Home » Blog » Bisnis & UKM » Tips Mulai Usaha Ternak Sapi dan Kambing, Mana yang Paling Menguntungkan?

Tips Mulai Usaha Ternak Sapi dan Kambing, Mana yang Paling Menguntungkan?

·
5 menit
tips mulai bisnis ternak sapi dan kambing

Bisnis ternak sapi dan kambing memang selalu menguntungkan. kedua jenis bisnis ini sangat menarik karena banyak sekali hal yang bisa dimanfaatkan dari kedua hewan ternak ini.

Mulai dari daging, susu, tulang bahkan kulitnya semuanya bermanfaat. Nah, bagi kamu yang juga ingin menikmati keuntungan besar dalam hal berbisnis hewan ternak ini maka berikut ini adalah ulasannya.

Ternak sapi vs ternak kambing

sebelum kamu menentukan akan melakukan ternak sapi atau ternak kambing, pastikan dulu kamu tahu mana jenis peternakan yang lebih cocok untuk kamu.

Hal ini disebabkan karena kedua jenis ternak ini memang terlihat mirip tapi ternyata memiliki perbedaan yang besar.

Berikut ini adalah dua hal yang membedakan antara ternak sapi dan juga ternak kambing.

Perbedaan ternak sapi dan ternak kambing dari segi kemudahan perawatannya.

Hal pertama yang membedakan ternak kambing dan juga ternak sapi adalah kemudahan perawatan dari kedua hewan tersebut.

Jika dibandingkan, kambing merupakan jenis ternak yang memiliki daya tahan tubuh yang tinggi. Kambing bisa hidup dengan lebih mudah dan lebih minim penyakit.

Selain kelebihan-kelebihan yang disebutkan di atas, melakukan ternak kambing juga lebih mudah dari segi cara kawinnya.

Kambing bisa kawin sendiri, jika kamu beternak sapi maka kamu harus menggunakan dokter untuk melakukan fertilisasi untuk meningkatkan jumlah hewan ternak kamu.

Selain itu memelihara sapi juga memiliki kekurangan dari segi banyaknya jenis penyakit yang bisa menyerang sapi.

Dibandingkan dengan hewan kambing, hewan sapi merupakan hewan yang lebih pasif, hal inilah yang menyebabkan sapi seringkali terserang berbagai jenis penyakit.

Akan tetapi, Sapi merupakan salah satu jenis hewan yang memiliki harga daging paling mahal. Hal ini merupakan salah satu keuntungan yang akan kamu dapatkan Jika kamu memelihara hewan sapi.

ternak sapi juga merupakan jenis ternak yang bisa dijual di mana saja, jika dibandingkan dengan hewan kambing yang memiliki permintaan tinggi di musim ibadah haji maka pasar ternak sapi memang lebih luas dibandingkan dengan pasar ternak kambing.

sebelum kamu memilih akan melaju peternak sapi atau ternak kambing, perhatikan mengenai hal-hal yang kamu bandingkan sebelumnya. Pastikan kamu juga mengetahui bagaimana cara memulai kegiatan ternak kambing dan sapi seperti berikut ini.

Baca Juga: 5 Tips Sukses untuk Memulai Bisnis Makanan


Tips Memulai ternak kambing

tips memulai usaha ternak kambing

salah satu kelebihan lain yang bisa kamu dapatkan jika kamu melakukan ternak kambing adalah modal pertama yang tidak begitu besar.

Jika dibandingkan dengan harga sapi dewasa, harga kambing yang sudah dewasa dan siap kawin memang lebih murah. oleh karena itu jika kamu tertarik untuk memulai bisnis ternak kambing ini berikut ini adalah langkah-langkah yang bisa kamu ikuti.

Baca Juga: 5 Inspirasi Usaha Modal Kecil Yang Menjanjikan


Memilih jenis sesuai tujuan

hal pertama yang harus kamu perhatikan saat akan melakukan ternak kambing adalah jenis kambing ternak yang harus kamu beli. Jika kamu ingin membeli kambing sebagai hewan ternak, maka kamu harus ketahui dahulu bidang mana yang ingin kamu maksimalkan.

apakah kamu ingin fokus pada ternak kambing pedaging, ingin fokus pada kambing penghasil susu apa malah ingin fokus pada kambing penghasil bulu. tujuan ternak mereka tidak boleh jenis kambing yang harus kamu beli.


Memilih lokasi yang tepat

Hal yang penting untuk diperhatikan saat kamu akan akan memulai peternakan kambing yang mau adalah dengan memilih lokasi yang tepat.

Ada beberapa hal yang sangat penting dalam pemilihan lokasi pemeliharaan kambing yang terbaik.

Pertama adalah area yang luas dan terbuka. Yang kedua daerah yang memiliki permukaan kering, ketersediaan makanan dan minuman, serta yang terakhir menyediakan bangunan perlindungan untuk kambing kamu.


