Tips Mengembangkan Usaha Hingga ke Mancanegara – Seorang pebisnis harus memiliki impian untuk mengembangkan bisnisnya lebih besar lagi. Tidak hanya pasar lokal yang menjadi target melainkan juga sampai pasar internasional atau dengan istilah kerennya ‘go international’.

Ya, bukan cuma artis yang memiliki cita-cita untuk go international, para pebisnis juga. Sebelum memulai, pahami resiko investasi saat Anda sudah mengarahkan pasar ke mancanegara. Resiko akan selalu ada tapi resiko juga bisa diminimalisir dengan manajemen resiko.

Baca Juga: Sebelum Memperoleh Kesuksesan, Ini 5 Risiko yang Dihadapi Pebisnis

Salah satu manajemen resiko yang bisa Anda lakukan adalah dengan melakukan hal-hal yang bisa mengurangi resiko seperti beberapa tims untuk mengembangkan usaha Anda seperti di bawah ini;

8 Tips Mengembangkan Usaha Hingga ke Mancanegara

1. Lakukan penelitian

Kunci untuk berhasil dalam mengembangkan pasar baru apalagi pasar mancanegara adalah memastikan produk akan dapat diterima dengan baik.

Baca Juga: 35 Artikel Blog KoinWorks Paling Populer Sepanjang Tahun 2017

Hal itu dapat terjadi ketika Anda melakukan penelitian terhadap produk, pesaing serta pasar dimana produk akan dipasarkan.

Ada banyak hal yang berkaitan dengan penelitian hingga membuat Anda yakin bahwa produk akan diterima dengan baik di pasar mancanegara.


2. Pelajari karakter penduduk

Mempelajari karakter, kebudayaan, termasuk pendidikan penduduk negara yang akan dituju adalah hal penting yang harus dilakukan.

Baca Juga: Punya Duit Rp 100.000? Ini yang Bisa Dilakukan Agar Duit Anda Semakin Produktif

Dengan ini, Anda dapat memetakan pasar serta potensi yang bisa Anda maksimalkan. Anda harus bisa memastikan bahwa produk yang akan dijual ke negara tersebut apakah akan diminati dari sisi karakter, budaya dan pendidikan negara tersebut. Terkadang, memodifikasi produk juga diperlukan agar dapat diterima pasar.


3. Tingkatkan kualitas produk

Kualitas merupakan faktor penentu dari sebuah produk akan laku di pasar internasional atau tidak. Di pasar internasional, konsumen tidak akan terlalu peduli dengan harga jika kualitas yang diberikan memang tinggi.

Baca Juga: 4 Tips Memajukan Bisnis ala Film Black Panther

Berbeda dengan pasar di Indonesia dimana harga murah masih lebih dominan walau kualitas yang diberikan rendah. Jadi, terus tingkatkan kualitas hingga mencapai standar internasional.


4. Media promosi

Media promosi merupakan strategi marketing yang harus Anda jalankan. Ada banyak media promosi yang bisa menjangkau pasar internasional.

Baca Juga: Hemat! Ikut 7 Cara Menghemat Pengeluaran Bulanan Ini

Anda bisa memulai dengan membuat website dengan bahasa Inggris agar dipahami oleh konsumen di berbagai negara, iklan di google, iklan di media sosial dan yang tidak boleh tertinggal adalah mendaftarkan toko online Anda di marketplace internasional seperti Amazon, Alibaba atau bahkan e-bay. Dengan kemajuan teknologi dan internet, seharusnya ini tidak terlalu sulit.


5. Perhatikan kebijakan pemerintah setempat

Ibarat pepatah Jawa mengatakan ‘kulo nuwun’ sebelum memasuki rumah orang, maka sama dengan bisnis Anda. Anda harus memahami regulasi pemerintah setempat dimana.

Baca Juga: 7 Ilmu Bisnis dari McDonald yang Bisa Anda Pelajari

Anda akan memasarkan produk. Anda harus mendapatkan legitimasi atau izin legal untuk bisa memasarkan produk di negara tersebut.

Dengan begitu, Anda tidak akan mendapatkan masalah terkait dengan hukum di negara tersebut.


6. Carilah saran

Saran bisa didapatkan dari mana saja, dari seorang konsultan, dari pebisnis mancanegara lainnya, dari eskportir  dan lain sebagainya.

Baca Juga: Para Pebisnis Wanita Bisa Lebih Sukses Jika Memiliki 5 Sifat Kartini Berikut Ini

Penting untuk meminta saran agar Anda dapat mendapatkan informasi lain baik tentang produk Anda maupun tentang pangsa pasar.

Bahkan, terkadang ada saja hal yang Anda lewatkan. Dengan meminta saran, maka akan ada banyak hal yang bisa Anda dapatkan.


7. Membangun keterampilan internasional

Tentu, karena Anda ingin go international, maka yang Anda harus mempersiapkan orang-orang yang memiliki keterampilan internasional baik dari sisi bahasa, negosiasi maupun hal lain termasuk marketing.

Baca Juga: 8 Tips Hemat Ala Seorang Perencana Keuangan

Anda bisa memanfaatkan orang-orang di negara dimana produk akan dipasarkan atau tetap bersama tim Anda yang terdiri dari orang-orang lokal namun mereka dilatih dengan bahasa dan keterampilan internasional lainnya.


8. Memiliki rencana bisnis

Jika semuanya sudah Anda miliki, maka jangan lupa untuk membuat rencana bisnis yang akan menjadi acuan dari bergeraknya perusahaan Anda.

Baca Juga: Ayo, Berhemat di Bulan Puasa dengan Memangkas 4 Pengeluaran Sehari-hari Ini

Rencana bisa berupa banyak hal dari mulai tahap pemasaran, pengembangan sampai pada tahap bagaimana cara menjaga bahkan menambah konsumen baru.

Dari beberapa tips di atas, tentunya saat ini wawasan Anda tentang resiko investasi dari bisnis yang go international sudah Anda dapatkan sehingga Anda harus mencari solusi untuk mengurangi resiko bisnis tersebut.

Selalu berjalan dengan para ahlinya sehingga Anda akan mendapatkan banyak ilmu tentang pasar mancanegara.


Simulasi Pinjaman Modal Usaha

Jumlah Pinjaman

Suku Bunga/Tahun (% APR)

Jangka Waktu (Tahun)


Hasil
Bunga Pinjaman
Pokok + Bunga

Cicilan Bulanan:

Syarat Pengajuan Pinjaman di KoinWorks


Download Aplikasi KoinWorks

apple app store iosgoogle play store android app

TINGGALKAN KOMENTAR

Please enter your comment!
Please enter your name here

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.