Kenapa dengan Gerobak Cocok untuk Memulai Bisnis Makanan dan Minuman

·
4 menit
bisnis makanan minuman dengan gerobak

Memulai bisnis dengan menggunakan gerobak dan tenda untuk jualan makanan dan minuman bisa jadi salah satu cara terbaik untuk memulai bisnis. Mengapa? Berikut ini adalah beberapa alasan mengapa bisnis menggunakan gerobak lebih menguntungkan.


Gerobak memiliki harga yang murah

Sesungguhnya memulai bisnis makanan dan minuman bisa dilakukan dengan cara online maupun dengan cara offline. Memulai bisnis dengan menggunakan sistem online memberikan banyak keuntungan karena biaya modal bisa diminimalisir dengan sistem pemasaran secara digital.

Akan tetapi ketika kamu ingin mendapatkan konsumen secara online lebih mudah, membangun reputasi offline juga sangat penting. Jika bisnis makanan dan minuman kamu sudah memiliki pelanggan secara offline, akan lebih mudah bagi kamu untuk menjual produk kamu secara online.

Nah untuk kamu yang sedang berpikir untuk membuat toko offline, kamu pasti butuh modal cukup banyak bukan? Untuk membangun tempat jualan hingga uang modal untuk stok makanan dan minuman? Nah untuk memangkas biaya ini, salah satu hal yang bisa kamu lakukan adalah dengan membuat gerobak.

Untuk memulai bisnis dengan usaha kecil, membuat atau menyewa kios mungkin akan sangat memberatkan. Oleh karena itu, jika kamu ini lebih hemat, kamu bisa mencoba berjualan dengan menggunakan gerobak terlebih dahulu.

Memulai jualan dengan menggunakan gerobak sangat menguntungkan karena harga dari gerobak cukup murah. Jika dibandingkan dengan membuka kios baik dengan sistem sewa atau membuat sendiri, maka membuat gerobak bisa jadi investasi yang murah tapi menguntungkan.


Gerobak bisa dibawa kemana saja

Untuk kamu yang belum menemukan lokasi jualan yang pas dan sesuai dengan kebutuhan bisnis kamu, menggunakan gerobak bisa menjadi pilihan yang lebih baik. Dengan sifat portable yang dimilikinya, kamu bisa memindah gerobak kamu ke lokasi mana pun yang kamu inginkan. Kamu bisa memindahkan gerobak dengan mudah hanya dengan mengangkutnya dengan kendaraan roda 4 atau bahkan bisa kamu dorong jika kamu membuat gerobak jualan kamu memiliki model beroda.

Dengan menggunakan gerobak yang mudah dipindahkan dari satu tempat ke tempat yang lainnya, kamu bisa menjajal daerah mana pun yang potensial untuk bisnis kamu. Sesungguhnya jika kamu memiliki perencanaan yang baik untuk bisnis kamu, akan lebih mudah bagi kamu untuk menentukan lokasi yang terbaik untuk bisnis kamu. Tapi jika kamu masih awam, maka mencoba tempat-tempat yang potensial bisa jadi cara belajar bisnis yang lebih baik karena berdasarkan pengalaman.


Gerobak bisa di-custom sesuai dengan kebutuhan

Seperti yang sudah disebutkan sebelumnya, kamu bisa memulai bisnis kuliner menggunakan gerobak dengan model beroda. Gerobak yang beroda hanyalah salah satu jenis model gerobak yang bisa kamu gunakan untuk memulai bisnis kuliner kamu.

Selain memiliki model gerobak beroda, ada banyak model gerobak lain yang bisa kamu temukan. Bahkan jika kamu bisa membuat desain model unik untuk gerobak kamu, kamu bisa meminta jasa pembuatan gerobak untuk membuatkan gerobak sesuai dengan perencanaan dan desain yang kamu buat sebelumnya.

Dengan kemudahan custom model gerobak ini kamu bisa membuat model gerobak seunik dan sebaik mungkin. Tujuannya selain untuk pemasaran juga untuk membedakan gerobak bisnis kamu dengan bisnis lainnya. Sangat menarik bukan?


Ada banyak model gerobak

Jika kamu yakin makanan atau minuman kamu akan menarik perhatian, kamu mungkin tidak perlu gerobak dengan model custom. Jika akhirnya kamu memutuskan untuk membeli gerobak jualan yang sudah jadi, kamu tetap bisa memilih salah satu dari banyak ragam jenis model gerobak yang dimiliki oleh jasa pembuatan gerobak.

