Pinjaman tanpa agunan sudah marak diambil oleh banyak pengusaha. Salah satunya untuk mengembangkan produk seperti promosi atau iklan. Jika berbicara iklan, tentu iklan merupakan strategi marketing yang sangat penting. Iklan tidak bisa lepas dari setiap jenis usaha apapun. Media iklan yang paling efektif hingga saat ini adalah TV hingga Youtube dikarenakan hampir setiap rumah bahkan kamar ada TV dan setiap orang dapat mengakses Youtube dengan mudah. Di TV dan Youtube tentu ada iklan yang kreatif, lucu dan kadang membuat tertawa sehingga iklan tersebut mudah diingat oleh para pemirsa.

Berikut beberapa iklan yang tergolong kreatif, unik dan bahkan lucu sehingga banyak pemirsa yang tidak akan pernah lupa dengan iklan berikut ini:

8 Iklan Kreatif di Indonesia

1. Iklan Kartu AS: Aku nggak punya pulsa

Iklan ini sangat populer pada waktu itu. Dengan pemeran iklan Kimmy dan Sule, iklan ini cepat booming karena mengambil konsep bertema drama korea yang saat itu juga sedang ngetrend di Indonesia. Iklan ini bahkan berseri namun tetap kata ‘aku nggak punya pulsa’ dengan intonasi yang khas serta gaya ke korea-koraan, tentu membuat gelak tawa bagi yang menontonnya. Bahkan Anda pasti ingat bagaimana ekspresi pemeran iklan saat mengatakan ‘aku nggak punya pulsa’.

2. Iklan Oreo: “Afika….”, “iya?”, “ada yang baru ni”, “apa?”

“Afika….”, “iya?”, “ada yang baru ni….”, “apa?” Dialog singkat antara Afika dan teman cowonya ini sangat akrab di telinga siapa saja yang pernah menonton iklannya. Iklan tersebut langsung menjadi hits hingga membuat Afika terkenal karena suara dan karakternya yang lucu. Wajar jika dialog dan gambar Afika sering dibuat plesetan serta Meme Comic.

3. Iklan Axis: The Legend Of Hap

Dalam iklan ini, Axis sebelum bergabung dengan XL, menampilkan iklan yang sangat kocak dan kreatif. Iklan yang bercerita tentang perjuangan lelaki gendut bernama hap yang ingin menjadi keeper professional bahkan ia sampai mendirikan Hap Academy. Iklan ini menarik dan kreatif karena menggunakan beberapa unsur termasuk penggunaan kata ‘Tangkap, tangkap’.

4. Iklan Axis: Joni Blak-Blakan

https://www.youtube.com/watch?v=frIHbbIv4mU

Masih dari Axis, iklan ini juga sangat kocak bahkan melegenda. Iklan lucu ini bercerita tentang anak laki-laki bernama Joni. Joni berniat memberikan pencerahan pada setiap orang yang ada di desanya yang lalai. Namun, sifat Joni yang blak-blakan, bukannya menjadi penology malah ia jadi buronan warganya. Jika ingat iklan ini, pasti Anda akan tertawa.

5. Iklan XL: Goyang Gayung

Masih dari operator seluler, iklan Goyang Gayung yang dari XL juga sangat bingung. Berawal dari Oji yang sedang mandi dan goyang dengan gayungnya kemudian ada yang merekam video mandi dan goyangnya Oji. Video itu lalu di upload di Youtube. Oji-pun terkenal dengan sebutan ‘Goyang Gayung’. Iklan ini memang singkat tapi bisa menginspirasi siapa saja yang ingin terkenal lewat YouTube.

6. KoinWorks: KoinBisnis, Iin Pahlawan Finansial (Serial)

Lebih kepada penjelasan visual terhadap produk salah satu produk KoinWorks; KoinBisnis, bercerita tentang Iin yang berusaha membantu bisnis temannya lewat pinjaman dana melalui KoinWorks. Video ini merupakan video serial, terdiri dari beberapa episode yang menjelaskan lebih rinci bagaimana KoinWorks dapat membantu usaha UMKM lewat KoinBisnis.

“Menemukan jawaban untuk masalah yang teman gue hadapi menyatukan kami semua. Tanpa harus merasa berhutang budi, tanpa embel-embel “demi temen”, tanpa ngerasa gak enak, tanpa beban. Kami terhubung satu sama lain. Kami. Bersama-sama.”

Cerita keseharian seorang pemilik Distro bernama Koko yang memiliki impian besar untuk mengembangkan bisnis distro, tetapi terbentur oleh kemampuan finansialnya. Iin seorang teman Koko yang selalu ingin membantu dengan memberikan pinjaman selalu ditolak oleh Koko, karena sebagai teman tidak boleh menyusahkan dengan meminjam uang.

Iin memperkenalkan Koko dengan KoinWorks, sebagai sarana pinjaman berbasis peer-to-peer. Dimana Iin dan teman lainnya sudah bergabung menjadi Pendana di KoinWorks.

Setelah pinjaman Koko disetujui, Iin dan teman-temannya siap membantu menjadi pendana di KoinWorks bersama dengan ribuan pendana lainnya.

7. Rokok Djarum 76

Sampai saat ini, beberapa iklan Djarum 76 masih terngiang di telinga. Berkisah tentang seseorang yang dengan tidak sengaja menemukan lampu ajaib, digosok (ada juga yang tersandung lampu) kemudian muncul seorang jin kocak yang mengatakan ‘Ku beri satu permintaan’. Nah permintaannya cuma satu dan kemudian diselesaikan dengan cara yang kocak.

Contoh tentang peristiwa korupsi yang saat itu sedang ramai Gayus Tambunan, si pria melamar kerja tapi pihak perusahaan minta sogokan. Kemudian ia jalan dengan marah dan tersandung lampu ajaib, ia meminta permintaan agar semua kasus korupsi lenyap. Sang jin berkata dengan kata yang sangat fenomenal hingga saat ini: ‘Wani Piro (berani berapa)’

8. Iklan Klinik TongFang

Iklan ini sangat kocak dan membuat orang malah tertawa bukannya percaya dengan apa yang ditawarkan klinik tersebut. Walau saat ini kliniknya sudah tidak muncul, penggunaan kata ‘TongFang’ yang ditekan dan kuat dengan nada lucu ini membuat orang yang menyaksikan tertawa. Tentu dimulai dari testimoni pasien yang kemudian diplesetkan bahwa setiap masalah bisa selesai dengan klinik TongFang.

Nah, menurut Anda, iklan mana yang paling kreatif dan lucu? Tentu membuat iklan semacam diatas tidak mudah dan tidak murah. Terkadang perusahaan menggunakan pinjaman tanpa agunan untuk jasa iklan atau promosi dan marketing.


Simulasi Pinjaman Modal Usaha

Jumlah Pinjaman

Suku Bunga/Tahun (% APR)

Jangka Waktu (Tahun)


Hasil
Bunga Pinjaman
Pokok + Bunga

Cicilan Bulanan:

Syarat Pengajuan Pinjaman di KoinWorks


Download Aplikasi KoinWorks

apple app store iosgoogle play store android app

TINGGALKAN KOMENTAR

Please enter your comment!
Please enter your name here

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.