kamu mungkin bisa mencoba menyewa jasa online marketer terpercaya untuk membantu bisnis sepatumu mencapai kesuksesan ke depannya.

Selamat mencoba!

Simulasi Pinjaman KoinWorks
Ketahui maksimum pinjaman dan cicilan per bulan
+62
Estimasi jumlah maksimum pinjaman

Rp

Estimasi cicilan bulanan
  • Tenor 6 bulan: Rp
  • Tenor 12 bulan: Rp
  • Tenor 24 bulan: Rp

Install aplikasi KoinWorks dan mulai ajukan pinjaman di KoinBisnis!

Ajukan Pinjaman Sekarang

Friska
Ketika banyak orang membutuhkan panduan dalam menyelesaikan masalah keuangan yang mereka hadapi, mereka sering mengalami kesulitan dalam mencari sumber/ saran terbaik. Karena itulah tulisan melalui artikel adalah hal yang menjadi passion bagiku karena akan membantu banyak orang yang mengalami kesulitan-kesulitan tersebut.

Langganan via Email​

Dapatkan Tips dan Berita Keuangan Gratis di Inbox Anda​