3 Hal yang Anda Wajib Tahu Dalam Mendapatkan Konsumen –  Sebagai seorang penjual, Anda mungkin pernah mendengar pepatah yang mengatakan bahwa pembeli akan membeli suatu produk atau jasa di saat mereka siap membeli, bukan di saat Anda siap menjualnya.

Lalu apakah itu berarti Anda berada di bawah belas kasihan calon konsumen agar dapat melakukan penjualan? Tentu saja tidak. Setiap pembeli memiliki langka-langkahnya tersendiri dalam sebuah proses membeli.

Baca Juga: Budget Terbatas? Coba 4 Teknik Marketing Ini Untuk Membuat Bisnis Anda Terus Berkembang

Beberapa orang mungkin membuat keputusan pembeliannya secara cepat, sementara beberapa orang memutuskannya secara perlahan.

Sebagai penjual tentunya Anda berkewajiban untuk dapat mempengaruhi konsumen dalam memberikan keputusan pembeliannya.

Baca Juga: 5 Karakter Konsumen yang Wajib Anda Ketahui Agar Dapat Meningkatkan Penjualan

Akan tetapi, sebelum mencoba untuk melakukan persuasi, ada baiknya untuk mengenal dahulu tiga fase yang sesungguhnya dilewati konsumen sebelum membuat keputusannya.

3 Hal yang Anda Wajib Tahu Dalam Mendapatkan Konsumen

Mendapatkan Konsumen

1. Kesadaran akan merk

membangun brand bisnis dari awal
Membangun brand bisnis dari awal

Pada tahap ini, pembeli bahkan tidak tahu bahwa Anda ada. Ketidaktahuan ini membuat mereka tidak tahu akan adanya produk Anda atau apakah mereka membutuhkan apa yang Anda jual.

Baca Juga: Maksimalkan Penjualan Bisnis Anda Dengan Toko Online

Dalam fase kesadaran, Anda bertugas untuk menemukan orang-orang ini (orang-orang yang biasa disebut sebagai prospek). Dengan menemukannya, Anda dapat memberi tahu mereka bahwa Anda ada, siapa Anda dan apa yang Anda lakukan.

Pada fase ini, Anda hanya mencari prospek dengan tujuan mendapatkan beberapa prospek untuk mengemukakan pendapat dan mengungkapkan minat pada perusahaan, produk, layanan, atau topik terkait bisnis Anda.

Baca Juga: Pelajari Tips Ini Sebelum Menggunakan Jasa Endorsement dari Influencer

Setelah mengetahuinya, langkah selanjutnya adalah membuat konten yang menarik. Di saat ada seorang calon prospek yang mulai mengambil keputusan pembelian, maka disitulah Anda telah memulai langkah pertama.

2. Pertimbangan

7 Pertanyaan yang Harus Dijawab Sebelum Mengajukan Pinjaman Modal Usaha

Pada tahap ini, prospek sekarang sudah memiliki kesadaran akan Anda dan perusahaan Anda, namun mereka tetap belum siap untuk membeli karena mereka membutuhkan lebih banyak informasi.

Baca Juga: 5 Tips Membangun Brand Bisnis Anda Dengan Gratis Melalui Online

Di masa beberapa tahun kebelakang, prospek mendapatkan semua informasi akan sebuah produk atau jasa dari tenaga penjualan. Pada masa ini, internet yang akan membantu Anda untuk memberikan informasi kepada prospek.

Namun, hal ini bukan berarti bahwa Anda tidak memiliki tanggung jawab untuk memberikan konsumen informasi akan bisnis Anda. Berikanlah informasi terkait nilai-nilai tambah, beserta jawaban dari segala keraguan prospek yang belum bisa terjawab melalui internet.

Baca Juga: Perbesar Bisnis Online Anda dengan Memahami Konsep SEO

Fase pertimbangan bisa berlangsung selama seminggu, sebulan, atau bahkan bertahun-tahun. Itu semua tergantung pada Anda, tindak lanjut Anda, dan kebutuhan prospek.

