7 Cara Memasarkan Bisnis Anda Tanpa Perlu Modal Besar – Internet saat ini telah mempermudah para pemilik bisnis baru dalam menjangkau lebih banyak pelanggan.

Banyak para pebisnis yang telah berhasil menghasilkan ribuan penjualan dengan anggaran yang minim melalui internet. Namun, dibalik kisah sukses tersebut tentunya ada ide-ide kreatif di dalamnya.

Baca Juga: Biar ‘Lapak’ Anda Ramai Pembeli, Ikuti 7 Tips Ini Agar Bisnis Anda Diserbu Konsumen

Lalu sesungguhnya hal apa yang dilakukan para pebisnis sukses dalam proses pemasarannya sehingga dapat menarik banyak konsumen potensial? Berikut penjelasan lengkapnya:

7 Cara Memasarkan Bisnis Anda Tanpa Perlu Modal Besar

1. Maksimalkan Penggunaan ‘Hashtag’

hashtag media sosial - hashtag instagram populer

Kebanyakan bisnis yang ada saat ini cenderung menghasilkan lebih banyak penjualan melalui media sosial daripada saluran online lainnya.

Baca Juga: 10 Ilmu Tentang Sosial Media Marketing yang Perlu Anda Tahu

Instagram dan Facebook adalah dua platform yang digunakan pelanggan untuk menemukan merek dan produk baru untuk dapat diikuti.

Mereka yang menemukan cara untuk menyebarkan virus hashtag akan bisnisnya memiliki kesempatan besar untuk ditemukan oleh para calon konsumen yang mencarinya. Berikut adalah dua jenis hashtag:

  1. Kontroversial. Jika Anda pikir hal ini dapat bekerja untuk bisnis dan target audiens Anda, maka cobalah untuk mengikuti jejak Daniela Bregoli.
    Ia sekarang memiliki lebih dari 8 juta pengikut Instagram yang masuk ke frase hastag #cashmeoutside (masih merupakan meme populer).
  2. Sensual. Nusret Gökçe dikenal karena merawat dagingnya dengan penuh kasih sayang. Ini membuat dia mendapatkan julukan “Salt Bae.”
    Video Instagram #saltbae-nya menarik perhatian global saat mereka menjadi viral dan membuatnya mendapatkan 5,9 juta pengikut.

2. Mulailah Sebuah Blog Tentang Bisnis Anda

membuat sebuah blog

Blogging bisnis mirip dengan blogging biasa. Perbedaannya adalah kini Anda berbagi rincian produk atau layanan perusahaan Anda dengan pembaca Anda.

Baca Juga: 5 Langkah Paling Mudah Membuat Bisnis Online Anda Menjadi Terkenal

Blog bisnis Anda adalah platform yang ideal untuk menjawab pertanyaan pelanggan dan memberikan diskon, gratis dan penawaran khusus sebagai insentif dan penghargaan.

Berbagi konten menarik dan berkualitas tinggi yang ditargetkan kepada pelanggan ideal Anda akan mengarahkan lalu lintas ke situs website Anda.

3. Gunakan Iklan Facebook Untuk Menjangkau Pelanggan

Tips Meningkatkan Engagement Fanpage di Facebook

Iklan Facebook adalah cara yang efektif untuk menjangkau pelanggan baru. Lebih baik lagi, iklan-iklan ini murah.

Baca Juga: Tips Memaksimalkan Penjualan Melalui Facebook

Mulailah dengan anggaran harian sebesar 50ribu rupiah dan targetkan pemirsa yang sangat spesifik agar biaya Anda tetap rendah.

Untuk memasang iklan melalui platform ini, pelajari cara menjalankan kampanye iklan Facebook yang sukses.

4. Bangun Database Email Calon Pelanggan

email marketing

Pemasaran email tetap menjadi salah satu cara paling efektif untuk mendapatkan pelanggan tetap. Gunakan blog bisnis Anda untuk membangun mailing list dengan mendorong pembaca.

Baca Juga: Perbesar Bisnis Online Anda dengan Memahami Konsep SEO

Anda untuk melakukan subscribe. Menjaga kehadiran calon pelanggan akan mempersiapkan mereka menjadi pelanggan setia Anda di masa depan.

