Wajib Tahu! 5 Tips Sukses Memulai Bisnis Batik Anda

Wajib Tahu! 5 Tips Sukses Memulai Bisnis Batik Anda – Selamat Hari Batik Nasional! Seperti yang kita tahu, batik merupakan ciri khas identitas Indonesia. Tidak hanya terkenal di dalam negeri saja, namun sudah sampai ke mancanegara.

Tak heran jika peminat batik pun semakin banyak. Tidak hanya dikalangan kolektor saja, anak muda pun juga sudah banyak yang meminati batik.

Baca Juga: Tertarik Berbisnis Sendiri? Ini 5 Keuntungan Membeli Waralaba

Sekarang pun batik tidak hanya dapat digunakan pada suasana formal saja, batik pun cocok digunakan dengan gaya kasual.

Melihat bisnis batik yang cukup potensial, membuat banyak pelaku dunia usaha memulai usaha dalam bidang fashion khususnya batik.

Nah, jika Anda salah satu yang tertarik untuk mengembangkan sayap di bisnis fashion khususnya batik. Berikut adalah tips yang dapat Anda ikuti sebelum memulai bisnis batik.


5 Tips Sukses Memulai Bisnis Batik

Pahami Jenis Batik

Wajib Tahu! 5 Tips Sukses Memulai Bisnis Batik Anda

Sebelum Anda memulai bisnis batik, sebaiknya memahami dulu jenis batik yang akan digunakan. Begitu banyak jenis batik yang ada di indonesia, dan setiap jenis memiliki artinya masing-masing.

Baca Juga: Cara Menerapkan Analisis Kompetitif untuk Bisnis Anda

Ada baiknya Anda mengetahui tentang motif batik yang akan Anda gunakan pada bisnis Anda. Karena, hal tersebut akan membuat Anda mudah menjelaskan kepada konsumen dan dapat membuat konsumen semakin yakin dan tertarik dengan bisnis batik yang Anda jalani.


Tentukan Target Konsumen Anda

Wajib Tahu! 5 Tips Sukses Memulai Bisnis Batik Anda

Hal ini harus selalu dilakukan dalam bisnis apapun, agar Anda sebagai produsen tahu persis apa yang harus Anda lakukan terhadap bisnis batik Anda.

Oleh karena itu, Anda harus tentukan target pasarnya dulu agar lebih terarah ketika menjalankan program promosi dan pemasarannya.

Semakin bagus kualitas dan desainnya pastinya berpengaruh dengan harga jualnya yang lebih tinggi.

Baca Juga: 5 Alasan Mengapa Program Loyalitas Mampu Meningkatkan Penjualan Anda

Nah, untuk bisnis batik sebaiknya Anda menjual motif batik yang berasal dari wilayah Anda. Contohnya, Anda tinggal di cirebon targetkan konsumen Anda orang yang berasal dari luar cirebon.

Memiliki usia yang sesuai dengan target utama anda. Sehingga mempermudah untuk menjajakan produk batik Anda.


Perhatikan Kualitas Barang

Wajib Tahu! 5 Tips Sukses Memulai Bisnis Batik Anda

Penting bagi bisnis batik Anda menemukan suplier terpercaya yang memiliki harga harga sesuai dengan kualitas barang yang terbaik. Hal ini sangat berpengaruh terhadap kepercayaan konsumen Anda.

Jangan sampai hanya keuntungan saja yang Anda pikirkan, tetapi tingkat kepuasan konsumen terhadap produk Anda juga berpengaruh terhadap kesuksesan bisnis Anda.

Baca Juga: Tertarik Berbisnis Sendiri? Ini 5 Keuntungan Membeli Waralaba

Tak hanya di dalam negeri saja, peminat batik pun juga berasal dari luar negeri. Maka dari itu kesempatan bagus untuk memasarkan bisnis batik Anda sampai ke mancanegara.

Agar hal itu terjadi, wajib bagi Anda meningkatkan kualitas produk dan tidak berhenti untuk mengembangkan bisnis batik Anda.


Strategi Pemasaran

Wajib Tahu! 5 Tips Sukses Memulai Bisnis Batik Anda

Dalam pemasaran harus cerdas menentukan media apa yang akan digunakan dalam bisnis batik Anda. Mudahnya, Anda bisa memasarkan melalui media online yang sedang diminati oleh banyak kalangan.

Baca Juga: 3 Hal Penting Sebelum Mengirim Barang Ke Luar Negeri

Dengan proses yang cukup mudah, Anda hanya perlu mencari tahu strategi yang dapat menembus target konsumen Anda. Dengan menjual secara online Anda dapat mencangkup pelanggan lebih luas lagi.


Modal Usaha

Wajib Tahu! 5 Tips Sukses Memulai Bisnis Batik Anda

Sesuaikan modal dengan rencana bisnis sekarang hingga jangka panjang. Untuk memudahkan Anda, susunlah proyeksi keuangan bisnis selama 3 tahun ke depan sehingga Anda memiliki gambaran berapa jumlah modal yang tepat untuk di tanam dalam bisnis batik Anda.

Baca Juga: 8 Tips Menjalankan Bisnis Sampingan dan Mendapat Penghasilan Tambahan

Jadi, apabila Anda membutuhkan modal usaha yang mudah dan cepat, Anda bisa mengajukannya ke platform P2P Lending seperti KoinWorks, yang sudah terdaftar secara resmi dan diawasi oleh OJK. Di KoinWorks, Anda bisa mendapatkan modal mulai dari Rp10 juta hingga Rp2 miliar dengan bunga terjangkau, mulai dari 0,75% hingga 1,67% flat per bulan.

Baca Juga: Cara Membuat Bagian Penutup untuk Proposal Bisnis Kamu

Nah, dengan begini semakin mudah bagi Anda untuk menjalani bisnis batik Anda kan? Selamat mengembangkan usaha dan selamat Hari Batik Nasional! 

Simulasi Pinjaman KoinWorks
Ketahui maksimum pinjaman dan cicilan per bulan
+62
Estimasi jumlah maksimum pinjaman

Rp

Estimasi cicilan bulanan
  • Tenor 6 bulan: Rp
  • Tenor 12 bulan: Rp
  • Tenor 24 bulan: Rp

Install aplikasi KoinWorks dan mulai ajukan pinjaman di KoinBisnis!

Ajukan Pinjaman Sekarang

 

Dapatkan berbagai informasi seputar Pengembangan Bisnis lainnya hanya di KoinWorks.

Tentang Penulis
Devayanti Pardi

Devayanti Pardi

Content Creator at KoinWorks
Kalkulator finansial untuk hitung kebutuhan kamu

Hitung semua keperluan finansial kamu cukup di satu tempat

Punya uang Rp.100 Ribu? Mulai pendanaan sekarang dan dapatkan keuntungan hingga 14,5%.