Seperti layaknya rumah maupun manusia, perusahaan juga mempunyai rahasia yang harus dijaga. Siapa yang menjaganya? Tentu saja penghuni dari perusahaan itu baik atasan maupun karyawannya. Mungkin Anda berpikir apa yang menjadi prioritas dan mengapa harus menjaga kerahasiaan dari perusahaan? Seperti yang Anda ketahui di dalam perusahaan terdapat berbagai macam informasi mengenai neraca keuangan, aktiva, surat-surat penting, sistem, modal yang digunakan, saham, bunga pinjaman, hutang yang dimiliki dan berbagai hal penting. Coba bayangkan ketika informasi itu bocor kepada pihak lainnya, maka hal apa yang akan terjadi? Diibaratkan ketika seseorang sedang melakukan curhat kepada Anda dan kemudian dengan mudahnya Anda bercerita pada teman Anda. Hari berikutnya seluruh orang sudah tahu mengenai rahasia itu. Tentunya hal ini akan sangat merugikan bagi orang yang rahasianya terbongkar. Rasa malu, tidak aman dan juga sedih akan mereka rasakan. Hal yang sama juga berlaku pada perusahaan.

Apabila ada pihak yang membocorkan informasi maupun mengetahuinya sendiri, maka kerugian besar akan terjadi pada perusahaan Anda. Bisa saja pihak lain menggunakan kesempatan ini untuk menyerang Anda dan membuat perusahaan bangkrut. Akibatnya, lebih dari puluhan, ratusan bahkan ribuan orang menjadi pengangguran. Dengan menjaga informasi dan kerahasiaan perusahaan, maka secara tidak langsung perusahaan akan lebih aman dari tindakan pencurian. Keamanan pun harus diterapkan dalam setiap hal baik itu karyawan maupun teknologi yang terdapat di dalamnya. Tetapi ada tiga cara yang dapat digunakan untuk mengamankan identitas dan informasi rahasia dari perusahaan sebagai berikut:

Mengamankan jaringan

Seperti yang Anda ketahui semakin canggihnya teknologi, maka cyber crime pun akan semakin tinggi pula. Mereka pasti akan mengikuti perkembangan teknologi guna memperoleh keuntungan instan dengan menjual informasi perusahaan pada pihak lain yang memiliki niat tidak baik dengan perusahaan Anda. Karena itulah diperlukan penjagaan ekstra ketat dari pihak jaringan teknologi. Apabila perusahaan Anda memakai sistem jaringan nirkabel, maka pastikan Anda memiliki teknisi yang mampu mengamankan jaringan. Apalagi hacker yang berpengalaman pasti bisa memperoleh berbagai akses menuju jaringan dalam jangka waktu yang cepat. Semakin canggih hacker, maka data perusahaan Anda akan langsung terbuka bahkan tanpa Anda sadari. Pastikan perusahaan selalu mengunci router dan juga mengenkripsi seluruh informasi dari mata-mata. Bila perlu, selalu beri pasword dalam seluruh jaringan data komputer dan bila perlu cobalah untuk hidden seluruh sistem. Dengan menyembunyikan data, maka setidaknya Anda telah mencegah kejahatan dalam perusahaan Anda. Bila perlu, jangan ada orang lain yang mengakses komputer orang lain dengan sembarangan meskipun dalam satu perusahaan.

Memperhatikan Phishing

Phishing merupakan salah satu teknik pencurian identitas yang paling umum. Cara ini akan memungkinkan para hacker mampu mengakses data atau informasi perusahaan dengan berpura-pura jika mereka adalah situs website yang And percayai. Arti sebenarnya adalah dengan mengklik salah satu situs scam atau palsu akan membuat mereka memiliki akses untuk masuk menuju data informasi pribadi perusahaan dan hal ini jelas merugikan perusahaan Anda ke depannya. Bahkan tanpa Anda sadari, situs palsu itu telah mengakses data sebanyak mungkin karena berperan sebagai situs Anda. Guna mencegah hal ini terjadi, maka Anda harus tetap memberi tahu pada karyawan untuk tetap berhati-hati pada situs yang meminta informasi tersebut dalam bentuk apapun meskipun Anda merasa mereka adalah agen yang terpercaya. Pastikan untuk tetap membuat karyawan waspada selama mereka mengakses internet.

Membackup data

Selalu backup data atau file perusahaan sesring mungkin yang Anda bisa. Sebagai contoh apabila di kantor Anda terjadi pemadaman listrik mendadak ataupun koneksi internet yang hilang seringkali membuat tugas maupun data informasi menjadi hilang. Meskipun komputer merupakan teknologi canggih, namun hal seperti ini seringkali terjadi sehingga Anda harus tetap sering melakukan backup secara berkala untuk mencegah hal ini terjadi. Sebaiknya Anda memiliki salinan yang diletakkan dalam flash disk maupun juga hardisk sehingga apabila hal seperti ini terjadi, maka Anda tidak perlu khawatir lagi dan cukup memindahkannya kembali menuju komputer baru.

Karena itulah neraca, bunga pinjaman, modal atau keuangan apapun dalam perusahaan harus dijaga dengan baik sehingga mencegah adanya tindakan berbahaya yang mengancam keselamatan perusahaan Anda.


Simulasi Pinjaman Modal Usaha

Jumlah Pinjaman

Suku Bunga/Tahun (% APR)

Jangka Waktu (Tahun)


Hasil
Bunga Pinjaman
Pokok + Bunga

Cicilan Bulanan:

Syarat Pengajuan Pinjaman di KoinWorks



Hitung Efek Compounding Investasi Anda

Investasi Awal:
Investasi Bulanan:
Suku Bunga per Tahun (%):
Jangka Waktu (Tahun):



Total Investasi:
Future Value:
Bunga Keuntungan:
Daftar Dapat 150.000

(*) KOIN, Khusus Pendaftar Baru


Download Aplikasi KoinWorks

apple app store iosgoogle play store android app

TINGGALKAN KOMENTAR

Please enter your comment!
Please enter your name here

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.