Idealnya, Anda akan mulai mengumpulkan email sebelum meluncurkan produk atau layanan Anda.

Hal ini akan memungkinkan Anda untuk mulai membangun hubungan dengan calon pelanggan potensial tingkat dan mengubah mereka menjadi pelanggan sesegera mungkin.

5. Publish Ulasan Video Produk Anda

video ulasan video review

Sejumlah platform menampilkan pilihan konten video atau livestreaming untuk membantu Anda mendidik calon pelanggan tentang produk Anda. Metode Instagram Live sedang menjadi tren saat ini.

Baca Juga: Terapkan 5 Strategi Ini Dalam Meningkatkan Kepercayaan Konsumen Akan Bisnis Anda

Salah satu keuntungan platform ini: Pemirsa dapat berkomentar dan memberi umpan balik secara real time. Sementara mereka melihat Anda hidup, mereka mulai mengembangkan hubungan dengan Anda dan merek Anda.

Anda juga dapat membuat saluran YouTube yang didedikasikan untuk produk Anda. Gabungkan video ini di blog bisnis Anda dan buat referensi melingkar:

Baca Juga: Agar Strategi Marketing Anda Terpenuhi, Coba 5 Tips Membuat Konten Marketing yang Menarik Ini

Arahkan lalu lintas dari YouTube ke situs web Anda dengan menyematkan tautan dalam video dan deskripsi YouTube-nya.

6. Munculkan Kolom Komentar Pada Bagian Website Anda

komentar - comment - feedback

Ulasan positif dapat meningkatkan kredibilitas merek Anda. Setiap komentar atau ulasan yang diberikan terbukti mampu menarik minat konsumen potensial.

Baca Juga: Agar Lancar Mendapatkan Konsumen, Coba Lakukan 3 Hal Ini

Ulasan berdasarkan opini yang tidak bias adalah yang sesuatu yang paling mampu mempengaruhi calon pelanggan.

7. Buatlah Sebuah Kontes

kompetisi

Kontes reguler yang Anda lakukan melalui sosial media dapat meningkatkan penjualan bisnis Anda dengan cepat dan membangun keterlibatan dengan audiens Anda.

Baca Juga: Budget Terbatas? Coba 4 Teknik Marketing Ini Untuk Membuat Bisnis Anda Terus Berkembang

Buat sebuah kontes yang memungkinkan setiap pemenang yang memenuhi syarat mendapatkan produk gratis sebagai hadiah.

Kontes harus melibatkan peserta yang dapat membuat bisnis Anda menjadi lebih terkenal di sosial media, sehingga kontes yang diadakan dapat menjadi suatu virus.

Baca Juga: 5 Karakter Konsumen yang Wajib Anda Ketahui Agar Dapat Meningkatkan Penjualan

Nah, sekarang sudah memahami-kan kalau melakukan pemasaran bisnis tidak perlu menghabiskan terlalu banyak uang.

Dengan pemikiran kreatif dan beberapa tip dalam artikel ini, Anda bisa mengembangkan bisnis Anda lebih cepat.

Pilihlah taktik mana yang paling banyak digunakan di industri Anda. Rencanakan dengan benar, dan jangan takut untuk melangkah sedikit keluar dari zona kenyamanan Anda.

Baca Juga: 5 Alasan Kenapa Bisnis Anda Membutuhkan Pinjaman Modal Usaha

Jika ternyata sesudah membuat perencanaan, Anda merasa membutuhkan pinjaman modal lebih lagi, maka Anda dapat mengajukan pinjaman melalui P2P Lending.

KoinWorks saat ini hadir sebagai platform P2P Lending yang dapat memberikan Anda pinjaman dengan mudah kapan saja dan dimana saja hingga Rp 500 juta, dengan bunga rendah mulai dari 0,75% – 1,67% flat per bulan.

Hal ini tentunya akan sangat membantu dalam pembiayaan bisnis Anda bukan? Ajukan pinjaman Anda sekarang juga!


Ajukan Pinjaman



There are currently no comments.

Apa Komentar Anda?