Raih Kesuksesan, Ikuti 5 Tips Jitu Membangun Bisnis Keluarga Ini – Anda pasti sudah sering dengar perusahaan-perusahaan besar seperti Sampoerna, Djarum hingga Indofood.

Ya, perusahaan yang disebutkan di atas, adalah perusahaan besar yang awalnya merupakan bisnis keluarga.

Sekarang ini, tak jarang anak-anak muda kaum milenial yang diminta untuk meneruskan bisnis keluarganya.

Memang, kedengarannya enak, saat orang-orang lain harus berusaha dari nol untuk membuat bisnis, Anda hanya diminta untuk membangun bisnis keluarga yang sudah ada.

Alasan yang seringkali dilontarkan orang tua adalah karena Anda yang tumbuh di zaman sekarang, pasti lebih mengetahui tentang segala hal-hal yang sedang tren.

Tentu saja, mereka berharap bisnis dapat tetap berkembang jauh mengikuti perkembangan zaman tersebut.

Tapi apakah semudah itu? Tentu saja tidak.

Salah-salah Anda melakukan strategi, bukan tidak mungkin usaha yang sudah dibangun menjadi tidak berhasil atau gagal ke depannya.

Agar dapat membangun bisnis keluarga, diperlukan strategi jitu yang bisa saja berbeda dari yang sebelumnya dilakukan pendahulu Anda.

Tetapi jangan khawatir, banyak kok bukti di luar sana kalau membangun bisnis keluarga bukanlah hal mustahil selama Anda berusaha semaksimal mungkin.

Di mana ada usaha, di situ ada jalan.

Jadi, apa saja yang bisa Anda lakukan agar sukses membangun bisnis keluarga? Berikut tips jitunya!


Raih Kesuksesan, Ikuti 5 Tips Jitu Membangun Bisnis Keluarga Ini

1Memiliki Rencana Bisnis yang Jelas

teman-bisnis-visi-misi - membangun bisnis keluarga

Agar sebuah bisnis bisa sukses, Anda perlu merencanakannya dengan matang melalui konsep dan tujuan yang jelas.

Maka dari itu, biasanya hal pertama yang Anda lakukan untuk membangun bisnis keluarga adalah membuat atau memperbaharui konsep yang sebelumnya sudah Anda.

Tentu saja, Anda perlu membuat rencana bisnis yang cocok diaplikasikan dengan keadaan atau fenomena di zaman sekarang.

Sebuah perencanaan bisnis, akan berisi sebuah rencana atau strategi-strategi yang akan dijalankan untuk mencapai tujuan bisnis Anda.

Nah perihal rencana bisnis ini, Anda dan orang tua pendiri bisnis juga harus sama-sama setuju dengan semua strategi atau tujuan yang ingin dicapai di masa depan. Keselarasan harus dijunjung kuat, agar bisnis bisa tetap tumbuh lebih baik.


2Memperkuat Manajerial

7 Alasan Anda Tak Perlu Ragu Meneruskan Bisnis Keluarga - membangun bisnis keluarga

Biasanya, bisnis keluarga yang masih tradisional tak memiliki manajerial yang jelas. Pendiri bisnis, atau manajer bisa saja memiliki tanggung jawab yang banyak untuk mengelola pekerjaan sehari-hari.

Nah, maka dari itu agar proses membangun bisnis keluarga memiliki regenerasi yang lebih baik, Anda perlu memperjelas manajerial yang ada.

Hal ini sangat penting, karena dapat mempermudah pengambilan keputusan lebih cepat, efektif dan efisien. Bila perlu Anda sendiri yang menentukan atau memilih manajerialnya nanti.

Tetapi perlu digarisbawahi, biarpun isi dari manajerial tersebut adalah keluarga sendiri. Anda harus memilih, anggota keluarga yang memang memiliki keahlian atau minat sesuai dengan posisinya.


3Memisahkan Urusan Bisnis dan Keluarga

tips-memilih-supplier-bisnis-anda - membangun bisnis keluarga


Cara membangun bisnis selanjutnya ini sangatlah penting untuk Anda lakukan. Ya, memisahkan urusan keluarga dan bisnis walaupun terdengar mudah tetapi sudah banyak juga bisnis hancur karena mencampurkan urusan bisnis serta keluarga menjadi satu.

Sebagai langkah awal, Anda sebagai suksesor dan orang tua Anda sebagai pendiri bisnis, harus sama-sama merasa optimis akan regenerasi dari bisnis keluarga.