Membuat housing

Seperti yang telah disebutkan sebelumnya, tempat perlindungan atas bangunan perlindungan yang merupakan hal yang sangat penting dalam pembuatan kandang kambing domba. Housing digunakan untuk memastikan bahwa kambing kamu terlindung dari panas dan hujan.

Dalam membuat tempat tinggal atau kandang dari kambing kamu, perhatikan mengenai ruang ruang khusus yang harus dibangun.

Buat beberapa ruangan untuk tempat kambing kamu untuk membedakan tempat kambing yang sehat kambing yang sakit tempat untuk makan dan lain-lainnya.

Baca Juga: 5 Strategi Bisnis Hewan Kurban


Jenis dan pilihan makanan dan minuman

Untuk kamu yang akan memelihara kambing, pastikan kamu juga tahu makanan dan minuman seperti apa yang cocok untuk kambing kamu. Untuk menentukan nutrisi yang kamu butuhkan pada kambing, kamu bisa memperhatikan beberapa hal penting salah satunya adalah jenis kambing kamu yang kamu pelihara.

Seperti yang telah disebutkan sebelumnya, saat kamu akan memelihara kambing pertama kali, kamu harus memilih jenis kambing seperti apa yang ingin kamu pelihara.Kamu bisa memilih kambing pedaging maupun kambing yang menghasilkan susu.

Beda jenis kambing beda juga jenis nutrisi yang dibutuhkannya. Jadi sangat penting bagi kamu untuk belajar terlebih dahulu mengenai nutrisi makanan yang dikemukakan untuk kambing-kambing.

Jangan hanya belajar mengenai nutrisi makanan yang dibutuhkannya, perhatikan juga mengenai tingkah laku dan gaya hidup serta cara reproduksi dari kambing kambing di bisnis ternak sapi dan kambing yang sedang kamu jalankan.

Baca Juga: 4 Evaluasi Bisnis yang Wajib Dilakukan


Tips memulai ternak sapi

tips memulai usaha ternak sapi

Setelah belajar mengenai beberapa hal yang penting untuk diperhatikan dalam beternak kambing, hal selanjutnya yang akan kamu pelajari adalah cara memulai beternak sapi.

Jika kamu merasa beternak sapi lebih cocok untuk kamu maka berikut ini adalah beberapa tips yang harus kamu perhatikan saat memulai bisnis kamu.


Temukan area kosong yang luas

pada dasarnya hewan sapi merupakan hewan yang memiliki ukuran yang besar. Meskipun hewan ini bukan yang aktif bergerak, untuk bisa memulai kegiatan ternak sapi pastikan kamu menyiapkan lahan peternakan cukup luas.

besar tidaknya bahan yang anda butuhkan sangat berpengaruh terhadap segala pertanyaan yang ingin kamu bangun.

Jika kamu ingin peternakan kamu terus bertumbuh, akan lebih baik jika kamu mencari lahan yang memiliki area kosong luas sehingga bisa menambah area peternakan kamu jika bisnis kamu berkembang di masa depan.

Baca Juga: Kesalahan Memilih Lokasi Usaha Yang Sering Dilakukan


Perhatikan jenis sapi yang akan kamu pelihara

Jenis sapi ini bisa dibedakan menjadi sapi pedaging dan sapi perah. Sapi yang akan dikelola dalam peternakan pedaging juga banyak jenisnya dan asalnya. Ada sapi yang punya harga daging yang murah dan ada yang lebih mahal.

Untuk tahu jenis sapi seperti apa yang kamu butuhkan, perluas pengetahuan kamu lebih dahulu ya!


Perhatikan pakannya

Tujuan peternakan yang berbeda akan menentukan jenis pakan yang juga berbeda. Hal ini juga harus dipelajari lebih dalam sebelum kamu membuka peternakan.


Alat beternak

Selanjutnya, hal yg membedakan peternakan sapi dengan peternakan lainnya adalah jenis alat ternak yang dibutuhkan. Jenis alat yang nantinya dibutuhkan dalam peternakan sapi sangat banyak.

Bahkan ada beberapa peternak sapi yang membutuhkan traktor untuk membajak area tempat beternak sapi.

Intinya, untuk memulai kegiatan ternak sapi atau kambing, kamu harus banyak belajar. Mulai dari jenisnya hingga dari jenis pakan yang dibutuhkannya.

Hal ini penting karena bisnis ternak sapi dan kambing tidaklah membutuhkan modal yang sedikit. Inilah yang membuat ternak sapi dan kambing harus dimulai dengan serius.

 

Miko
Dengan tulisan, Miko bisa membagikan banyak hal positif. Berkontribusi dalam pengembangan pengetahuan para pembaca membuatku bahagia.

Langganan via Email​

Dapatkan Tips dan Berita Keuangan Gratis di Inbox Anda​

Waah, dapet modal awal 475 ribu pas daftar :), kode promo BUTUHUANG