Jasa pembuatan gerobak yang baik pasti memberikan banyak pilihan model gerobak untuk kamu. Baik dari segi ukuran, model jendela, model tertutup atau terbuka bagian belakangnya dan masih banyak lagi yang lainnya.

Jika kamu memilih model gerobak yang sudah ada, kamu bisa mendapatkan harga gerobak yang lebih murah jika dibandingkan dengan gerobak yang dibuat dengan sistem custom. Jadi lebih cocok untuk kamu yang ingin menghemat modal.


Bisa menyesuaikan dengan situasi

Selanjutnya adalah mengenai penggunaan dari gerobak ini sendiri. Gerobak yang bisa kamu beli ada banyak modelnya seperti yang sudah disebutkan sebelumnya. Jenis model gerobak sendiri ada yang memiliki model terbuka berupa stand dan ada juga yang memiliki bentuk tertutup.

Jenis terbuka atau tertutup ini bisa kamu sesuaikan dengan tempat kamu menjual barang dagangan kamu. Jika kamu ingin stand yang bisa digunakan untuk luar ruangan, membuat gerobak dengan model stand tertutup sudah pasti lebih cocok dibandingkan dengan gerobak dengan model terbuka. Akan tetapi jika kamu ingin menggunakan gerobak untuk bisnis di tempat sewa kecil seperti di halaman minimarket, menggunakan gerobak terbuka akan lebih menguntungkan.


Ada banyak bahan yang bisa digunakan dalam pembuatannya

Selanjutnya adalah mengenai jenis bahan yang digunakan dalam pembuatan gerobak ini. Gerobak jualan makanan dan minuman umumnya terbuat dari bahan kayu. Bahan ini memang lebih murah dan lebih mudah dalam pembuatannya. Akan tetapi bahan ini juga memiliki kekurangan. Bagi kamu yang ingin berjualan di luar ruangan, bahan kayu lebih mudah basah dan rusak.

Jika kamu ingin gerobak yang kamu miliki lebih awet dan bisa digunakan dalam waktu yang panjang, kamu juga bisa memilih bahan yang awet dan tahan lama untuk membuat gerobak yang kamu miliki. Salah satu jenis bahan yang cocok untuk pembuatan gerobak ini adalah bahan aluminium, baja ringan dan masih banyak lagi yang lainnya.

Banyaknya pilihan bahan ini membuat kamu juga bisa membuat gerobak kamu sesuai dengan nilai estetik yang kamu inginkan. Misalnya kamu ingin membuat gerobak dengan kesan tradisional, kamu bisa membuat gerobak dengan menggunakan bahan kayu yang dihiasi dengan ukiran. Kamu bisa pilih bahan lain juga sesuai dengan model dan desain gerobak yang sesuai dengan kebutuhan bisnis kamu.


Investasi untuk masa depan

Nah, yang terakhir adalah mengenai nilai investasinya. Jika kamu membuat gerobak modern yang dibuat dengan menggunakan bahan yang kuat seperti bahan aluminium atau bahan baja ringan, gerobak ini juga bisa kamu gunakan untuk investasi masa depan kamu.

Gerobak yang dibuat dengan menggunakan bahan baja ringan menawarkan daya tarik dari segi kekuatannya sehingga bisa digunakan untuk kamu yang berencana membangun bisnis lagi di masa depan.

Jika bisnis kamu saat ini sudah sukses dan kamu bisa membuka kedai yang lebih besar, kamu bisa menyimpan gerobak kamu untuk digunakan di masa depan jika kamu punya ide bisnis cemerlang lainnya di masa depan.

Nah ada banyak sekali bukan keuntungan yang akan kamu dapatkan jika menggunakan gerobak untuk memulai bisnis? Untuk itu jangan ragu untuk segera pesan gerobak bisnis kamu ke jasa yang kamu percaya. Jangan lupa untuk memastikan jasa yang akan kamu gunakan adalah jasa yang terbaik dan bisa dipercaya.

 

Miko
Dengan tulisan, Miko bisa membagikan banyak hal positif. Berkontribusi dalam pengembangan pengetahuan para pembaca membuatku bahagia.

Langganan via Email​

Dapatkan Tips dan Berita Keuangan Gratis di Inbox Anda​

Super Financial App yang
membawamu #MelangkahLebih