5 Ide Bisnis dengan Modal Kecil yang Hasilkan Untung Besar – Siapa yang ingin memiliki dan menjalankan bisnis sediri? Kebanyakan orang pasti pernah atau bahkan banyak yang bercita-cita untuk berwirausaha suatu hari nanti.

Namun, kendala yang sering dialami oleh orang-orang tersebut adalah ketidaktersediaan modal yang cukup untuk memulainya sehingga membuat mereka ragu dan mengurungkan niat untuk menjadi seorang wiraswasta.

Padahal, tidak semua bisnis memerlukan modal besar, ada juga bisnis modal kecil yang bisa mereka jalankan jika jeli dalam melihat peluang.

Apakah Anda juga termasuk orang-orang seperti di atas? Jika iya, maka tidak ada salahnya untuk coba memulai bisnis modal kecil terlebih dahulu sebelum benar-benar terjun ke bisnis berskala besar. Selain itu, belum tentu juga modal kecil ini membatasi Anda untuk mendapatkan keuntungan yang maksimal.

Lalu, bisnis apa sih yang sebenarnya cocok untuk orang yang hanya memiliki modal kecil namun bisa menghasilkan untung besar? Berikut adalah 5 jenis bisnisnya.


5 Ide Bisnis dengan Modal Kecil yang Hasilkan Untung Besar

1Bisnis Minuman “Bubble”

bubble tea - boba

Anda mungkin sudah sering melihat bahwa sekarang ini bisnis minuman “bubble” makin menjamur di masyarakat, dari mulai yang dibuat oleh brand terkenal sampai ke brand rumahan.

Bagi Anda yang hanya memiliki modal kecil, mungkin Anda bisa coba untuk bekerjasama dengan pihak lain yang sudah memiliki franchise minuman bubble namun namanya sudah lumayan terkenal di masyarakat.

Baca Juga: Tips Jitu Memulai Bisnis Laundry Kiloan dengan Modal Kecil

Biasanya, kemitraan seperti ini tidak harus mengeluarkan modal besar, cukup 10 juta rupiah saja Anda sudah bisa memiliki semua fasilitas yang dibutuhkan untuk minuman bubble sendiri.

Anggaplah Anda menjual minuman ini seharga Rp8.000 dan tiap hari terjual 20 gelas. Artinya, dalam sebulan Anda bisa mendapatkan omzet sekitar 5 jutaan. Dengan begitu, hanya dalam waktu 2 bulan modal Anda sudah bisa kembali, sisanya tinggal menikmati keuntungannya.


2Bisnis Cuci Sepatu

Unggah konten pembuatan produk

Melihat tren yang ada saat ini, sepatu atau sneakers memang banyak diminati oleh banyak orang, dari anak-anak hingga orang dewasa. Ini berarti ada peluang bagi Anda untuk membuka bisnis cuci sepatu, karena walaupun terlihat remeh, sebenarnya jasa cuci sepatu ini lumayan penting bagi mereka para pecinta sepatu.

Siapa bilang buka bisnis cuci sepatu butuh modal besar? Nyatanya tidak kok, Anda hanya perlu mengeluarkan modal hanya untuk membeli beberapa peralatan pencucian yang harganya lumayan murah.

Baca Juga: 3 Keuntungan Menjalani Bisnis Kopi Kekinian, Tertarik Mencobanya?

Misalnya, Anda mengeluarkan modal sebesar 1 juta. Kemudian Anda menawarkan tarif cuci per pasang sepatunya sebesar 50 ribu, berarti Anda hanya perlu 20 pasang sepatu untuk mengembalikan modal Anda.


3Bisnis Barang Bekas

Menjual barang bekas biasanya sering dianggap remeh dan bukan bisnis yang dibilang keren. Padahal kenyataannya tidak demikian, saat ini justru banyak lho anak muda yang terjun ke bisnis barang secondhand ini.

Maraknya tren thrifting di kalangan anak muda justru membuat peluang usaha ini semakin dilirik. Anda bisa memulainya dari menjual pakaian bekas atau produk sisa ekspor.