Tips: Saat Anda memberikan presentasi produk yang hebat kepada prospek dengan memposisikan produk atau jasa Anda lebih baik daripada pesaing, pastikan Anda juga memberikan bukti kepada prospek mengapa penting bagi mereka untuk memutuskan keputusan pembeliannya sekarang.

Baca Juga: Ini Pentingnya Mengelola Arus Kas Bisnis Anda Dari Sekarang

Berusahalah untuk menciptakan masalah di pikiran prospek, dan produk atau jasa Anda menjadi solusi penyelesainnya. Dengan cara ini, maka prospek akan mengambil keputusan secara cepat.

3. Keputusan

Membeli Yang Benar-Benar Penting Sesuai Takaran Yang Sesuai

Di saat Anda bisnis Anda berhasil menjadi sesuatu yang sudah dikenal, maka langkah selanjutnyanya adalah prospek yang akan datang kepada Anda.

Baca Juga: 5 Hal yang Anda Wajib Tahu Dalam Mengembangkan Bisnis Online

Di fase terakhir ini adalah orang-orang yang sudah memiliki informasi yang cukup dan hendak melakukan verifikasi fakta atau negosiasi terakhir atau melakukan pertanyaan lanjutan terakhir.

Jika Anda dapat menjawab pertanyaannya dengan baik, maka prospek secara pasti akan menjadi pelanggan baru Anda.

Begitu Anda berhasil mendapatkan pelanggan baru, tugas Anda selanjutnya adalah mengubahnya menjadi pelanggan setia dan berulang.

Baca Juga: 7 Cara Ampuh Mengubah Engagement Konsumen Menjadi Purchasing Decision

Sebagian besar bisnis kehilangan uang banyak sebagai usaha mendapatkan pelanggan baru, terkait biaya promosi.

Jadi, pastikan bahwa proses onboarding pelanggan Anda, proses pembelian berulang, dan proses retensi pelanggan pada intinya akan melindungi investasi Anda dan pada akhirnya membantu Anda melihat ROI jangka panjang yang positif untuk setiap pelanggan baru yang Anda dapatkan.

Pahamilah bahwa tidak ada gunanya mendapatkan pelanggan baru jika Anda tidak dapat mempertahankannya yang pada akhirnya akan menghasilkan keuntungan bagi Anda.

Baca Juga: 7 Langkah Untuk Membangun Brand Bisnis dari Awal

Nah, itulah 3 fase yang dilewati oleh prospek sebelum pada akhirnya memutuskan keputusan pembeliannya. Sesaat setelah Anda memahami 3 fase tersebut, Anda dapat mulai memaksimalkan strategi bisnis yang ada untuk mulai menggaet banyak konsumen.

Baca Juga: Apa Itu Viral Marketing dan Manfaatnya Bagi Bisnis Online Anda?

Namun, pastikan Anda telah siap berperang sebelum perang itu datang. Pastikan segala bahan baku, maupun supply barang yang dimiliki mencukupi di saat banyak prospek menghampiri bisnis Anda.

Biasanya, bicara soal supply barang maka tentunya Anda akan membutuhkan modal yang lebih banyak dalam hal ini. Jika Anda kemudian berniat untuk mengajukan modal usaha, P2P Lending dapat menjadi salah satu pilihan bagi Anda.

Baca Juga: 5 Alasan Kenapa Bisnis Anda Membutuhkan Pinjaman Modal Usaha

Saat ini KoinWorks sebagai salah satu platform lending yang ada dan sudah terdaftar di OJK, mampu memberikan pinjaman dengan bunga hanya 0,75% – 1,67%.

Pinjaman modal usaha yang ditawarkan juga mencapai Rp 500 juta, lho! Sangat menarik bukan?


Simulasi Pinjaman Modal Usaha

Jumlah Pinjaman

Suku Bunga/Tahun (% APR)

Jangka Waktu (Tahun)


Hasil
Bunga Pinjaman
Pokok + Bunga

Cicilan Bulanan:

Syarat Pengajuan Pinjaman di KoinWorks


Download Aplikasi KoinWorks

apple app store iosgoogle play store android app

TINGGALKAN KOMENTAR

Please enter your comment!
Please enter your name here

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.