Modal merupakan salah satu faktor utama yang harus dipersiapkan oleh seseorang jika akan memulai sebuah bisnis atau usaha. Persiapan modal yang cukup dapat membantu Anda menjalankan bisnis Anda dengan lancar hingga mencapai kesuksesan, Apabila Anda tidak mempersiapkan perencanaan modal secara matang, bisa jadi usaha Anda terhenti di tengah jalan dikarenakan terjadinya hal-hal yang tidak diinginkan yang biasanya terjadi dalam dunia bisnis. Menjalankan bisnis dengan modal yang minim atau tanpa modal memang tidak mudah untuk dilakukan, meski ada beberapa pengusaha sukses yang mengawali bisnisnya dengan modal yang minim atau tidak bermodal sama sekali. Hal itu tergantung dari kesiapan pengusaha itu sendiri dalam menghadapi segala permasalahan yang mungkin saja muncul saat menjalankan bisnisnya tersebut. Banyak cara yang bisa dilakukan oleh seseorang untuk mendapatkan pinjaman modal usaha secara tunai, diantaranya pinjaman dan kredit usaha melalui Bank atau lembaga keuangan, pinjaman koperasi, pinjaman dari Departemen Pemerintah maupun pinjaman pribadi perorangan.

Saat ini sudah banyak Bank dan lembaga keuangan lainnya yang menyediakan layanan pinjaman kredit usaha bagi para nasabahnya. Salah satunya adalah pinjaman kredit usaha mikro. Kredit ini merupakan sebuah produk pinjaman yang khusus diberikan untuk para pelaku usaha kecil. Untuk mengajukan pinjaman kredit usaha Anda sebaiknya terlebih dahulu mengetahui prosedur dan kebijakan yang diberlakukan oleh setiap Bank, misalnya mempertimbangkan suku bunga yang ditawarkan, biaya-biaya apa saja yang harus dikeluarkan, dan berbagai macam persyaratan lainnya. Hindarilah mengajukan pinjaman kredit usaha kepada Bank atau lembaga keuangan dengan jumlah yang terlalu tinggi. Jika Anda merupakan karyawan yang bekerja di sebuah perusahaan yang memiliki koperasi dan tidak ingin berurusan dengan pihak Bank atau lembaga keuangan lainnya, maka Anda bisa mengajukan pinjaman kepada koperasi di tempat Anda bekerja tersebut. Mengajukan pinjaman dana tunai kepada koperasi dinilai akan lebih memudahkan Anda untuk mendapat pinjaman, karena pinjaman koperasi tidak memiliki persyaratan yang akan memberatkan Anda. Namun biasanya jumlah pinjaman yang diberikan termasuk ke dalam jumlah pinjaman yang relatif kecil.

Anda juga bisa mengajukan pinjaman kepada Departemen Pemerintah yang memiliki program pinjaman modal usaha. Beberapa lembaga pemerintah yang memiliki program tersebut diantaranya, Departemen Perindustrian, Departemen Pertanian, dan Departemen Koperasi. Untuk mengajukan pinjaman ini Anda perlu membuat proposal usaha atau bisnis yang akan Anda jalankan. Jelaskan secara rinci mengenai perencanaan usaha Anda agar proposal Anda tersebut segera disetujui sehingga Anda pun bisa mendapatkan dana tunai untuk modal usaha Anda.

Alternatif lain yang bisa Anda lakukan adalah dengan memilih pinjaman pribadi perorangan. Pinjaman jenis ini sebenarnya bisa Anda lakukan dengan meminjam sejumlah uang kepada kerabat atau teman terdekat Anda. Jelaskan mengenai keinginan Anda untuk menjalankan sebuah usaha dan berapa modal yang Anda butuhkan. Anda juga bisa mengajak kerabat atau teman Anda tersebut untuk bergabung dalam bisnis yang akan Anda jalankan sehingga Anda dan kerabat Anda bisa menjalankan usaha bersama. Jika Anda tak memiliki kerabat atau teman yang bisa dimintai tolong, Anda juga bisa memilih pinjaman pribadi perorangan secara online yang saat ini banyak ditawarkan di laman internet. Orang-orang yang menawarkan pinjaman pribadi perorangan secara tunai tersebut biasanya juga membatasi jumlah pinjaman yang akan diberikan. Namun Anda perlu berhati berhati dengan jenis pinjaman ini, karena tidak sedikit orang yang justru memanfaatkan kesempatan yang ada dengan melakukan penipuan yang akan merugikan Anda. Pilihlah pemberi pinjaman di situs web yang menyediakan kolom komentar. Anda bisa melihat komentar orang-orang yang mungkin sudah pernah mengajukan pinjaman pada situs web tersebut. Jika komentar-komentar yang diberikan positif kemungkinan besar pemberi pinjaman tersebut memang merupakan pemberi pinjaman yang sudah berpengalaman dan terpercaya. Dan yang lebih penting lagi hindarilah pemberi pinjaman pribadi perorangan yang memberikan bunga yang tidak masuk akal. Anda juga jangan pernah memberikan informasi pribadi Anda dengan alasan apapun untuk menghindari penipuan.

Demikianlah beberapa jenis pilihan pinjaman yang mungkin bisa menjadi referensi Anda jika Anda ingin memulai sebuah usaha dan memerlukan modal. Pilihlah jenis pinjaman yang tepat dan sesuai dengan kebutuhan Anda.


Simulasi Pinjaman Modal Usaha

Jumlah Pinjaman

Suku Bunga/Tahun (% APR)

Jangka Waktu (Tahun)


Hasil
Bunga Pinjaman
Pokok + Bunga

Cicilan Bulanan:

Syarat Pengajuan Pinjaman di KoinWorks



Hitung Efek Compounding Investasi Anda

Investasi Awal:
Investasi Bulanan:
Suku Bunga per Tahun (%):
Jangka Waktu (Tahun):



Total Investasi:
Future Value:
Bunga Keuntungan:
Daftar Dapat 150.000

(*) KOIN, Khusus Pendaftar Baru


Download Aplikasi KoinWorks

apple app store iosgoogle play store android app

TINGGALKAN KOMENTAR

Please enter your comment!
Please enter your name here

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.