Rasa optimis ini harus seimbang antara Anda dan orang tua Anda, agar bisa memberikan sinergi yang lebih kuat dan regenerasi berjalan sempurna.

Selain itu, Anda juga harus menyingkirkan segala sesuatu yang terjadi dirumah. Seluruh keluarga harus bersikap profesional, misalnya saat di area perusahaan gunakan panggilan umum seperti “Pak”, atau “Bu” bukan “Ayah”, “Mama” atau “Nak”.

Tanamkan kepada orang tua Anda, bahwa ia harus terbuka dan mendengarkan ide-ide dari Anda sebagai seorang suksesor bukan sebagai anak mereka.

Anda pun sebagai suksesor, harus menghilangkan sejenak perasaan atau asumsi tentang orang tua agar bisa berbicara secara objektif dan profesional.


4Pekerjakan Konsultan Bisnis Profesional

womanpreneur - melakukan ekspansi bisnis - membangun bisnis keluarga

Meskipun sudah tahu bahwa salah satu cara untuk membangun bisnis keluarga yang sukses adalah dengan tidak mencampuri urusan keluarga dan bisnis.

Tetapi, walaupun begitu masalah ego bisa saja mewarnai perjalanan bisnis nantinya.

Bisa saja, semua pihak ingin keputusannya diterima, dan tentu hal ini bisa membuat suasana bisnis berjalan tidak maksimal.

Nah, maka dari itu, memperkerjakan seorang konsultan bisnis profesional bisa membantu Anda nantinya.

Seorang konsultan bisa menjadi mediator, sekaligus membantu merencanakan bisnis menjadi lebih baik.

Hal ini sangat berguna jika nanti Anda dan keluarga berdebat soal masa depan bisnis. Daripada berdebat tak berujung, lebih baik melibatkan tenaga profesional yang memang ahli di bidangnya.


5Selalu Konsisten

Ini 6 Alasan Utama Mengapa Perusahaan Mau Mempekerjakan Anda, Jangan Salah Melangkah! - membangun bisnis keluarga

Tips membangun bisnis keluarga terakhir yang tak boleh dilupakan, konsistensi.

Tak perlu dijelaskan lebih dalam, karena hal ini merupakan pola pikir dan kebiasaan yang bisa menjadi kunci sebuah bisnis bisa bertahan hingga puluhan bahkan ratusan tahun.

Dengan adanya konsistensi, tak hanya bisnis akan jauh menjadi lebih baik karena kepuasan pelanggan bisa bertahan, dan mereka akan terus-menerus mencari produk dari bisnis Anda.

Nah, bayangkan jika konsistensi Anda berkurang, seperti kualitas produk menurun, pelayanan melemah dan lain sebagainya, tentu saja konsumen Anda bisa hilang.

Seberapa pun loyalnya konsumen Anda, tentu akan melihat ke produk lain jika Anda tak bisa memenuhi kebutuhannya.

Maka dari itu, selalu pertahankan konsistensi dalam hal terkecil apa pun dalam bisnis keluarga Anda.

Nah, jika dalam perjalanan untuk mempertahankan konsistensi ini Anda membutuhkan modal bisnis tambahan, banyak cara kok untuk mendapatkan pinjaman.

Salah satunya, melalui KoinBisnis dari KoinWorks.

Dengan hal ini, Anda bisa mendapatkan pinjaman modal mulai dari Rp10 juta hingga Rp2 miliar dengan bunga flat yang terjangkau, yaitu 0,75% hingga 1,67% per bulan.

Agar lebih termotivasi, berikut pengalaman dari Peminjam Modal di KoinWorks yang bisa dijadikan inspirasi!


Itulah tips-tips yang bisa Anda ikuti untuk membangun bisnis keluarga. Selalu semangat dan jaga pola pikir Anda agar tidak mudah menyerah saat mengalami kesulitan di masa depan. Yakinlah bahwa kesuksesan bisa Anda dapatkan. Semoga berhasil!


Simulasi Pinjaman Modal Usaha

Jumlah Pinjaman

Suku Bunga/Tahun (% APR)

Jangka Waktu (Tahun)


Hasil
Bunga Pinjaman
Pokok + Bunga

Cicilan Bulanan:

Syarat Pengajuan Pinjaman di KoinWorks


Download Aplikasi KoinWorks

apple app store iosgoogle play store android app

TINGGALKAN KOMENTAR

Please enter your comment!
Please enter your name here

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.