Dalam menjalankan sebuah bisnis dari awal memang tidak mudah karena banyak sekali hal penting yang harus diperhatikan mulai dari faktor internal maupun eksternal termasuk juga pemilihan lokasi. Bahkan banyak pengusaha yang percaya jika lokasi strategis akan mendatangkan keuntungan yang besar dan merupakan kunci sukses sebuah usaha. Terdapat banyak sekali cara memilih lokasi yang strategis untuk bisnis Anda sehingga mampu membuat usaha tersebut berjalan dengan lancar sekaligus mampu bertahan lama dalam jangka panjang dan bisa diwariskan untuk generasi berikutnya yaitu anak dan cucu. Ada banyak sekali faktor yang harus diperhatikan dalam memilih lokasi karena terdapat istilah posisi menentukan prestasi dan hal tersebut juga berlaku di dunia bisnis. Cara pertama adalah dengan memilih lokasi yang dekat dengan target atau segmentasi pasar.

Jika memilih lokasi yang dekat dengan target pasar, maka akan lebih memudahkan mereka mengakses menuju tempat usaha Anda. Tetapi kembali lagi pada diri Anda, siapa yang menjadi target Anda? Apakah anak-anak, remaja atau orang dewasa? Pada dasarnya menentukan target pasar itu ahrus disesuaikan dengan jenis bisnis yang Anda buat. Namun hal yang paling penting adalah jangan membuat masyarakat yang menjadi target mencari lokasi Anda melainkan bawalah bisnis tersebut lebih dekat kepada mereka. Semakin dekat usaha dengan target, maka semakin banyak pula konsumen yang bisa diperoleh. Hal penting lainnya adalah tempatkan bisnis Anda di tempat yang mudah terlihat oleh orang lain. Jika menempatkan lokasi yang mudah dilihat oleh pelanggan, maka bisnis Anda akan mendatangkan konsumen lebih cepat sehingga penjualan pun semakin luas.

Buatlah banner yang lebih mencolok sehingga semua mata masyarakat akan langsung tertuju pada bisnis Anda dan semakin penasaran dengan produk atau jasa apa yang Anda tawarkan. Dengan tatanan yang unik, maka perhatian orang yang melintas pun akan lebih mudah didapatkan. Selain itu, cara ini juga dinilai paling tepat untuk meminimalisir biaya promosi dan Anda bisa menggunakan biaya tersebut untuk kebutuhan bisnis lainnya. Tak perlu lagi Anda menyebarkan brosur jika satu banner sudah mampu menarik minat calon konsumen. Tentunya salah satu lokasi yang paling tepat untuk Anda yang membuka bisnis adalah di dekat jalan raya atau lalu lintas. Hal ini disebabkan arus lalu lintas selalu ramai dilewati oleh masyarakat dan mereka memiliki pengaruh yang besar terhadap jumlah kuantitas dari pengunjung toko apalagi jika Anda melakukan usaha sendiri tanpa bantuan ataupun menggunakan sistem waralaba.

Selain itu yang dimaksud usaha mandiri disini adalah toko Anda berdiri di lokasi sendiri dan tidak bergabung menjadi satu dengan pusat perbelanjaan maupun kompleks ruko. Jika tempat usaha Anda tergabung dengan kompleks ruko, mungkin tak akan sulit memperoleh pelanggan karena konsumen biasanya akan mengeksplor seluruh pertokoan demi mencari yang diinginkan maupun juga melihat-lihat. Namun jika tidak menyewa ruko, maka jalan raya adalah tempat yang tepat sehingga orang-orang yang melintas mampu melihat dengan jelas usaha yang Anda rintis dan mempertimbangkan untuk mampir. Jika Anda telah menemukan lokasi usaha, bukan berarti jika bisnis Anda siap untuk dibuka karena masih banyak lagi pertimbangan yang diperlukan seperti akses jalan menuju dan dari toko Anda.

Hal itulah yang perlu diperhatikan karena jika akses menuju toko sangat rumit sebagai contoh masuk menuju jalan kecil yang rumit sekaligus sulit bagi kendaraan besar untuk masuk, maka kemungkinan besar toko Anda akan jarang dikunjungi oleh pelanggan. Selain itu, ketika Anda telah memilih sutau lokasi, maka artinya Anda berbagi area dengan para kompetitor lainnya sehingga Anda harus bersiap untuk bersaing dengan usaha lainnya. Hanya saja dengan memilih lokasi bisnis yang terbagi itu, maka Anda beruntung tidak perlu harus melakukan riset sebelumnya karena telah dipastikan jika lokasi tersebut pasti ramai dikunjungi oleh banyak konsumen. Apabila Anda tidak ingin usaha yang Anda rintis memiliki banyak saingan, maka Anda bisa memilih monopoli area yang artinya lokasi tersebut bebas dari kompetitor dan hanya ada satu bisnis saja yaitu milik Anda.

Dengan mengetahui cara memilih lokasi yang strategis untuk bisnis Anda, maka Anda bisa memaksimalkan peluang usaha Anda sehingga mampu mendatangkan keuntungan maksimal.


Simulasi Pinjaman Modal Usaha

Jumlah Pinjaman

Suku Bunga/Tahun (% APR)

Jangka Waktu (Tahun)


Hasil
Bunga Pinjaman
Pokok + Bunga

Cicilan Bulanan:

Syarat Pengajuan Pinjaman di KoinWorks


Download Aplikasi KoinWorks

apple app store iosgoogle play store android app

TINGGALKAN KOMENTAR

Please enter your comment!
Please enter your name here

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.