Baca Juga: Mau Memulai Bisnis Kontrakan Tanpa Modal? Ini Caranya 

Kualitas barang yang Anda jual pun sebenarnya tidak kalah bagus dengan barang barunya, mungkin hanya ada beberapa defect kecil namun tidak mengurangi kualitas barang tersebut.

Jika Anda tidak memiliki pakaian bekas pribadi, Anda bisa juga membelinya langsung dari para pengepul yang menjualnya dalam jumlah karungan dengan harga jauh di bawah harga barunya. Lumayan ‘kan?


4Bisnis Jasa Foto atau Video

bisnis-modal-kecil-minim-foto-videografi-untung besar

Bagi Anda yang memiliki hobi di bidang kreatif seperti fotografi dan videografi, bisnis ini sangat cocok untuk Anda. Modal yang dikeluarkan juga tentu saja tidak dalam jumlah yang besar, cukup dengan modal sekitar 10 juta untuk membeli aset berupa kamera dan laptop maka Anda sudah bisa menjalankan bisnis ini.

Baca Juga: 5 Ide Bisnis Sampingan Masa Kini Untuk Tambahan Tabungan Anda

Anda bisa mulai dari kerabat terdekat atau saudara Anda terlebih dahulu, misalnya jasa foto pre-wedding atau video wedding. Tawarkan standar tarif yang tidak terlalu tinggi saat baru merintis bisnis ini, jika portofolio Anda sudah cukup banyak, Anda bisa mulai menaikkan tarif jasa ini sedikit demi sedikit.


5Bisnis Makanan Ringan

bisnis-snack kiloan-modal minim-camilan-makanan ringan

Menjual makanan ringan adalah contoh berbisnis yang perputaran uangnya cepat. Setiap harinya, banyak orang yang membeli makanan ringan di warung atau bahkan di minimarket.

Makanan ringan atau camilan seperti ini biasanya sering dikonsumsi di mana saja, baik di rumah, sekolah, kampus atau bahkan kantor. Dengan larisnya camilan tersebut di pasaran, tandanya ada peluang bagi Anda yang memang ingin terjun ke bisnis seperti ini.

Beberapa macam makanan yang bisa Anda jual diantaranya adalah keripik singkong, keripik pisang, makaroni, kerupuk kulit, dan banyak lagi yang lainnya.

Baca Juga: Ide Bisnis Rumahan Ini Cocok Untuk Seorang Difabel

Anda bisa membuat camilan ini dengan mudah untuk Kemudian dikemas dalam packaging yang menarik agar konsumen lebih tertarik untuk membelinya, atau bisa juga dengan pengemasan standar namun menjualnya dalam format kiloan.


Nah, jika menurut Anda peluang bisnis Anda sangat baik dan bisa melaju pesat, maka ini sudah saatnya Anda mengembangkan bisnis Anda. Jangan khawatir soal modal, karena kini Anda bisa dengan mudah mengajukan pinjaman modal usaha melalui P2P Lending seperti KoinWorks.

Anda bisa mengajukan pinjaman mulai dari Rp10 juta hingga Rp2 miliar dengan bunga terrendah hingga 0,75% flat per bulan. Pastinya, tanpa perlu melampirkan banyak persyaratan yang membuat rumit Anda sendiri.

Itulah 5 ide bisnis dengan modal kecil yang bisa Anda jalani untuk mendapatkan untung yang besar. Semoga kelima bisnis tadi bisa menjadi inspirasi Anda!


Simulasi Pinjaman Modal Usaha

Jumlah Pinjaman

Suku Bunga/Tahun (% APR)

Jangka Waktu (Tahun)


Hasil
Bunga Pinjaman
Pokok + Bunga

Cicilan Bulanan:

Syarat Pengajuan Pinjaman di KoinWorks


Tersedia di:  

Mulai perjalanan finansialmu, dengan caramu.

TINGGALKAN KOMENTAR

Please enter your comment!
Please enter your name here

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.