Modal pinjaman bagi sebagian pengusaha bisa dijadikan modal awal untuk membuka usahanya. Namun, ada banyak juga pengusaha yang mengawali usahanya dengan mengandalkan uang tabungan hasil kerja sebelumnya dan tidak mau terlilit hutang sebelum berusaha. Selain modal, promosi juga merupakan hal penting selanjutnya yang harus Anda perhatikan seksama. Promosi bisa dilakukan dengan berbagai jenis media. Nah, pemilihan media yang tepat bisa menjadi salah satu sumber penghasilan yang menggiurkan.

Berikut beberapa tips memanfaatkan media untuk promosi produk Anda.

Manfaatkan Promosi dengan Media Cetak

Manfaatkan media cetak yang ada untuk mempromosikan produk-produk Anda. Ada beberapa media cetak yang bisa Anda manfaatkan seperti;

Manfaatkan promosi ini karena semua promosi dengan media cetak bisa dijangkau oleh berbagai kalangan dan profesi bahkan dari kalangan atas sampai bawah. Promosi jenis ini juga tergolong terjangkau karena harga yang ditawarkan cukup kompetitif. Selain itu, promosi dengan media cetak di atas bisa dikategorikan efektif karena sesuai dengan target atau segmen pasar yang bisa disesuaikan dari peta geografis atau peta ekonomi.

Manfaatkan Promosi dengan Media Elektronik

Selain memanfaatkan media cetak, Anda juga bisa melakukan promosi dengan media elektronik. Saat ini, media elektronik yang paling efektif adalah dengan menggunakan TV atau radio. Anda bisa memilih TV dan radio lokal atau TV dan radio nasional bahkan bisa juga memilih TV kabel berbayar. Promosi dengan berbagai media tersebut sangat efektif karena langsung dilihat dan didengar oleh para segmen pasar. Namun, tentunya promosi dengan media ini membutuhkan budget yang besar.

Hal ini dikarenakan bukan hanya persoalan biaya sewa untuk menampilkan atau memperdengarkan iklan Anda saja yang mahal tetapi juga dari proses pembuatan iklan apalagi jika menggunakan TV, maka Anda perlu menggandeng perusahaan advertising atau periklanan yang akan melakukan survey atau riset kemudian membuat konsep iklan sampai pada tahap pengerjaan iklan hingga iklan siap diserahkan ke bagian pemasaran dari TV atau radio yang akan Anda pilih.

Manfaatkan Promosi dengan Media Internet

Saat ini adalah era internet. Oleh sebab itu, hampir setiap jenis usaha apapun yang Anda lakukan akan bersinggungan dengan Internet termasuk juga untuk promosi. Hal ini dikarenakan jumlah pengguna Internet di Indonesia sangat tinggi apalagi jika Anda sedang merencanakan iklan di Internet melalui media sosial seperti Facebook, Twitter, Google Plus, Instagram, Whats App, BBM dan lain sebagainya. Media sosial bahkan menempati urutan pertama untuk melakukan promosi secara efektif.

Beriklan dengan memanfaatkan media internet bisa dilakukan secara gratis atau dengan berbayar. Anda bisa memilih sesuai dengan budget yang Anda miliki. Untuk bisa melakukan promosi dengan media internet secara efektif dan efisien, maka dibutuhkan beberapa rekan kerja yang ahli di bidang marketing online termasuk mereka yang bisa membuat materi iklan online terlihat menarik dan mudah untuk mendapatkan perhatian konsumen.

Manfaatkan Promosi dengan Media Produk

Promosi dengan media produk tidak asing lagi. Sebagai contoh, ketika Anda mengikuti sebuah seminar atau training kemudian Anda diberi tas berisi, topi, kaos, buku dan pulpen dimana baik di tas, buku, pulpen, kaos dan topi tersebut ternyata ada gambar atau logo dari sponsor acara tersebut. Nah ini contoh menggunakan produk sebagai media promosi. Biasanya, media promosi seperti ini sangat efektif karena tidak hanya tepat sasaran bagi para pengguna atau pemakainya tetapi juga bagi orang lain yang melihatnya.

Tentunya, ketika tas tersebut dibawa kemana-mana orang-orang sekitar akan melihatnya. Menariknya lagi, orang yang memakainya tentu akan pergi dan bergaul dengan orang yang memiliki kesamaan dalam hal ketertarikan dilihat dari tingkat pendidikan atau sosial sehingga akan lebih mudah melakukan promosi ke orang-orang yang dekat dengan si pengguna atau pemakai produk tersebut.

Jadi sekarang Anda sudah paham bahwa memanfaatkan media apa saja bisa dijadikan strategi investasi untuk meningkatkan penjualan sehingga bisa saja Anda tidak akan membutuhkan modal pinjaman untuk terus mengembangkan usaha Anda. Selamat mencoba!


Simulasi Pinjaman Modal Usaha

Jumlah Pinjaman

Suku Bunga/Tahun (% APR)

Jangka Waktu (Tahun)


Hasil
Bunga Pinjaman
Pokok + Bunga

Cicilan Bulanan:

Syarat Pengajuan Pinjaman di KoinWorks


Tersedia di:  

Mulai perjalanan finansialmu, dengan caramu.

TINGGALKAN KOMENTAR

Please enter your comment!
Please enter your name here

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.