Home » Blog » Bisnis & UKM » Siap Go Digital? Ini 6 Keuntungan UMKM Go Digital

Siap Go Digital? Ini 6 Keuntungan UMKM Go Digital

·
3 menit

Di tahun 2021 akan semakin banyak UMKM yang menggandakan teknik promosinya dengan memanfaatkan kehebatan digital, untuk tidak hanya menjangkau lebih banyak pasar, tetapi juga melakukan edukasi, brand awareness, dan pembuatan konten. 

Fenomena di atas lazim disebut dengan go-digital. Di mana, proses digitalisasi atau go-digital ini meliputi banyak hal, mulai dari penggunaan media sosial untuk tidak hanya memberikan informasi, tetapi juga menjangkau banyak audiens, hingga membangun website bisnis sendiri. 

Kira-kira, apa saja keuntungan yang didapat dari para pelaku UMKM yang memutuskan untuk melakukan go-digital? Simak informasinya berikut ini!


6 Keuntungan UMKM dalam Go-Digital

Sobat Lakuuu, selama pandemi covid-19 banyak orang yang kesulitan dalam beraktivitas, khususnya berbelanja. Adanya penerapan social distancing menyebabkan sebagian besar masyarakat lebih memilih untuk berdiam diri di rumah, dan mengerjakan segala aktivitas dari rumah. 

Adapun beberapa keuntungan yang di dapat penggiat UMKM dengan melakukan go-digital adalah sebagai berikut:

  1. Meminimalisir terjadinya kehilangan pasar

Seiring berjalannya waktu, model bisnis akan selalu berubah-ubah setiap tahunnya. Tidak akan ada model bisnis atau media yang pakem untuk menjalankan suatu usaha. Maka dari itu, mengikuti perkembangan zaman harus dilakukan, dan menyesuaikannya dengan bisnis yang dikelola.

Saat suatu perusahaan tidak mampu mengikuti perkembangan zaman, maka bisnis akan berpotensi besar untuk kehilangan pasarnya. 

Memanfaatkan media sosial dan membuat website jualan sendiri adalah dua hal yang bisa dilakukan, untuk tidak hanya menjangkau lebih banyak audiens, tetapi juga untuk memberikan kesan profesionalisme pada profil bisnis. 

  1. Terjangkaunya pasar secara luas

Dari mana jangkauan itu berasal? Tentu saja dari konten-konten yang dibuat di dalam website. Website merupakan media yang tepat yang tidak hanya digunakan sebagai katalog, promo, dan campaign, tetapi juga sebagai media untuk meningkatkan engagement audiens.

Adapun format konten yang umumnya dimuat di dalam website adalah artikel, ataupun video yang beragam tema dan konsep, yang masih relevan dengan produk atau layanan yang dijual. 

  1. Biaya operasional yang cenderung murah

Sobat Lakuuu, biaya operasional umumnya akan meledak jika Sobat Lakuuu memiliki toko fisik. Belum membayar ongkos makanan dan bensin karyawan, air, listrik, atau bahkan biaya sewa toko atau gerai yang memang pastinya akan “memberatkan” finansial bisnis.

Tapi, akan lain ceritanya jika bisnis Sobat Lakuuu sudah go-digital. Penggiat UMKM tidak memerlukan toko fisik untuk beroperasi, menjual atau sekedar memasarkan produk. Semua hal tersebut bisa dilakukan secara online melalui dashboard website. 

  1. Mendukung program pemerintah: Social Distancing

Memiliki toko fisik memang akan mendatangkan keuntungan tersendiri. Banyak orang yang berada di sekitar tempat toko Sobat Lakuuu akan mampir dan menciptakan transaksi. Walau banyak orang yang memilih belanja online, tapi tidak sedikit juga yang masih menyukai belanja ke toko fisik. 

Tapi, di tengah pandemi seperti sekarang ini, dan ditambah dengan adanya anjuran pemerintah untuk tetap menerapkan prokres social distancing, membuat pelanggan yang berkunjung ke toko fisik mengalami penurunan. 

Ini adalah saat yang tepat bagi Sobat Lakuuu untuk menjalankan bisnis secara online. Tidak masalah jika Sobat Lakuuu sudah memiliki toko fisik. Kini, tingkatkan penghasilan bisnis dua kali lipat dengan menambah toko secara daring. 

  1. Melayani calon pembeli secara real time

Salah satu keuntungan dengan adanya pelaku UMKM yang memiliki website bisnis jualannya sendiri adalah layanan pelanggan yang real-time yang tentu saja tidak hanya membantu para calon pembeli untuk mendapatkan jawaban dan pelayanan prima, tetapi juga meningkatkan peluang transaksi.

Layanan pelanggan tersebut umumnya bisa dalam bentuk live-chat di dalam website atau alamat email bisnis Sobat Lakuuu.

Adanya fitur layanan pelanggan secara real-time ini tentu akan membuat pelanggan merasa senang, dan bukannya tidak mungkin,mereka nantinya akan menjadi pelanggan yang loyal, dan meninggalkan komentar baik terhadap bisnis Sobat Lakuuu.

  1. Memiliki kesempatan yang sama untuk bersaing dengan bisnis lainnya

Sobat Lakuuu, harus diakui persaingan bisnis digital sangatlah sengit. Itulah sebabnya, kenapa Sobat Lakuuu memerlukan “alat” dan “senjata” yang perlu dipersiapkan sebelum berperang. Media sosial yang kekinian, konten yang evergreen dan informatif, hingga memiliki website bisnis.

Banyak orang yang mengatakan, membuat website memerlukan dana yang besar. Ternyata anggapan ini salah loh! Masih ada jasa website builder yang menawarkan beragam paket yang murah dan bisa disesuaikan dengan kebutuhan bisnis, salah satunya adalah LAKUUU.

Tidak hanya itu, LAKUUU juga memiliki admin dashboard yang bisa Sobat Lakuuu manfaatkan untuk menarik data, mengatur katalog, tampilan, dan hal lain yang berhubungan dengan kustomisasi. Cepat, mudah dan anti ribet!

Siapkan website bisnis impian Sobat Lakuuu dengan LAKUUU dari sekarang!

Selma Kirana
Selma is a passionate worker with strong background in communication and journalism. Entering the fintech world never was an escape for her, but rather a way of understanding the world from a deeper, broader, and different perspective, in order to become a more insightful and adaptive worker, but still good at communicating her brilliant ideas effectively.

Langganan via Email​

Dapatkan Tips dan Berita Keuangan Gratis di Inbox Anda​